Page tree

Bagikan:  

Penasaran dengan BIG DATA? Coba cari tahu di sini!

Bayangkan masa di mana pelanggan kita harus mengisi pengajuan pembiayaan di kertas berisi 60 pertanyaan. Sekarang bayangkan kemungkinan di mana kita bisa mengurangi pertanyaan tersebut hingga tersisa 8 pertanyaan dan kita bisa mengajak pelanggan untuk mengisi form aplikasi di aplikasi HP. Tidak hanya itu, bayangkan kemungkinan untuk memberikan persetujuan terhadap aplikasi pembiayan dalam kurang dari 1 menit.

Jangan hanya dibayangkan. Semua hal ini mungkin dengan adanya Big Data!

Apa sih Big Data? Big Data adalah suatu metode pengolahan data dari berbagai sumber yang kemudian diolah dalam jumlah besar dengan computer.

Cari tahu bagaimana Cina dan Rusia menggunakan Big Data untuk melakukan inovasi dalam layanan mereka agar kita bisa mengubah cara dunia berbelanja!


Big Data di Cina

Cina terkenal sebagai pelopor pengguna Big Data dalam Group kita. Teman-teman kita di Cina telah berhasil mengumpulkan informasi dari berbagai sumber di Big Data untuk memperbaiki standar layanan pada pelanggan pada saat proses pengajuan pembiayaan. Karena Big Data, Cina kini butuh lebih sedikit informasi dari pelanggan dibandingkan dengan setahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan informasi di Big Data diperoleh dari berbagai sumber seperti perusahaan listrik, perusahaan pembiayaan, pusat-pusat pembayaran, info geolkasi, dan lain-lain.

“Di Home Credit Cina, kami memiliki sekitar 20 sumber eksternal yang memungkinkan kami untuk verifikasi identitas pribadi, alamat, dan hal lain yang perlu di dapat untuk mengelola resiko dengan benar. Selain pemanfaatan data ini, kita juga telah mengimplementasikan teknologi dalam proses pengajuan pembiayaan seperti pemindaian kartu identitas, sidik jari dan fitur wajah. Hal-hal ini membantu mempercepat dan mempermudah pelanggan untuk mendapatkan persetujuan atas aplikasi pembiayaan mereka. Selain itu, proses pengajuan pembiayaan kami saat ini sudah sepenuhnya tidak melibatkan kertas!” Tomas Skoumal (Chief Risk Officer di Cina)


Big Data di Rusia

Teman-teman di Rusia sudah tentu tidak ingin kalah untuk terus berinovasi bagi pelanggan. Berkat Big Data, proses persetujuan untuk pengajuan pembiayaan di Rusia kini sepenuhnya dilakukan secara otomatis. Teman-teman kita di Rusia juga telah menambahkan 8 sumber eksternal untuk Big Data yang juga mempermudah proses pengambilan keputusan, dan hal ini jauh mengurangi jumlah data yang harus diisi pelanggan. Di Rusia, pelanggan bahkan bisa memperoleh persetujuan dalam kurang dari 30 detik lho!

“Setelah melihat 50 kolom pada formulir lama, kami sadar pentingnya cara yang lebih cerdas untuk menangkas ini. Teknologi, ide baru, dan dorongan untuk mau mengeksekusinya sangat diperlukan untuk mendapatkan solusi tersebut.” Ekaterina Vasilenko, Task Force di Rusia

Apakah kamu terinspirasi dari cerita-cerita di atas? Ayo belajar lebih banyak tentang Big Data dan cari tahu bagaimana kita bisa membuat inovasi yang lebih seru lagi di Indonesia!