Page tree

Bagikan:  


TechTalk Chapter 7: Success Stories of Business Intelligence

“Gimana cara akses seluruh data dari satu sumber?”

Pertanyaan di atas tentu penting terjawab jika kamu hidup dalam dunia penuh data. Untuk membantu kamu menemukan jawabannya, kami mengundang: Victor SE Rumengan (Business Intelligence Assistant Manager) dari Home Credit Indonesia, dan Johanes Alexander (Product Engineer dari Go-Jek Indonesia).

Victor memulai sesi dengan menceritakan perjalanan business intelligence di Home Credit Indonesia. Ia bercerita tentang milestone yang ia bersama timnya lalui selama meningkatkan Business Intelligence di Home Credit Indonesia. Milestone pertama dipicu saat tim IT grup kita, EmbedIT menyarankan untuk punya data warehouse. Data warehouse pertama yang mereka gunakan adalah Oracle.

Di milestone kedua, mereka menciptakan lingkungan yang lebih komprehensif yaitu Business Intelligence Competency Center. Kemudian disusul dengan milestone lainnya seperti: memiliki alat ETL sendiri, menjadi lebih agile, dan memiliki media visualisasi. Tantangan yang baru-baru ini hadir seperti big data mendorong teman-teman untuk melakukan lebih banyak penelitian.

Sekarang teman-teman kita tengah meningkatkan business intelligence di Home Credit Indonesia dengan cloud AWS (Amazon Web Service), lho! Keren banget kan?

Setelah Victor selesai sharing, sesi dilanjutkan dengan Johanes yang nggak kalah menarik, lho! Baginya, pelajaran terbesar saat membuat platform data ialah memusatkan segalanya, kemudian mendesentralisasikannya. Kunci utamanya yaitu: selalu berusaha memenuhi kebutuhan bisnis, berpikir kecil, dan menikmati setiap prosesnya!

"Hal yang harus ada dalam pikiran kita ialah Building Data Platform at Scale," kata Johanes.  

Senang sekali acara TechTalk kemarin memberi kita forum untuk berbagi tentang perjalanan data di Home Credit Indonesia dan Go-Jek Indonesia! Kami berharap bahwa pengetahuan yang dibagikan dalam sesi ini dapat memicu peningkatan pengelolaan data untuk semua.

Mau ketemu tech people dan belajar lebih banyak? Stay tuned dan ikutan TechTalk berikutnya, yuk!