Page tree

Bagikan:  


Kekuatan adalah pengetahuan di tangan yang benar.

Kami menutup tahun 2019 bersama komunitas DevOps Indonesia dengan TechTalk x DevOps Indonesia Meetup: Cara How to Build DevOps Culture. Dalam pertemuan ini kami undang spesialis DevOps dari EmbedIT yang datang jauh-jauh dari Eropa, Zdenek Vicar (Zee) dan Jan Hadracva (Honza). Kami juga mengundang teman kami konsultan DevOps Independen, Estu Fardani. Sesi ini akan membahas topik seputar bagaimana membangun budaya DevOps.

Zee membuka acara ini dengan berbagi cara membangun kluster Kubernetes (K8s) dan pendekatan GitOps. Dimulai dengan membangun K8, Dia menggambarkan tumpukan teknologi yang digunakan untuk membangun sebuah cluster dan menunjukan tampilan rinci dari pipa otomasi yang mereka gunakan untuk membangun juga mempertahankan cluster K8. Dia kemudian lanjut berbagi tentang GitOps, sejarahnya, dan detail tentang bagaimana mereka mengadopsinya di EmbedIT dan juga di dunia Kubernetes.

Menggali lebih dalam adalah Honza. Dia berbicara tentang template dan infrastruktur ARM sebagai kode, bagaimana menggunakannya, serta teori-teori yang mengelilinginya. Dari sudut pandang arsitektur, dia menunjukkan penyebaran Azure dan penyebaran web dari Github ke WebApp. Mengakhiri sesinya, ia menunjukkan penggunaan Azure dan bagaimana cara kerja CI / CD.

Berbeda dari Zee dan Honza, Estu mengajak kami melihat dari sudut pandang yang berbeda. Dia menyentuh sisi budaya DevOps dan berbicara tentang bagaimana kita sering fokus pada sisi teknis dan mengabaikan sisi manusianya. Dalam pengalamannya, DevOps adalah 80% manusia dan 20% teknologi. Dia berbagi dengan kami bagaimana dia menangani kerja tim, stakeholders, dan banyak lagi aspek budaya DevOps.

Berbagi ke pengetahuan baru adalah cara yang seru untuk mengakhiri 2019. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pembicara kami yang luar biasa atas sesi bermanfaatnya pada TechTalk 2019 terakhir dan kepada semua peserta yang hadir.

Ayo nantikan TechTalk berikutnya di tahun 2020!