Page tree

Bagikan:  

Apa saja yang telah kita raih sejauh ini? Ayo, cari tahu jawabannya bersama Chief Marketing & Strategy kita di sini!

Hai teman-teman,

Dengan keberhasilan kita di tahun ini, saya doakan semoga kamu dan keluarga mendapatkan yang terbaik di tahun yang akan datang. Saya juga ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan kilas balik perjalanan yang telah kita lalui sejauh ini dan gambaran untuk tahun yang akan datang.

Sejak 4 tahun beroperasi di Indonesia, kita telah melalui perkembangan dan ekspansi bisnis yang biasanya menghabiskan waktu satu dekade di perusahaan lain. Bermula pada tahun 2013 di Jakarta dengan 30.000 pelanggan, kini kita telah berekspansi di 54 kota tersebar di seluruh Indonesia dan setiap bulannya kita telah melayani lebih dari 100.000 pelanggan dalam mewujudkan keinginannya. Model bisnis kita juga telah banyak berubah – bisnis cross-sell kita telah berkembang pesat beberapa tahun terakhir dan berhasil mencapai setiap target yang ditetapkan. Aplikasi mobile "My Home Credit" juga telah diluncurkan pada April 2017 dan di download sebanyak lebih dari 800.000 kali dengan aktivitas pengguna yang diluar ekspektasi.

Kita merasa bangga dengan pencapaian ini dan sangat bersyukur atas segala bentuk dukungan dan kerja kerasmu. Bisnis utama pembiayaan kita di POS akan terus berlanjut sebagai sarana utama akuisisi pelanggan, tapi saat ini kita juga harus mulai untuk berangan tinggi dan berfikir kearah bisnis aplikasi dan online.

Tahun ini kita juga telah sukses melakukan rebranding dengan mengenalkan identitas baru dan bergerak semakin dekat pada ambisi kita untuk menjadi perusahaan yang lebih FinTech, bukan hanya perusahaan Multi-finance biasa. Financial Technology (FinTech) adalah kata yang seringkali kita dengar dan pada kesempatan ini saya mewakili manajamenen dan shareholder ingin mengklarifikasi apa yang kami maksud saat mengenalkan istilah FinTech dalam bisnis kita. Saat kita tengah mencari logo baru dan memposisikan bisnis kita secara global, kita sangat bangga dengan 20 tahun perkembangan yang telah dilakukan terhadap penggunaan teknologi dalam bisnis dengan sistem IT dan proses yang kuat, kita menjadi sangat berorientasi pada teknologi, proses kita lebih cepat dan fleksibel. Kita juga menjadi perusahaan yang berfokus pada pelanggan pada 2 tahun ini berkat banyaknya inisiatif yang dilakukan.  2 hal ini, customer-centricity dan superior techonology adalah bahan utama dari sebuah perusahaan FinTech. Jadi daripada sekedar mentransformasikan perusahaan kita menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda, klaim FinTech kita saat ini lebih berorientasi kepada bagaimana kita memposisikan perusahaan kita pada industri keuangan di masa yang akan datang.

Strategi perusahaan tidak banyak berubah sejak 2 tahun kebelakang – Agenda 2020 yang dikenalkan pada tahun 2015 lalu untuk mengarahkan fokus kita pada 5 tahun kedepan masih berlaku. Namun kita telah merubah nama strategi kita menjadi “Home Credit Way” karena agenda 2020 bukanlah tujuan akhir kita – melainkan suatu proses berkelanjutan. Pilar-pilarnya masih sama yaitu:

POS Excellence: hal ini yang akan kita jaga dengan terus menyederhanakan berbagai proses bagi pelanggan dan partner ritel kita.
Speed & Simplicity:  membuat pengalaman pelanggan kita semudah mungkin, oleh sebab itu data menjadi hal yang sangat penting. Kita membutuhkan banyak sekali data. Big Data. Kita akan fokus untuk menambahkan data sebanyak-banyaknya pada model bisnis dan mengembangkan kemampuan dalam menganalisisnya untuk menjadikan proses aplikasi dalam hitungan detik.

Safe Lending: kita telah menguasai proses underwriting, tetapi masih perlu untuk mengurangi intensitas proses collection kita dengan pelanggan serta menawarkan fleksibilitas dalam keadaan yang sulit pada mereka.
 Customer Experience: Pendekatan customer experience kita telah menjadi patokan bagi negara lain dimana kita berada dan kedepannya kita akan lebih berfokus pad cara-cara yang lebih efektif dalam mengumpulkan umpan balik dan memperbaiki proses pengembangan produk .

Online: Kita telah memulai bisnis online bersama beberapa partner e-commerce besar di Indonesia dan akan hadir dengan lebih banyak lagi produk online baru di tahun 2018.

Credit Card: proyek yang bertujuan untuk mempermudah proses transaksi pelanggan dengan akses pembiayaan yang lebih mudah. Saya yakin dengan semangat entrepreneurial ini, kita akan menemukan cara untuk merevolusi ruang transaksi ini sama halnya dengan yang telah kita lakukan dengan bisnis pembiayaan kita di POS.

Bahkan strategi terbaik di dunia pun belum tentu mengantarkan pada kesuksesan. Strategi tersebut perlu dieksekusi oleh orang-orang yang bersangkutan, oleh sebab itu fokus kita kemudian tetap pada pemberdayaan karyawan melalui berbagai proses internal, jenjang karir yang nyata, pengukuran employee engagement untuk mengerti area yang masih perlu diperbaiki, atau memberikan akses komunikasi untuk karyawan melalui media yang tepat.

Kamu tentunya akan menemukan strategi lainnya dalam beberapa bulan kedepan, maka jadikanlah momen akhir tahun ini sebagai kesempatan untuk relaksasi bersama yang terkasih dan menyambut tahun baru 2018 dengan pikiran dan perasaan yang baru, karena kita tentunya akan menemui target dan proyek yang lebih ambisius lagi. Tiada kesuksesan tanpa kerja keras, tetapi work-life balance adalah hal yang penting. Selamat menikmati kemeriahan bulan ini, selamat tahun baru!