Page tree

Bagikan:  


Yuk belajar cara mengembangkan dirimu lewat sesi ke-4 BOLTcast!

Gimana sih caranya membentuk pola pikir yang mendukung perkembangan diri? Saat tantangan muncul, apa yang harus kita pikirkan dan bagaimana cara kita ber reaksi terhadapnya? Semua ini telah kami bahas di seri ke-4 BOLTcast: Growth Mindset. Yuk baca ceritanya!

Kali ini, sesi BOLTcast mengundang Bhara Yudiantara (Smart Data Analytics Lead) yang dibawakan oleh Mayang Mustakim (Lead Learning Academy) dan Margareta Herlinawati (CRM Training Manager). Kali ini, Bhara menceritakan pengalaman dia menerapkan Growth Mindset dalam berbagai situasi.

Situasi yang pertama, dia pernah menghadapi perubahan besar yang sangat mendadak dalam proyek yang sudah dia rencanakan dari jauh hari. Dia berpikir “Apa saya cuma bisa kecewa dan menerima saja atau saya akan tenang dalam menghadapi ini?”. Dia yakin kalau dirinya perlu melakukan hal yang benar.

Dari pengalaman kerjanya di pusat statistik pemerintahan, Bhara nggak bisa memungkiri kalau awalnya, dia sangat reaktif terhadap perubahan. Tapi, ia sudah berpengalaman menghadapi proyek yang sering kali berubah-ubah akibat arahan dari atasan; bahkan ada juga yang langsung datang dari Presiden. Bhara sudah terlaltih untuk selalu menyiapkan strategi di awal dengan mensimulasikan kejadian untuk mengantisipasi perubahan atau kegagalan yang mungkin terjadi.

Di situasi kedua Bhara menggambarkan Growth Mindset sebagai “jangan takut gagal atau salah”. Kalaupun kamu salah, kamu harus tahu kesalahan itu di mana. Bahkan di tim Data Science Modeling, dimana ia sekarang bertugas, selalu ada proses iterasi, mencari kesalahan, evaluasi, dan perbaikan. Karena ini, Bhara berharap timnya akan selalu bereaksi terhadap perubahan dengan cepat dan benar.

Terakhir, Bhara menjelaskan hal penting yang muncul dari situasi yang dia hadapi. Kita harus aktif bertanya dan minta pendapat ke sesama anggota tim. Terutama dalam tugas yang membutuhkan analisis; kamu harus bisa mencari masalah yang mungkin terlewat oleh kamu sendiri.

Yuk kita rekap dari cerita Bhara. Growth Mindset bisa di artikan dengan:

  1. Antisipasi segala kondisi
  2. Terima kegagalan dan kesalahan, dan terus perbaiki diri berdasarkan hal-hal tersebut
  3. Selalu aktif meminta feedback

Kalau kamu mau memiliki Growth Mindset, kamu bisa coba mengikuti apa yang Bhara pelajari dan siapa tahu, kamu juga bisa membentuk mindset untuk mengembangkan dirimu dengan lebih baik!

Ketinggalan BOLTcast seri ini? Jangan khawatir! Kita sudah hadir di DIKA agar kamu nggak ketinggalan.

Klik di sini untuk melihat BOLTcastnya.

Punya pertanyaan atau mau berbagi cerita? Silakan kirim e-mail ke noach.tobing@homecredit.co.id

Sampai ketemu di BOLTcast berikutnya!