Page tree

Bagikan:  


Yuk kenalan dengan Andina dan ikuti perjalanan karirnya bersama kita di Home Credit!

Sebelum bergabung di Home Credit, Andina Rosfieta bekerja sebagai wartawan dan branding analyst. Memulai karir sebagai Public Relations and Communication Specialist di awal perjalanan Home Credit, kini Andina telah menjadi Public Relations & Communications Manager kita.

Bagi Andina, menjadi seorang Careepreneurs adalah menjadi seseorang yang semangat dengan pekerjaan dan selalu menjadi dirinya sendiri.

“Dia mudah bergaul dan senang membantu. Dia tahu banyak orang di kantor dan teman yang baik juga. Dia juga menginspirasi kami tim External Affairs untuk membentuk tim yang kokoh dan dekat seperti keluarga,” ucap Yudiarto Krisnandono, Head of Government & Industrial Relation dan teman kerjanya Andina.

Cari tahu lebih banyak tentang Andina di sini!

Bagaimana karirmu dimulai?

Saya bergabung dengan Home Credit di bulan Mei 2015 sebagai Public Relations & Communication Specialist, dan dalam beberapa bulan dipromosikan menjadi Assistant Manager.

Waktu saya mulai di Home Credit, function PR belum begitu berkembang dan masih bagian dari tim Marketing & Strategy. Setelah kita melalui perubahan organisasi, PR terpisah dari Marketing dan menjadi bagian tim External Affairs.

Setelah bergabung dengan tim External Affairs  pada awal tahun 2016, setahun kemudian saya dipromosikan lagi menjadi Public Relations & Communication Manager dimana tugas saya mencakup menyoroti aktivitas perusahaan secara lisan maupun melalui tampilan visual kepada publik, membangun serta menjaga reputasi perusahaan, serta membina hubungan baik dengan publik baik internal maupun eksternal organisasi. Saya bangga menjadi bagian dari tim Home Credit yang membangun fungsi PR.

Apa yang membuatmu tertarik untuk gabung dengan kita?

Waktu saya direkrut untuk masuk perusahaan, saya melihat dua hal: 1) sebesar apa perusahaan ini di negara asalnya, dan 2) tim manajemennya. Home Credit punya punya orang-orang hebat yang sebelumnya pernah bekerja di perusahaan-perusahaan besar. Bahkan CEO kita sebelumnya bekerja di General Electric.

“Karena manajemen kita banyak mulai dari perusahaan besar, itu membuat saya percaya diri untuk bekerja di sini. Saya yakin bahwa orang-orang ini memiliki dorongan untuk menantang diri mereka dalam meningkatkan performa Home Credit lebih baik lagi,” kata dia.

Selain itu, saya selalu passionate dengan dunia Public Relations. Mendapat kesempatan untuk bekerja di perusahaan ini telah menjadi cara untuk mengasah kemampuan saya di dunia PR. Saya juga berhasil melakukan gebrakan, seperti menjalankan proyek konferensi pers roll-out sejak tahun 2016 serta mengadakan kompetisi foto dan menulis bagi para jurnalis. Program ini membuka jalan untuk memperkenalkan perusahaan kami ke lebih banyak kota di Indonesia.

Boleh cerita sedikit mengenai perjalanan karirmu di Home Credit? 

  • Mei 2015 – Public Relations & Communications Specialist
  • April 2016 – Public Relations & Communications Assistant Manager
  • September 2017 – Public Relations & Communications Manager

Apa momen yang paling menantang dalam perjalanan karirmu dan bagaimana caramu menghadapinya?

Kalau flashback ke pengalaman bekerja saya di agency. Di sana saya bisa bekerja dengan 4 klien dengan industri yang berbeda secara sekaligus. Hal ini mendorong sisi kreatif saya banget serta melatih bekerja multitasking dan cepat. Di sini, kita kan fokus ke satu hal.

Agar saya nggak bosan, saya biasanya menghibur diri saya sekitar setengah jam untuk mendengar musik. Atau saat saya terjebak dengan ide, saya akan minta sesi brainstorm dengan rekan-rekan saya. Karena kita tim yang sangat kecil, ini nggak terlalu susah untuk sering dilakukan. Saya rasa metode-metode ini sangat membantu. Lagipula, kalau kita terlalu memaksakan diri, kita nggak akan sepenuhnya menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Tantangan lain yang saya hadapi adalah beradaptasi dengan budaya kerja di sini. Ini adalah perusahaan dengan budaya yang serba cepat dan lugas. Tapi setelah saya beradaptasi, ternyata jadi sangat bermanfaat untuk saya. Sekarang saya bekerja lebih cepat dari biasa, dan target saya lebih spesifik.

Ada cerita lucu selama bekerja disini?

Di sini kita sering ada kejutan ulang tahun kan? Ada cerita lucu soal itu. Saya mendadak diminta atasan saya untuk datang pagi-pagi dan menyiapkan presentasi ke CEO kita, Jaroslav Gaisler. Hal ini membuat saya sedikit panik, tapi ternyata cuma tipu-tipuan dari suami saya yang sebelumnya sudah koordinasi dengan atasan dan rekan-rekan saya, untuk memberi saya kejutan ulang tahun.

Yang lucu adalah ide ini menjadi boomerang karena dilakukannya pagi-pagi buta, jadi semua teman-teamn yang mau kasih saya surprise berkumpul di Starbucks tapi mereka masih pada ngantuk, dan agak kurang sesuai rencana awal. Tapi saya tetap kaget kok, karena semua udah pada ngumpul di Starbucks bawa kue, termasuk sahabat dan suami saya, hahaha…!

Nilai Home Credit mana yang paling mewakili kamu?

Entrepreneurial. Bekerja dari hati dan menganggap perusahaan sebagai milik kita sendiri sangat sesuai dengan saya. Saya juga merasa nilai Focused on Results itu berhubungan dengan saya. Saat saya mengerjakan suatu program, saya melakukannya dengan usaha maksimal dan menetapkan target awal untuk itu. Jadi, saya merasa kedua nilai ini yang paling mewakili saya.

Apa saja hobi kamu? Pernah ada pengalaman dimana hobi dan karier kamu berkaitan?

“Saya sangat suka kuliner, seperti Soto Betawi. Tapi saya paling senang jalan-jalan, terutama ke tempat yang ada pantainya. Kalau di Indonesia, saya nggak pernah bosan dengan Bali dan Yogyakarta,” ucap dia.

Karena saya berkesempatan untuk mengunjungi kantor Home Credit di beberapa kota, ini juga menjadi cara saya untuk menikmati travel. Misalnya waktu saya berkunjung ke Manado, karena saya senang pantai, saya dapat kesempatan untuk menikmati pantai di sana dan mencicipi kulinernya. Setelah menyelesaikan tanggung jawab di pekerjaan, sebisa mungkin dinikmati perjalanannya. 

Terakhir, filosofi karirnya Andina apa?

Bekerja dari hati. Dan ketika kamu menganggap pekerjaan sebagai hobi, kamu nggak akan pernah merasa itu beban. Yakin kalau apa yang kita lakukan itu adalah yang terbaik, biar orang lain yang menilai hasilnya nanti.