Page tree

Bagikan:  


Apa saja Prinsip Agile? Cari tahu lebih di sini!

Agile sudah menjadi bagian dari proses kerja perusahaan kita. Bersama dengan ini, pasti ada juga prinsip-prinsip yang harus diikuti agar bisa tetap bekerja secara Agile. Apa saja ya prinsip-prinsip itu? Yuk kita lebih kenal lagi dengannya.

Berikan Secara Rutin

Prinsip Agile ini berarti kamu harus memberikan software berfungsi secara rutin, dari beberapa minggu ke beberapa bulan, tapi dianjurkan ke pola waktu terpendek. Dalam prinsip ini, kamu perlu ikuti faktor-faktor ini:

  • Waktu Lebih Cepat untuk Memasarkan:
    Pembentukannya harus pendek (1 – 4 minggu) agar tim Agile bisa mengirimkan produk baru ke pasar secepat mungkin.
  • Nilai Langsung:
    Pastikan pelanggan mendapat nilai dari produk segera setelah diluncurkan.
  • Cepat Beradaptasi dengan Perubahan:
    Tetap berhubungan dengan aspirasi pelanggan untuk membentuk produk yang lebih baik dan relevan.
  • Membangun dengan Kualitas:
    Pastikan setiap bagian dari proses pengembangan dikontrol dan mencapai kualitas tinggi.

Kerjasama

Dalam prinsip Agile ini, pebisnis dan developer harus bekerjasama setiap hari selama proyek berlangsung. Faktor-faktor yang diperhitungkan termasuk:

  • Tim Multi-disiplin:
    Pebisnis adalah mereka yang mengangkat masalah bisnis, dan developer adalah mereka yang membangun solusi, menyelesaikan tugas, produk, dan jasa. Developer bukan hanya orang IT, tapi bisa juga analyst, data scientist, desainer, ahli risk, dan orang lainnya yang bergabung dalam tim multi-disiplin.
  • Tetap Terhubung:
    Dalam tim Agile, pebisnis adalah bagian penting dalam tim. Perwakilan pebisnis adalah dalam bentuk Product Owner. Kerjasama setiap hari menjaga semuanya agar terhubung, dimana Product Owner bisa melihat apa yang dibentuk timnya, dan feedback bisa diberikan secara harian.
  • Klarifikasi Kebutuhan Tepat Waktu:
    Seringkali di sela-sela pengembangan, ada pertanyaan yang harus dijawab dan keputusan yang harus dibuat. Klarifikasi untuk kebutuhan dan keputusan yang cepat bisa dilakukan saat pebisnis dan developer bekerjasama setiap hari.

Kepercayaan & Dukungan

Prinsip Agile ini adalah tentang membangun proyek sekitar individu yang termotivasi. Beri mereka lingkungan dan dukungan yang mereka butuhkan dan percaya mereka akan menyelesaikan tugasnya. Faktor-faktornya termasuk:

  • Individu dengan Motivasi Tinggi:
    Setiap individu dalam tim harus bisa termotivasi tinggi dalam melakukan pekerjaan mereka. Sikap ini mengarahkan mereka untuk memiliki rasa kepemilikan memberikan solusi berkualitas ke pelanggan.
  • Lingkungan dan Dukungan Agile:
    Lingkungan Agile biasanya menerima dan mendukung perubahan, inovasi, dan proses perbaikan. Perusahaan memberikan dukungan seperti teknologi, alat-alat, platform, cara bekerja, dll. Hal ini untuk membangun lingkungan aman untuk praktek Agile & tim Agile.
  • Pemberdaayan Tim:
    Manajer dan pimpinan tim harus percaya pada tim dan memberdayakan mereka untuk membuat keputusan tentang caranya memberikan produk. Lingkungannya juga harus aman agar menghindari saling menyalahi dan mengubah kegagalan menjadi kesempatan belajar.

Nah, itu adalah beberapa dari Prinsip Agile kita. Sudah siap bekerja secara Agile? Stay tuned untuk lebih banyak konten Agile kedepannya!