Page tree

Bagikan:  


Ada cerita nih tentang cara membangun produk. Yuk cari tahu di Tech Talk terbaru kita!

Perusahaan hebat butuh produk hebat. Tapi, membangun produk tidaklah mudah. Ada lebih banyak faktor yang perlu kita pertimbangkan. Pada 17 Juli 2019, kami berkumpul untuk belajar lebih banyak tentang pengembangan produk. Kami mengundang pembicara dari Home Credit Indonesia dan Printerous yang berbagi tentang pengalaman mereka sebagai product builder dan metode mereka dalam membangunnya.

Pembicara dari kita adalah VP Sales Back Office, Konstantin Edunov (Kostya), dan Digital Sales & Comm. Manager, Erik Rumeksa (Erik). Mereka berbagi tentang bagaimana membangun aplikasi untuk para Sales Agent. Mereka pertama melihat tantangan bisnis yang tengah dihadapi dan menyadari bahwa beberapa diantaranya disebabkan oleh banyaknya jumlah aplikasi yang digunakan Sales Agent dan bagaimana hal itu memengaruhi pekerjaan mereka. Hal ini menjadi ide untuk membuat aplikasi yang merangkum semua kebutuhan mereka.

Oleh karena itu, mereka mulai dengan membuat profil pengguna, dalam hal ini, sales agent kami. Dari profil yang mereka peroleh, ditambah dengan tantangan bisnis yang mereka lihat, mereka mampu membuat daftar kebutuhan sales agent kami dan dengan itu membangun visi, nilai, serta fitur produk.

Mereka menceritakan proses pembangunannya. Dimulai dengan bagaimana Agile membantu mereka, siapa saja yang merupakan bagian dari perjalanan luar biasa ini, dan proses pembangunan aplikasi. Mereka juga menunjukkan tampilan aplikasi dan bagaimana aplikasinya dapat menguntungkan bisnis.

Pembicara tamu kami, VP of Product dari Printerous, Ivan Ariesthea Supandi, bercerita bagaimana ia dan timnya menggunakan Objective Key Results (OKR) sebagai kerangka penetapan tujuan mereka dalam membangun produk. OKR adalah metode sederhana untuk membuat keselarasan dan keterlibatan pada tujuan yang dapat diukur.

Apakah rumus dari OKR?

Aku akan (Objective) diukur dengan (rangkaian Key Results)

- John Doerr, Measure what matters


Ivan menjelaskan OKR, tidak hanya teori tetapi juga contoh bagaimana Printerous menggunakannya. Dia menyebutkan manfaat menggunakan OKR adalah dapat menentukan tujuan dan definisi kesuksesan yang jelas. Ini juga dapat memaksimalkan kapasitas dan kemampuan tim.

Bagi Ivan, OKR memiliki peran penting dalam pengembangan produk. Untuk tahap perencanaan, mereka membantu dengan roadmap berbasis nilai dan tema. OKR  juga membantu penemuan solusi yang efisien dan fokus dengan menentukan solusi detail untuk masalah. Dengan membangun produk melalui sprint pengembangan, mereka mampu menciptakan produk atau fitur yang berdampak untuk diluncurkan.

Sesi Juli adalah sesi yang luar biasa. Kami belajar dari kisah-kisah tentang perjalanan membangun produk baik untuk karyawan dan pelanggan. Terima kasih Kostya, Erik dan Ivan untuk sesi menarik kalian!

Penasaran dengan topik apa yang akan kami bahas selanjutnya? Tunggu terus TechTalk berikutnya!