Page tree

Bagikan:  


Sesi inspiratif BOLTcast ada lagi! Penasaran ceritanya gimana?

Coba jawab pertanyaan ini, kalau kamu lagi makan jeruk yang asam, kira-kira kamu akan tetap makan, kamu buang, atau kasih ke orang lain? Nah, hal sesederhana ini aja punya banyak opsi untuk dipertimbangkan. Tapi, seberapa sering sih kita BERHENTI dan BERPKIR: “Apa opsi yang terbaik buat saya?”

Sesi BOLTcast kita kali ini membahas tentang hal ini. Di hari Kamis, 25 Juni, 2020 kita mengadakan sesi kedua BOLTcast: Responsibility – kemampuan menentukan respon (Response Ability). Sesi dibawakan oleh Ramadhan Basuno (CSD Manager) dan Noach Goethegara Z (Lead Organization Capability & Culture). Pembicara spesial kita kali ini yaitu Randy Priantoro (VP Credit Card & Value-Added Services) yang membagikan langsung pengalamannya dalam menguatkan Response Ability).

Awalnya Randy membagikan tentang pengalamannya selama pandemi ini. Ada masanya saat ia dituntut untuk menentukan pilihan antara membeli atau menjual saham, mengetahui ekonomi sedang mengalami penurunan. Ia juga menyadari bahwa  taruhannyan nggak mudah, ada risiko tinggi antara high return atau high loss. Dalam situasi ini, ia mencoba mengikuti prinsip-prinsip berikut sebelum menentukan pilihan:

  1. Mencoba melihat situasi selogis mungkin sebelum menentukan pilihan.
  2. Tidak membiarkan emosi menguasai pikiran.
  3. Cari tahu pendapat orang yang lebih berpengalaman untuk memberikan perspektif berbeda.

Dengan mengikuti prinsip-prinsip ini, ia menghindari kecenderungan jadi panic seller ataupun pembeli impulsif yang dapat menekan faktor emosional tindakannya.

Kalau kamu gimana? Apakah kamu sedang berada di persimpangan untuk menentukan pilihan yang sulit juga? Kalau iya, ada 3 opsi yang bisa kamu ambil, namanya 3F: Fight, Flight, atau Freeze. Apapun pilihanmu, kamu harus siap dengan konsekuensinya. Ada kutipan bagus yang cocok dengan situasi ini:

“Jangan berjanji saat kamu senang, jangan membalas saat kamu marah, dan jangan memilih saat kamu sedih.” – Ziad K. Abdelnour (Penulis Finansial).

Sesi yang sangat inspiratif, ya? Kalau kamu ketinggalan BOLTcast kali ini, jangan khawatir! Kita akan hadir di DIKA agar kamu nggak ketinggalan.

Klik di sini untuk melihat BOLTcastnya.

Punya pertanyaan atau mau berbagi cerita, silakan kirim e-mail ke noach.tobing@homecredit.co.id

Sampai ketemu di BOLTcast berikutnya!