Page tree

Bagikan:  


Jadi orang tua zaman now itu gimana, sih?

Menjadi orang tua itu katanya susah-susah gampang. Apalagi dengan adanya berbagai teknologi yang kadang membuat kita khawatir akan tumbuh kembang si buah hati. Sesi Najeela Shihab di acara Learning Fair pada hari Rabu, 18 Juli 2018 yang lalu berhasil memberikan kita trik ampuh untuk menjadi orang tua di zaman now!

Parenting Zaman Now:  (kanan) Dita Guritno dari Inspigo menjadi moderator bersama (kiri) Najeela Shihab bersama Learning Fair 

Keberadaan media sosial sudah menjadi bagian dari kesehariaan kita. Sebagai orang tua, hal ini bisa mengkhawatirkan karena informasi begitu bebas diakses via media sosial. Bagi Najeela, orang tua tidak bisa menggunakan cara lama dengan memblokir akses informasi. Karena informasi di internet justru bisa menjadi teman orang tua untuk mengajarkan banyak hal bagi si anak. Jadikan interaksi anak dengan informasi di internet sebagai kesempatan untuk mengawal mereka belajar hal baru. Kuncinya ialah menemani si buah hati untuk memilih informasi yang pantas untuk dikonsumsi.

Selain itu, Najeela juga menekankan pentingnya sikap orang tua terhadap anak. Adanya timbal balik antara sikap yang diberikan orang tua dengan reaksi anak menjadi hal yang penting dimengerti. Bayangkan interaksi tersebut seperti sedang berinvestasi. Pengertian kita terhadap reaksi anak merupakan bentuk investias agar mereka merasa nyaman untuk membuka diri. Misalnya, interogasi yang biasa dilakukan kepada anak saat orang tua ingin menegur buah hati saat melakukan kesalahan. Interogasi yang justru memberi kesan kepo malah membuat reaksi anak tidak menjawab pertanyaan orang tua dengan jujur. Oleh karena itu, saat dihadapi dengan situasi seperti ini, disarankan mereka mengajak berdialog si anak agar mereka bisa lebih terbuka.

Halo dari Home Credit Indonesia: Pak Benny Rachmadin, VP Talent Development kita saat memberi pembukaan

Peran seorang Ayah juga ga kalah penting. Kenapa? Parenting merupakan tugas yang dilakukan oleh dua orang. Bukan hanya Ibu saja yang punya tanggung jawab. Dengan information overloaded justru memberi kesempatan kepada Ayah untuk bisa mendekatkan diri kepada anak agar mereka terbuka untuk membicarakan hal yang ditemukan di Internet.

Nah, menjadi orang tua itu di zaman now itu sebenarnya tidak susah. Komunikasi yang terbuka antar pasangan serta kesabaran untuk lebih mengerti reaksi anak menjadi kunci utama untuk bisa menyesuaikan cara parenting dengan zaman.