Dengan dunia dan industri yang terus berkembang, kini banyak bidang karir yang mungkin dulu kurang diketahui sekarang justru memiliki banyak peminat. Salah satu bidang yang berkembang pesat dan menjadi bagian yang penting dari sebuah bisnis adalah User Experience (UX)!
Penasaran apa itu UX, pola pikir apa yang digunakan, dan apa yang harus kamu persiapkan untuk memulai karir di bidang ini? TechTalk dari Home Credit Indonesia berkolaborasi dengan Rakamin Academy mengadakan serial webinar dengan 3 episode untuk menjawab rasa ingin tahu teman-teman mengenai UX. Pada serial ini, kami mengundang 3 ahli di bidang UX yakni: Head of Tutor UI/UX dari Rakamin Academy & Product Manager dari Telkom Indonesia, Reza Akhmad Gandara (Reza), Sr. UX Designer dari Home Credit Indonesia, Syahdan Edy Murad (Syahdan), dan UX Designer dari Home Credit Indonesia, Fajarina Nurcahya (Ririn), untuk berbagi ilmu mengenai UX. Yuk lihat apa saja yang mereka paparkan di setiap episode!
Episode 1| User Experience 101
Pelanggan adalah yang terpenting dalam bisnis kami. Untuk memberikan mereka kenyamanan dalam menggunakan layanan dan produk kami, kita harus memberikan sebuah pengalaman yang berkesan dengan berbagai kemudahan. Di sinilah UX berperan!
Pada sesi pertama di episode yang di bawakan oleh Campaign Operation Rakamin Academy, Amalia Ramadina (Amel), pembicara kami, Reza, membahas teori dan konsep dalam UX. Ia memulai episode dengan menjelaskan apa sih yang sebenarnya di sebut dengan UX:
“User Experience mencakup banyak disiplin ilmu, di mana kita dapat mempelajari perilaku pengguna dan memahami motivasi pengguna dengan tujuan merancang pengalaman digital yang lebih baik.”
-Reza Akhmad Gandara -
Ia kemudian menjelaskan proses UX yaitu Riset, Disain, Pengujian, dan Implementasi. Ia mengakhiri sesinya dengan membagikan piramida evaluasi disain di User Experience.
Setelah membahas teori di balik UX, saatnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana UX diterapkan di perusahaan berbasis teknologi. Di sinilah Syahdan masuk!
Ia berbagi informasi tentang bagaimana tim UX bekerja di Home Credit Indonesia, khususnya dengan metode co-creation design dengan berbagai stakeholders. Dia menjelaskan alur kerja tim dan bagaimana proses end-to-end bekerja yaitu Identifikasi, Eksperimen, dan Evaluasi.
Episode 2| Design Thinking: Human Centric Design
Episode pertama hanya baru sampai di permukaan saja, belum semua hal mendalam tentang UX kami bahas. Pada episode kedua yang dipandu oleh Head of UX Home Credit, Akhmad Dani Dwiputra (Dani), dan Corporate Communication Specialist, Farah Wiraatmadja (Farah), Reza dan Syahdan kembali menyelam lebih dalam ke bawah permukaan dan berbagi tentang Design Thinking dan Human-Centric Design. Design Thinking adalah proses pemecahan masalah berbasis solusi yang berfokus pada empati bagi pengguna. Dalam proses ini ada 5 tahap seperti di bawah ini.
Dalam sesi ini, pembicara kami juga membahas artefak yang digunakan dalam Human-Centric Design seperti Affinity Diagram, Job to be Done, Value Proposition Canvas, dan Defining How Might We, serta software yang digunakan Home Credit untuk prototyping dan pengujian seperti Marvel, Survey Monkey, dan Maze.
Episode 3| Memulai Karir di Bidang User Experience
Episode terakhir mencakup topik yang populer ditanyakan dalam 2 episode sebelumnya. Para partisipan penasaran, apa yang dibutuhkan untuk memulai karir di bidang UX? Untuk menjawab pertanyaan ini, Reza kembali, sekarang ditemani oleh Ririn, pada sesi yang sekali lagi dipandu oleh Dani, dan Farah, untuk memberikan tips dan trik kepada peserta kami untuk memulai perjalanan UX mereka.
Reza memulai episode ini dengan menegaskan kembali apa itu UX sebenarnya, apa perbedaan antara UX dan UI, proses dan aktivitas yang akan dilakukan sebagai seorang profesional UX, serta jenis portofolio apa yang akan efektif.
Ririn menggali lebih dalam mengenai peran dalam tim UX dengan menjelaskan perbedaan antara peran seperti UX Designer, UX Writer, dan UX Researcher. Ia juga berbagi tentang apa saja soft skill dan hard skill yang dibutuhkan untuk setiap peran dan portofolio seperti apa yang harus disiapkan.
Rangkaian sesi TechTalk ini sangat menginspirasi! Setiap episode sangatlah interaktif dan penuh wawasan dengan banyak informasi baru. Terima kasih banyak kepada Rakamin Academy atas kerjasamanya dalam mewujudkan serial ini. Terima kasih banyak kepada pembicara kami untuk materi yang sangat bermanfaat. Terima kasih kepada pembawa acara kami karena telah menjadikan ini seri yang menarik dan menyenangkan. Dan tentunya terima kasih kepada para penonton serial ini, semoga kita bisa bertemu lagi di TechTalk berikutnya!
Ingin tahu lebih banyak tentang dunia teknologi di Home Credit Indonesia?
Pantau terus acara TechTalk berikutnya di halaman Linkedin Home Credit Indonesia!