Page tree

Bagikan:  


Baca yuk gimana caranya menjadi lebih fokus lewat teknik mindfulness

Tim HR dan Inspigo terbang ke Surabaya pada tanggal 8 Agustus 2018. Sekitar 40 orang yang hadir di kantor kita yang berlokasi di Graha Pena Lantai 3 sudah bersiap menyambut acara Learning Fair. Kali ini, teman-teman akan mengenal cara mengelola stres dan energi untuk bisa bekerja lebih produktif bersama Adjie Santosoputro.  

Tahu kah kalau pikiran kita adalah pemicu dari stres? Saat kita merasa tidak tenang, maka pikiran tidak mampu fokus pada kondisi saat ini sehingga menggangu produktivitas.

Saat acara, Adjie memberi tahu bahwa pikiran kita memiliki tiga keadaan yang terdiri dari masa lalu, masa sekarang, dan masa depan. Pikiran yang tidak tenang dan fokus memikirkan hal-hal di masa lalu dan masa depan membuat kita lebih lelah sehingga kita tidak fokus pada hal yang perlu dikerjakan sekarang.

 Stres tentu sudah menjadi bagian dari hidup kita. Sulit untuk dielakkan. Nah, ada 7 tips praktis nih yang bisa dilakukan untuk mengendalikan stres:

1.       Fokus pada satu hal: Alokasikan energi dan pikiran untuk menyelesaikan hal yang paling harus diselesaikan.

2.       Niatkan kalau dirimu bisa : Dengan percaya pada diri kita sendiri, maka tidak ada yang bisa dicapai

3.       Atur nafasmu: Hitung…1…2…3…ambil nafas yang dalam dan keluarkan perlahan.

4.       Fokus pada keadaan yang dihadapi saat ini: Pikirkan hal-hal yang membuatmu senang seperti pencapaianmu dan kegigihanmu.

5.       Belajar menerima keadaan: Coba cari hal dalam kesehariaanmu yang membuatmu senang.

6.       Belajar bersyukur: Banyak sekali hal yang bisa kita syukuri dalam kesehariaan kita kan? Sudah bersyukurkah kamu hari ini?

7.       Bagikan energi welas asih-mu: Energi welas asih ada di setiap diri kita menurut Adjie. Perpaduan empati dan simpati yang membuat energi ini muncul. Cara agar energi bisa ada di dalam kita? Selalu pikirkan kasih dan sayang yang diberi oleh orang-orang sekitar sehingga memori indah itu selalu bersama kita.

Terima kasih telah hadir teman-teman! Semoga kita bisa mengelola stres lebih baik!