Page tree

Bagikan:  



Kenalan dengan brand kita dan jadilah ambasador!

Selama bertahun-tahun, penelitian telah menemukan bahwa ketika seseorang peduli dan percaya pada suatu brand, mereka cenderung mau mempromosikan perusahaan tersebut. Itulah sebabnya kita selalu mencoba mengkomunikasikan positioning brand kita secara internal sebelum mengenalkannya ke pihak eksternal. Nah, kali ini kita mau menceritakan tentang evolusi brand Home Credit.

2017 Logo Baru & Positioning Brand Kita

September 2017 menandakan gerakan pertama kita dalam meluncurkan identitas brand baru, dimana kita mengubah logo biar brand kita lebih bersemangat lagi. Identitas suatu brand itu lebih dari sekadar logo, jadi kita juga membuat positioning baru dengan aspirasi untuk mengubah cara dunia berbelanja dengan mendekatkan pelanggan dengan hal-hal yang penting bagi mereka. Kita juga mengubah klaim dari “Mudah, simpel dan cepat” menjadi “Sekarang, Anda bisa!” sebagai bentuk pemberdayaan bagi pelanggan. Kita membawa klaim ini keseluruh penjuru negeri tahun berikutnya, waktu kita mengadakan roadshow pertama: Gerakan IndonesiaBi5a!

2019 Revitalisasi Klaim Brand

Di awal tahun 2019, produk dan portofolio perusahaan kita semakin berkembang serta jumlah pelanggan yang kita layani terus meningkat. Di momen ini kita merevitalisasi klaim brand dari “Anda Bisa!” menjadi “Kamu Bisa!” untuk mendekatkan kita dengan audiens yang lebih muda dan tech-savvy. Kita ingin bisa lebih relevan dan hangat bagi pelanggan. Di momen ini juga, kita mulai meninggalkan semua pendekatan jadul ‘jaman dulu’ alias kuno dalam berkomunikasi dengan pelanggan.

2020 Identitas Baru Brand Kita

Seiring perkembangan bisnis dan terciptanya produk-produk inovatif di luar ‘jasa pembiayaan’, kita mencoba untuk melihat kembali positioning brand sebelumnya. Ada beberapa hal yang kita pertimbangkan saat membuat positioning baru seperti produk, layanan, kompetitor, dan ekspektasi pelanggan kita. Mulai tahun ini, aspirasi kita adalah mengubah cara dunia berbelanja dengan menjadi teman berbelanja, dengan memberikan layanan pembiayaan yang mudah dan terintegrasi, serta penawaran yang menarik.

Dari feedback pelanggan, kita mencoba mendalami bagaimana mereka menjalani kehidupan sehari-hari serta memahami impian mereka. Dengan mengubah sudut pandang dan mencari tahu apa yang bisa kita lakukan untuk mereka, akhirnya kita menyebut para pelanggan sebagai the everyday brave, mereka yang mengandalkan dirinya sendiri untuk bisa sukses dan mencapai tujuan.

The Everyday brave ini tentu punya rasa takut untuk salah dan gagal. Tapi, kita semua tahu untuk menjadi berani kita harus bisa melawan status quo, mengatasi keterbatasan, dan melangkah keluar dari zona nyaman.

Para everyday brave ini mampu mengatasi ketakutan dan keterbatasan mereka, dan berani untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk bisa lebih dekat dengan tujuan mereka. Di sinilah peran kita bermain; membantu mereka membuat pilihan dengan rasa percaya diri dan mendekatkannya ke tujuan yang ingin dicapai. Kita membantu mereka dengan memberikan pembiayaan yang relevan sebagai solusi untuk keterbatasan finansial mereka.

Membuat positioning baru bagi suatu brand itu tidak mudah, dibutuhkan kerjasama yang intensif dengan seluruh unit bisnis untuk kemudian mengubah suatu produk, proses dan yang paling penting, perilaku serta sikap kita terhadap pelanggan dan teman-teman kita sendiri.

Sepanjang tahun ini kita akan terus men-sosialisasikan positioning, nilai dan prinsip-prinsip operasional brand kita. Nantikan artikel berikutnya tentang Brand Operating Principles dan dapatkan kesempatan untuk mendapatkan suvenir spesialnya Home Credit!