Page tree

Bagikan:  


Cari tahu 4 tips untuk mengatur keuanganmu lebih baik

Kamu masih suka bingung saat mengelola keuangan? Caru tahu 4 tips jitunya dari tim External Affairs yang baru saja sharing ke teman-teman Universitas Lambung Mangkurang Banjarmasin untuk Kelas Literasi Keuangan - Jadi Entrepreneur Cerdas di Era Keuangan Digital Yang Kamu Mau.

Tip 1: Kebutuhan vs. Keinginan
Pastikan kamu tahu perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Nggak semua keinginan itu harus dipenuhi, lho. Catat dan alokasikan budget kebutuhan rutin kamu. Sudah? Cek jumlah sisa budget-nya. Sekarang kamu bisa gunakan untuk mendapatkan hal yang kamu mau! Gampang, kan?

Tip 2: Ketahui tujuan keuangan kamu
Tanya diri kamu: apa yang ingin aku raih dalam hidup? Sebenarnya nggak harus menjawab hal sebesar itu sih. Tapi, kamu bisa mulai dengan membayangkan aktivitas apa aja yang ingin kamu lakukan atau barang apa yang ingin kamu dapatkan dalam 12 bulan ke depan. Mungkin kamu punya cita-cita untuk liburan ke Indonesia Timur atau ganti laptop? Apapun itu, pastikan tujuan tersebut jelas dan realistis, ya.

Tip 3: Mulai berinvestasi
Kamu mungkin sudah rajin menabung tapi apakah kamu sudah pernah coba untuk memulai berinvestasi? Dengan berbagai informasi tentang investasi, kamu bisa coba mulai dengan membuka reksa dana atau deposito. Kedua bentuk investasi terhitung memiliki risiko yang rendah. Selain itu, kalo mau lebih menantang kenapa nggak coba bikin bisnis?

Tip 4: Cegah risikonya
Banyak hal dalam hidup yang sulit diprediksi.  Jangan sedih, kamu justru bisa menjadikan ketidakpastian itu menjadi motivasi untuk mengatur keuanganmu lebih baik. Dengan banyaknya risiko yang mungkin muncul, kamu punya tugas untuk melakukan mitigasi. Contohnya, kamu punya bisnis? Ada baiknya kamu beli asuransi untuk melindungi aset kamu. Mungkin kamu juga bisa mengalokasikan budget untuk mendapatkan asuransi kesehatan yang membantu memelihara kesehatanmu.

Acara ini tidak akan sukses tanpa kehadiran Ali Hufron (External Affairs Sr. Manager) dan Esra Tambunan (External Affairs Specialist) yang sukses sharing 4 tips ini lewat games seru dan brainstorm ide-ide bisnis untuk teman-teman kita di Banjarmasin.

“Pastikan kamu belajar sebanyak-banyaknya dari sesi ini karena akan sangat bermanfaat,” kata Dr. Ir. H. Taufik Hidayat (Dekan III FAPERTA, Universitas Lambung Mangkurang) saat memberi kata sambutan.

Semoga 4 tips ini dapat membantu kamu dalam mengelola keuangan lebih baik, ya! Sampai ketemu di Kelas Literasi Keuangan selanjutnya!