Page tree

Bagikan:  


Lihat TechTalk virtual kami di sini!

Terpisahkan oleh jarak tidak dapat menghentikan rasa haus kita akan pengetahuan. Karena itulah, bekerja sama dengan Mapan, kami mengadakan TechTalk virtual untuk pertama kali! Dalam sesi ini, kita berbicara tentang metode yang digunakan dalam deployment dan pemecahan masalah.

Sesi ini dimulai dengan Android Development Chapter Lead kami, Achmad Zaky, yang berbagi  pengalaman tentang cara dia dan timnya mengelola rilis aplikasi seluler dengan menggunakan Agile Release Train (ART). Apa itu ART? Agile Release Train merupakan sekumpulan Agile Teams yang berjangka panjang dan dapat mengelola diri sendiri. Mereka merupakan sebuah organisasi virtual yang merencanakan, membuat komitmen, dan mengeksekusi semua bersama-sama. Dia menceritakan bagaimana sebelum menerapkan ART, sifat tidak sinkron saat deployment menyebabkan masalah timbul, mulai dari tim development yang sering bekerja sepanjang malam hingga bug yang kerap bermunculan setelah semua telah dianggap selesai. Namun sekarang, dengan bersatu, prosesnya menjadi lebih mulus dan masalah ini tidak lagi terus mengganggu.

Selanjutnya, Tech Head Marketplace dari Mapan, Zaki Rahman, mendalami cara dia menggunakan Event Storming untuk memfasilitasi adopsi yang digerakkan oleh domain. Event storming adalah metode berbasis workshop untuk mengetahui dengan cepat apa yang terjadi dalam domain program perangkat lunak. Dibandingkan dengan metode lain, metode ini sangat ringan karena hasilnya diekspresikan dalam catatan tempel di dinding lebar, baik secara fisik maupun virtual. Selama sesi ini, Dia berujar bahwa apa yang memicu mereka untuk menerapkan metode ini adalah masalah penskalaan, yang dahulu pernah mereka alami. Untuk membantu orang lain melewati hal ini, dia menjelaskan langkah demi langkah bagaimana metode Event Storming dapat dimanfaatkan.

Penasaran topik apalagi yang akan kami bahas? Jangan sampai ketinggalan TechTalk berikutnya!