Page tree

Bagikan:  


Yuk kenalan lebih dekat dengan sosok Febi yang inspiratif di edisi Careerpreneurs ke-3 kita!

Pernah pakai Homer Select? Kalau iya, mungkin kamu tidak akan asing dengan sosok wanita di balik sistem itu: Febiyanti Ratnasari. Febi memulai karirnya sebagai IT Analyst dan telah mendapat promosi 2 kali dalam waktu 2 tahun. Untuk pertama kalinya, Febi ditantang untuk mengelola sebuah tim. Namun Febi bisa memerlakukan timnya dengan adil, menghargai pendapat-pendapat yang berbeda, dan memberikan kepercayaan pada mereka. Yuk kenalan lebih dekat dengan sosok Febi yang inspiratif di edisi Careerpreneurs ke-3 kita!

Boleh cerita sedikit tentang perjalanan karirmu?

Saya memulai karir sebagai Oracle Application Developer di Accenture pada tahun 2012 sampai 2014. Sebagai Developer, saya bertanggung jawab untuk mendesain aktivitas dalam suatu aplikasi.   

Apa yang membuatmu tertarik bergabung dengan Home Credit?

Hmm... Saya cukup tertarik dengan Home Credit karena ini merupakan perusahaan multinasional. Walaupun saat saya bergabung, namanya belum sebesar sekarang.

Boleh cerita tentang perjalanan karirmu di Home Credit?

Saya bergabung dengan perusahaan ini pada bulan Januari 2015 sebagai IT Analyst. Saat itu, tim kami hanya beranggotakan 4 orang: Wahyu Amanda (IT Testing Manager), Ichwan Nugroho (IT Application Support Asst. Manager), Cepi Valentino (Sr. IT Analyst) dan saya sendiri. Pada bulan September 2015, saya mendapat kesempatan untuk mengunjungi kantor EMBEDIT kita di Republik Ceko. Di sana, saya berkesempatan mempelajari berbagai sistem aplikasi yang digunakan di berbagai negara di mana kita berada. Tak lama setelah itu, tepatnya di bulan April 2016, saya dipromosikan menjadi IT Analyst Assistant Manager dan diminta untuk bertanggung jawab atas tim IT Analyst. Ini adalah kali pertamanya saya harus bisa mengelola tim, dan itu menjadi tantangan tersendiri bagi saya. Tanggung jawab itu terus saya jalankan, hingga pada bulan September 2017, saya diberikan kepercayaan sekali lagi untuk menjadi IT Analyst Manager.

Perjalanan Febi di Home Credit

Apa yang membuatmu berbeda?

Saya sangat menyukai pekerjaan saya di bidang IT Analyst. Maka dari itu saya tidak pernah merasa keberatan untuk meluangkan waktu lebih untuk menyelesaikan tugas. Saya juga selalu terlibat dalam setiap proses enhancement sistem Homer Select kita, dari mulai pendekatan waterfall sampai penggunaan pendekatan sprint yang sampai saat ini masih berjalan. Saya juga termasuk orang yang detil. Kebiasaan ini sebenarnya ditularkan dari atasan saya sebelumnya. Dengan melihat setiap hal secara detil, komunikasi saya dengan berbagai pihak akan berjalan baik.

Apa momen paling menantang dalam perjalanan karirmu dan bagaimana caramu menghadapinya?

Saat masih jadi Analyst, tantangannya lebih kepada mengatur waktu kerja. Berbeda dengan saat saya menjadi Manajer. Tantangannya lebih pada bagaimana memimpin tim dengan benar. Saya membutuhkan waktu sampai 6 bulan untuk bisa menemukan pendekatan paling tepat. Mereka memiliki latar yang berbeda-beda, dan  beban kerja yang berbeda-beda juga. Dengan memahami cara kerja masing-masing anggota tim, saya bisa menerapkan jam kerja yang fleksibel pada mereka, yang penting mereka tetap deliver good results. Saya selalu berusaha untuk berlaku adil dengan mereka dengan melakukan pendekatan yang berbeda-beda, namun tetap memastikan mereka mencapai target masing-masing. Saya juga bukan orang yang mudah percaya dengan orang lain. Ternyata hal tersebut salah ketika kita memimpin suatu tim. Dengan memberikan rasa percaya pada tim, saya mulai bisa mendelegasikan tugas, sehingga saya bisa fokus dengan hal-hal lain. Dengan percaya, tim saya pun semakin confident memberikan input positif.

Value Home Credit mana yang paling sering kamu implementasikan?

Focused on Results.

Saya termasuk orang yang idealis, bagi saya delivering results saja tidak cukup, tapi kualitas dari pekerjaan kita juga penting.

Innovative. 

Saya selalu mencari cara-cara baru untuk membuat tim semakin solid dan produktif dengan mengadakan beberapa program seperti: program buddy, transfer knowledge, off-site meeting tim, dan program workshop untuk mengasah soft-skill tim.

Apa itu ‘work-life balance’ menurutmu?

Kepintaran dalam menyeimbangkan pekerjaan dengan hobi personal. Kalau saya biasanya selalu menyempatkan baca buku setelah pulang kantor. Kebiasaan ini cukup membuat saya senang.

Apa sukses terbesar dalam perjalanan karirmu?

Setiap proyek yang berhasil tim saya deliver merupakan pencapaian. Melihat user puas dengan hasil kinerja kita serta keberhasilan dalam mendukung kebutuhan bisnis merupakan kepuasan bagi saya.

Apa yang kamu suka dari bekerja di sini?

Saya sangat menyukai gaya memimpin atasan saya, Stepan Kares (VP Information Technology), karena ia selalu memberikan ruang belajar dan mendukung inisiatif yang saya lakukan.

Apa filosofi karirmu?

Lakukan yang terbaik dalam hal apapun!

Apa rencanamu dalam karir ke depannya?

Menyiapkan tim saya untuk terus berkembang secara karir.

“Bekerja dengan Febi selalu memuaskan, ia selalu dapat diandalkan dan sangat suportif. Febi memiliki semangat yang tinggi terhadap pekerjaannya, terlihat betapa besar kecintaannya terhadap pekerjaan ini. Satu hal yang paling saya hargai dari Febi adalah keadilannya – ia tidak pernah mengkhianati kepercayaan saya.. Ruprecht Marek (Country Account Manager, Country Team ID)