Page tree

Bagikan:  


Yuk baca tips kami untuk meningkatkan daya tahan tubuh di rumah!

Terkadang bekerja di rumah bisa membuat kita kurang aktif. Tapi ingat, ini bukan alasan, lho untuk nggak menjaga keaktifan kita seperti biasanya. Untuk melawan virus COVID-19, penting bagi kita untuk meningkatkan daya tahan tubuh bahkan saat di rumah. Kalau nggak, kita akan gampang terkena virus.

Apa saja cara-cara yang bisa dilakukan? Ini tips-tips berguna yang bisa kamu lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh kamu:

1. Jaga pola makan yang sehat & teratur

Sangat penting untuk menjaga pola makan kamu penuh dengan nutrisi. Dosis vitamin A, C, dan D yang cukup itu dibutuhkan. Kamu bisa mendapatkannya dari sayuran dan buah-buahan, atau bisa juga dengan berjemur di bawah matahari. Kamu juga perlu asupan protein dari daging, ikan, atau susu karena itu adalah bahan penting untuk antibodi. Dan terakhir, minum banyak air agar tetap terhidrasi.

2. Cari waktu untuk olahraga

Bekerja di rumah bisa tetap membuatmu duduk lama depan laptop. Cari sedikit waktu. Lakukan aktivitas fisik untuk menghilangkan bakteri dari paru-paru dan mengurangi kemungkinan demam, flu, atau penyakit lainnya.

Coba lakukan workout kardio seperti burpee atau skipping secara berulang. Kamu juga bisa melakukan olahraga seru di rumah seperti joget intens dengan Zumba. Yang penting tetap aktif!

3. Meditasi

Meditasi dapat membantu menghilangkan stres, karena stress bisa berefek negatif ke daya tahan tubuh. Cukup duduk secara tegak dengan mata tertutup atau terbuka. Lalu fokuskan perhatian kamu ke pernafasan.

Latihan ini bagus untuk kamu lakukan selama 10 menit setiap hari agar manfaatnya terlihat. Coba pilih tempat favorit di rumah agar kamu bisa sepenuhnya fokus.

4. Atur pola tidur

Terakhir, tidur itu sangat penting untuk menguatkan daya tahan tubuh. Kamu perlu minimal 7-8 jam tidur setiap malam. Kalau itu dirasa sulit, coba diisi dengan power nap. Seenggaknya dua nap yang nggak lebih dari 30 menit bisa mengurangi stres dan efek negatif dari kekurangan tidur. Lakukan power nap satunya di pagi dan satunya lagi di sore hari.

Nah itu dia cara simple untuk menjaga daya tahan tubuh di rumah. Pastikan kamu lakukan ini secara teratur dengan semampu kamu dan daya tahan tubuh kamu akan terus kuat.

Bersama kita cegah penyebaran virus COVID-19!

Sumber:

CNN