Page tree

Bagikan:  


Ayo cari tahu pencapaian kita di tahun 2017 bersama CEO kita di sini!

Rekan-rekan yang terhormat,

Selamat tahun baru 2018, tahun kelima dalam perjalanan kita yang luar biasa di Indonesia. Sebelum kita fokus membahas tantangan apa yang menanti kita nantinya, izinkan saya untuk merangkum dan merayakan keberhasilan kita di tahun 2017.

Saat kita menutup buku pada bulan Desember lalu, saya menyadari satu hal. Bagi Anda yang sudah bersama kita untuk waktu yang cukup lama, Anda mungkin ingat bahwa di tahun 2015, saat kita memperkenalkan strategi Group dan inisiatif CUSTEX, kita banyak merealisasikan ide-ide baru dan memberikan lebih dari 530 Miliar pembiayaan bagi pelanggan. Ini adalah angka keseluruhan yang diperoleh dalam tahun 2015! Bulan Desember 2017 lalu, kita tercatat memberikan pembiayaan senilai 674 miliar, hanya dalam waktu satu bulan! Wow! Sejak awal saya menyadari potensi kita untuk berkembang sangat pesat. Saya tidak menyangka bahwa kita akan mencapai total volume penjualan 5,3 Trilyun di tahun 2017 – 10 kali lipat dari angka terakhir kita di tahun 2015! Pertumbuhan ini kita capai dalam waktu dua tahun saja. Nilai ini melebihi ekspektasi saya, dan Anda tentu tahu bahwa ekspektasi saya tidaklah rendah.

Kita berhasil meraih prestasi tersebut berkat ekspansi jaringan Point-of-Sales (POS) kita yang luar biasa. Di akhir tahun 2017, kita telah hadir di lebih dari 11.000 POS di 85 kota di seluruh Indonesia. Kita juga telah mengembangkan FlexiFast, bisnis cross-sell kita yang solid. Kita memasang target yang ambisius dengan FlexiFast, dan saya dengan bangga ingin mengumumkan bahwa semua target itu telah tercapai. FlexiFast kini hadir sebagai solusi bagi pelanggan terpilih kita dalam bentuk paperless – inovasi terbaru yang sudah kita tes dan luncurkan pada akhir tahun.

Pencapaian lainnya yang mengagumkan dari kita datang dari ranah inovasi teknologi dan digital kita, yaitu dengan diluncurkannya aplikasi My Home Credit di bulan April. Tim kita telah berhasil mengaplikasikan metodologi scrum dan secara terus menerus menambahkan fitur dan update baru pada aplikasi kebanggaan kita ini. Pada akhir tahun, hampir 1 juta orang telah men-download aplikasi kita. 60% dari jumlah tersebut adalah pelanggan kita yang secara aktif memanfaatkan aneka fitur di aplikasi kita.

Semua pencapaian di atas inilah yang menuntun kita hingga dapat menjadi pemimpin pangsa pasar di industri pembiayaan multiguna, yang merupakan target kita di tahun 2017. Pada bulan November, kita tercatat telah berada di angka 50,5%. Ini prestasi yang luar biasa, apalagi mengingat kita hanya memiliki 3% pangsa pasar pada bulan Januari 2015.

Lalu, apa selanjutnya? Menurut saya, kita janganlah mudah berpuas diri dengan keberhasilan kita. Kita justru harus fokus pada bagaimana kita dapat berinovasi dan mengembangkan pelayanan dan produk kita agar bisa melayani pelanggan kita dengan lebih baik lagi. Pada kunjungan shareholder pada bulan November dan juga saat Group CEO Offsite Meeting di Praha, kita banyak menuai pujian dari para shareholder dan kita dianggap sebagai yang terbaik di level Group dalam bidang inovasi teknologi.

Mencapai puncak adalah satu hal. Lain halnya dengan mempertahankan posisi tersebut. Hal ini perlu kita lakukan dengan terus berinovasi dan mengeksekusi ide-ide baru kita. Ayo kita lakukan ini semua di tahun 2018 dan di tahun-tahun berikutnya. Saya harap kita bisa terus menjadi tolak ukur bagi perusahaan lainnya di Group dan juga di industri kita. Teknologi telah menjadi rekan kita dalam memberikan pelayanan yang terbaik. Mari kita pertahankan pola kerja seperti ini. Saya berharap kita bisa terus dikenal sebagai perusahaan pembiayaan multiguna berbasis teknologi terbaik. Untuk itu, saya butuh bantuan dan kerjasama terbaik dari Anda.

Terima kasih untuk tahun 2017 yang fantastis!

Salam, 

Jarda