Page tree

Bagikan:  


Sedikit banyak tentang Product Ownership!

Hujan deras nggak bikin lebih dari 100 teman kita untuk mengurungkan niatnya datang ke acara TechTalk Chapter ke-5 kita di lantai 12 Plaza Oleos. Bersama Petr Elsner (Head of Digital Channel), Aulia Novitasti (Asst. Manager Digital Channel), dan Antony Marsh (Agile & Lean Coach of Ekipa) kita banyak bahas tentang Product Ownership.

Petr dan Aulia memulai presentasinya dengan menjelaskan tentang realita yang harus dihadapi saat melakukan pengembangan produk. Mulai dari ekspetasi business user, ide buntu, atau cara-cara untuk membuat sistem bekerja secara efektif. Pembahasan ini berhasil membuka diskusi jadi makin hangat. Petr dan Aulia percaya bahwa metodologi SCRUM bisa jadi cara paling tepat untuk membuat tim lebih self-organized. Selain itu, mereka juga menekankan perihal pentingnya transparansi pada setiap proses product development. Dengan transparansi, kita sekaligus memberi kesempatan kepada pihak terkait untuk memberi masukan yang membangun.

Sesi dilanjutkan dengan presentasi yang dibawakan oleh Antony. Menurut Antony, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum owning suatu produk. Data adalah kunci untuk mengetahui perjalanan konsumen (customer journey) agar produk yang dikembangkan sesuai kebutuhan konsumen. Dari data, kita kemudian bisa menentukan solusi paling tepat di produk yang akan ditawarkan.

Menarik, kan?

Para pembicara juga punya kesempatan untuk membagikan strategi mereka yang paling praktis untuk bisa improve product ownership. Kepuasan pelanggan adalah segalanya, oleh sebab itu membuat suatu produk yang bisa menjadikan keinginan pelaggan menjadi kenyataan butuh kerjasama yang kuat.