Page tree

Bagikan:  




Kenalan dengan Jhonson dan perjalanan karirnya yang dinamis dengan kita di sini!

Sebelum bergabung dengan Home Credit, Jhonson Anggawijaya bekerja selama 4 tahun di Astra International DSO sebagai Business Process Dev & IT Analyst. Ia lalu memulai karir di Home Credit Indonesia pada 2016, hingga kini jadi Sr. Online Product Manager kita.

Bagi Jhonson, menjadi Careerpreneur artinya menjaga kepercayaan yang telah diberikan perusahaan dengan memberikan yang terbaik di setiap hal yang ia kerjakan.

Bagaimana perjalanan karirmu di Home Credit Indonesia?

Setelah 4 tahun di Astra International, saya bergabung dengan Home Credit Indonesia di tahun 2016.  Saya memulai karir di sini sebagai Sr. Process Specialist dimana saya bertanggung jawab untuk menyiapkan proses baru dan memperbaiki yang sudah berjalan.

Setahun kemudian saya dipercaya menjadi Project Manager untuk memimpin proyek-proyek strategis dari perusahaan. Dan sekarang saya sekarang saya bertanggung jawab sebagai Sr. Online Product Manager.

Saya merasa latar belakang studi saya di ilmu komputer (Teknologi Informasi) dan perjalanan karir saya saling berhubungan, melengkapi, dan berguna untuk pekerjaan saya saat ini. Saya pernah menjadi IT Analyst di perusahaan sebelumnya. Kemudian di Home Credit bekerja di bidang process improvement, project management, dan saat ini product management.

Bagi saya, Home Credit adalah tempat untuk belajar dan berkembang. Saya banyak belajar, bukan cuma di hard skill dan soft skill, tapi juga berbagai macam bidang pekerjaan di perusahaan. Dan saya merasakannya betul sejak masuk Home Credit. Saya pernah mengerjakan Infrastruktur IT, ERP FICO & MM, Asuransi, produk online, dan bahkan kerjasama dengan partner online.

Ada banyak kesempatan belajar hal baru di sini.

Apa saja tantangan di karirmu? Bagaimana cara kamu mengatasinya?

Mungkin saya perlu kembali ke 2017. Saya dipercaya untuk mulai memimpin proyek sendiri sebagai project manager. Proyek pertama saya adalah New Data Center & DRC. Itu adalah proyek infrastruktur IT yang besar dengan investasi yang sangat besar juga, jadi nggak boleh sampai ada kesalahan. Nggak lama setelah itu, saya dipercaya untuk ambil alih proyek besar ERP Finance, dan juga memimpin 2 proyek baru dari Digital.

Singkat nya, saya sebagai project manager baru saja sudah dituntut memimpin 5 proyek yang cukup besar secara bersamaan dengan target go live di tahun yang sama. Dan pada saat itu juga sedang terjadi pergantian manajemen di divisi saya.

Saya mengatasinya dengan inisiatif untuk belajar sendiri tentang project management lewat internet, guidebooks, dll. Jika ada kendala saya berkonsultasi dengan project manager  yang lain. Beruntungnya saya bisa melewati 2017 dengan baik dan mendapatkan feedback yang cukup baik dari project sponsor.

Ada cerita lucu selama berkarir di sini?

Ada satu cerita. Saat itu kita ada di tahap project closing, saya sedang menyiapkan serah terima proyek (handing over) ke fungsi Digital.

Saat melakukan proses handover, saya malah mendapat tawaran untuk bergabung ke bisnis tim Digital untuk melanjutkan pengelolaan product tersebut. Bisa dibilang, saya menyerahkan proyek ke diri saya sendiri, hahaha.

Nilai Home Credit apa yang paling mewakili kamu?

Focused on Results. Setiap ada kesempatan yang dipercayakan ke saya, saya selalu memberi usaha terbaik untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Saya selalu membuat action plan yang jelas dan terstruktur untuk mencapai target saya.

Apa saja hobi kamu?

“Saya senang banget jalan-jalan dan berfoto. Bahkan saya ada target untuk traveling setiap tahun ke tujuan yang belum pernah saya kunjungi. Untuk fotografi sih, saya senang menangkap momen-momen di hidup saya,” kata dia.

Saat saya ada waktu luang, saya juga suka nge-browsing. Saya suka baca tentang berita dan update terkini mengenai teknologi, gadget, dll.

Intinya tetap tahu tentang kondisi dunia saat ini.

Apa filosofi karirmu?

Ada dua buat saya.

Pertama, selalu positif di situasi apapun, kapanpun, dan dengan siapapun.

Kedua, lakukan yang terbaik agar kamu jadi yang terbaik yang kamu bisa.