Page tree

Bagikan:  


Yuk pelajari jenis masker yang benar untuk dipakai saat di luar!

Dengan pandemi COVID-19 yang sudah berjalan selama berbulan-bulan, masker sudah menjadi bagian penting dalam hidup kita. Tapi, apakah kamu sudah dengar kabarnya ada 2 jenis masker yang kita disarankan untuk nggak pakai lagi?

Ada berita yang tersebar bahwa masker scuba dan buff nggak disarankan lagi untuk dipakai. Disebut-sebut karena masker jenis ini bukan yang terefektif untuk melindungi pemakai dari penyebaran virus. Alasannya karena materinya yang tipis masih dapat membiarkan virus masuk.

Tapi, jangan khawatir! Masih ada kok jenis masker lain yang bisa dan harus dipakai saat kamu keluar rumah. Ada 3 jenis masker yang World Health Organization (WHO) rekomendasikan:

1. Masker N95

Sesuai namanya, N95 dapat memfilter 95% partikel yang mengandung virus di udara. Ini jadi salah satu masker terefektif untuk digunakan.

Tapi, masker N95 lebih direkomendasikan untuk tenaga medis di rumah sakit. Maskernya tetap dijual dan digunakan untuk umum, tapi bukan yang paling nyaman dipakai karena sudah dirancang khusus untuk betul-betul menutup mulut dan hidung. Jadi saat memakai akan terlalu ketat untuk bernafas biasa.

2. Masker medis/bedah

Meskipun namanya begitu, masker ini nggak hanya dipakai oleh tenaga medis. Faktanya, ini salah satu masker yang paling digunakan secara umum bahkan sebelum pandemic mulai.

Masker ini ada 3 lapisan; lapisan luar kain tanpa anyaman kedap air, lapisan dalam yang merupakan lapisan filter densitas tinggi, dan lapisan dalam yang menempel langsung dengan kulit. Ini menjadikannya salah satu masker yang teraman.

3. Masker kain

Ini juga salah satu masker terefektif untuk dipakai. WHO menyarankan untuk menggunakan masker kain karena lapisannya yang tebal yang bisa menghentikan partikel virus untuk masuk. Maskernya juga bisa digunakan ulang setelah dicuci dengan baik.

Masker ini juga jadi salah satu solusi untuk kelangkaan masker medis yang harusnya lebih banyak digunakan tenaga medis.

Begitu, teman-teman. Ini jenis-jenis masker yang benar untuk dipakai. Tapi ingat, masker bukan satu-satunya pendekatan keamanan. Saat kamu harus pergi keluar rumah, selalu melakukan physical distancing dan bersihkan tanganmu pakai sabun dengan rajin.

Tetap jaga keamanan dan kesehatan, semuanya! Mari kita lawan COVID-19 bersama!


Sumber:

WHO