Page tree

Bagikan:  


It’s all about Brutalist Development!

Ada yang spesial di acara TechTalk chapter 6 kali ini, lho! Kita berkolaborasi dengan Tokopedia Tech A Break untuk sharing tentang IT Architecture dan Backend Development bersama Yuson Anas (IT Architect) dan Purnaresa Yuliartanto (Lead Software Engineer) dari Tokopedia di Plaza Oleos Lantai 12.

Yusron mengawali sesi dan menceritakan tentang pengembangan IT architecture di organisasi kita. Ia menekankan pada TOGAF, apa sih itu?

TOGAF adalah The Open Group Architecture Framework, suatu konsep dalam IT architecture yang merupakan konsep general, biasanya terdiri dari 4 model: Business, Application, Data dan Technology.

“Kita menggunakan TOGAF (The Open Group Architecture Framework) untuk berkolaborasi dengan pihak-pihak lain agar mampu membuat dokumentasi architecture yang lebih terstruktur. Kita juga mengintegrasikan SCRUM dengan TOGAF sehingga alur kerja lebih efisien,” kata Yusron.

Ia menutup sesi pertama dengan menjelaskan tentang high level process (yang dimulai dari input), metode (aktivitas architecture dan architecture governance) hingga output architecture.

Selanjutnya, Resa melanjutkan sesi kedua dengan bahasan Brutalist Development.

Tapi apa sih itu “Brutalist Development”? Ini adalah suatu istilah yang digunakan Resa dan tim IT di Tokopedia untuk menjelaskan cara baru dalam proses pengembangan IT.

“Ada tiga fokus saat kita bahas tentang Brutalist Development. Pertama itu Focus on Functionality, yang kedua ada Expect for Abandon/Rebuild dan terakhir Using Existing Known Resource.”

Salah satu hal yang disampaikan oleh Resa, yaitu tentang tantangan saat melakukan proses development, yang dikenal dengan tech debt: Sebuah konsep dalam pengembangan perangkat lunak yang mencerminkan biaya tersirat dari suatu pengerjaan ulang dikarenakan pemilihan solusi yang mudah dibandingkan pendekatan yang lebih baik sehingga memakan waktu lebih lama.

Tech debt itu pasti akan muncul tapi tugas utama kita adalah menganalisa infrastruktur dan proses dokumentasi yang dilakukan. Usahakan untuk bisa mempersingkat waktu pengembangan, maka dampaknya akan baik untuk bisnis,” tambah Resa.

Terima kasih banyak Yusron dan Resa telah berbagi ke teman-teman yang hadir tentang pentingnya IT Architecture! Kalau kamu belum sempat datang, stay tuned untuk acara TechTalk selanjutnya!