Page tree

Bagikan:  


Baca cerita Careerpreneurs Era di sini!

Era memulai karirnya dengan kita sebagai Sales Support Staf. Dalam 5 tahun, ia telah dipromosi 4 kali. Memimpin tim yang besar baginya merupakan suatu tantangan, tetapi ia berhasil untuk selalu focused on results: gigih bekerja untuk memberikan hasil terbaik.

Apa sih tanggung jawab Era di kantor sekarang? 

Tanggung jawab utama saya sebagai seorang Business Support Manager yaitu memastikan semua urusan logistik dan support teman-teman Sales Agents baik yang di Cities dan Head Office berjalan lancar. Setiap minggunya, saya melakukan conference call dengan teman-teman sales network untuk memastikan semua kebutuhan operasional mereka terpenuhi.

Apa yang membuatmu tertarik untuk gabung dengan kita?
Waktu bergabung di tahun 2013, Home Credit masih baru di Indonesia. Belum banyak orang tahu tentang kita. Menjadi bagian dari sesuatu yang baru adalah alasan saya gabung. Saya percaya banyak sekali yang bisa dipelajari misalnya mendapat kesempatan untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris bareng teman-teman expat.

Setelah beberapa lama bergabung, saya suka banget sama budaya komunikasi yang terbuka di sini, saya bisa kasih ide kapan saja dan dimana saja. Apalagi kalau ide itu bisa membuat bisnis kita semakin maju, manajemen pasti mendukung. Jadi, jangan takut untuk membagi idenya kalau kita tahu itu akan memberikan dampak untuk kemajuan.

Boleh cerita sedikit tentang perjalan karir Era?
Saya bergabung di tahun 2013 sebagai Sales Support Staff, tugas utamanya ialah membuka POS baru kita yang sedang gencar-gencarnya. Ekspansi bisnis kita terus dilakukan, dari area operasional Jabodetabek, Bandung hingga wilayah lainnya di pulau Jawa. Setelah satu tahun, saya jadi Sales Support Team Leader dan akhirnya dipercaya untuk jadi Assistant Manager di tim Sales Force Management. Pekerjaan saya sangat berkenaan dengan Sales Agent kita, mulai dari operasional bisnis hingga absensi mereka merupakan tanggung jawab saya. Lalu, di tahun 2015 saya mulai mengurus logistik di POS. Misalnya, teman kita di Cities sedang butuh materi Marketing, maka saya akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengurus kebutuhan tersebut sampai di lapangan.

Nah, ini snapshot karir Era:

2013 – Sales Support Staff
2014 – Sales Support Team Leader
2015 – Sales Force Management Assistant Manager 
2016 – Sales Force Management Manager
2017 – Business Support Manager

Apa yang membuatmu beda?
Saya selalu punya kemauan besar untuk melakukan semua dengan baik. Kalau belum begitu paham dengan suatu hal, saya terus mencoba untuk mengerti proses dan gambaran secara keseluruhannya.

Apa momen yang paling menantang dalam perjalanan karirmu dan bagaimana caramu menghadapinya?
Saya punya latar belakang operasional. Waktu tahu akan jadi bagian tim Sales, agak kaget karena belum ada gambaran kira-kira apa yang akan dikerjakan. Setelah banyak ngobrol dengan teman-teman di Sales, apalagi yang ada di City saya merasa banyak sekali yang harus ditingkatkan. Kuncinya adalah mendengarkan mereka. Walau kadang belum bisa sepenuhnya memenuhi permintaan teman-teman di Sales Network, tapi saya belajar untuk mencari jalan tengah agar kedua belah pihak bisa mencapai pada suatu kesepakatan.

Value Home Credit mana yang paling sering kamu implementasikan?
Pastinya Focused on Result karena saya terbiasa untuk selalu fokus saat punya tujuan yang ingin dicapai. Selain itu, saya juga Innovativeselalu berusaha untuk membuat pekerjaan lebih efiisen dan lebih mudah.   

Apa itu ‘work-life balance’ menurutmu?
Nonton film Korea di waktu senggang. Baru aja selesai nonton seri televisi Korea berjudul My ID Gangnam Beauty di akhir bulan kemarin. Saya juga suka makan. Kalau ditanya makan apa? Pokoknya semua yang bisa dimakan karena itu hobi.. hahaha

Selain itu saya juga suka Muay Thai, lho!

Terakhir, filosofi karirnya seorang Era itu apa sih?
Saat kita bekerja pasti akan menemukan titik jenuh, dan Itu normal. Tapi disaat akan mengeluh, coba tanya ke diri sendiri kenapa kita mau melakukan ini? Apa tujuannya? Coba temukan tantangan yang membuat kamu terus semangat!