Page tree

Bagikan:  


Yuk rayakan Hari Batik Nasional dengan 6 fakta seru ini tentang Batik!

Hari Batik Nasional sudah datang! Setiap tahun, kita biasanya merayakannya dengan memakai baju Batik ke kantor untuk menunjukkan apresiasi kita. Sayangnya, kita nggak bisa melakukan itu tahun ini. Apalagi karena banyak dari kita harus Bekerja dari Rumah.

Jadi, kali ini, yuk kita kasih apresiasi kita dengan mengenal lebih dekat tentang kebudayaan Batik! Simak saja 6 fakta seru ini tentang Batik!

1. Asal muasal kata Batik

Batik berasal dari gabungan dua kata dalam bahasa Jawa. Yang pertama adalah “amba” yang berarti menulis, dan yang kedua adalah “titik”. Arti dari Batik adalah “menulis titik”, makanya gaya Batik banyak memakai titik.

2. Sejarahnya masih misteri

Nama Batik memang berasal dari Jawa, tapi tekniknya sendiri sudah ada selama ribuan tahun. Belum jelas asalnya mulai dari mana. Ada yang bilang kebudayaan Sumeria yang memulai, lalu dikembangkan di Jawa setelah dibawakan pedagang India. Dari manapun asalnya, yang jelas batik terbagus masih datang dari Indonesia.

3. Terkenal di seluruh dunia

Batik nggak cuma terkenal di Indonesia aja, lho. Figur-figur internasional juga memakainya, seperti Nelson Mandela, Bill Gates, Kate Middleton, atau Heidi Klum. Nyatanya, Amerika Serikat adalah pengimpor Batik Indonesia yang terbesar. Keren, pengaruhnya besar banget ya!

4. Setiap motif Batik ada filosofinya

Ada filosofi penting dari setiap motif Batik. Motif parang kusumo berarti ‘usaha’, sidomukti berarti ‘kekayaan’, sekar jagad berarti ‘keberagaman’ dan banyak lainnya. Di budaya Jawa bahkan ada beberapa motif yang dilarang untuk selalu dipakai. Contohnya motif parang yang dilarang dipakai saat pernikahan.

5. Butuh waktu lama membuat Batik

Mungkin kamu pikir membuat Batik nggak selama itu, tapi aslinya iya lho. Ada 12 fase untuk membuat kainnya, dan satu helainya yang sekitar 2,5 meter bisa mencapai 3 bulan untuk selesai! Semakin rumit motifnya juga akan semakin lama dibuat. Itu baru mahakarya.

6. Dinilai sebagai warisan budaya dunia

Karena pengaruhnya yang besar dan sejarahnya yang panjang, di tanggal 2 Oktober, 2009, UNESCO menetapkan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan. Tapi nggak gampang, lho. Dibutuhkan waktu 3 tahun agar Batik dianggap sebagai budaya Indonesia setelah dinilai oleh 6 negara perwakilan UNESCO.

Keren-keren kan, faktanya? Rasanya jadi bangga ya menjadi orang Indonesia dengan budaya Batik kita yang berwarna.

Mau meriahkan lebih lanjut? Coba saja pakai baju Batik terfavorit kamu dan ekspresikan dirimu!

#AyoMajuBersama Batik!


Sumber

Factsofindonesia