Page tree

Bagikan:  


Baca cerita Careerpreneurs Raisha di sini!

Jangan pernah takut maju! Mungkin kalimat itu paling cocok untuk Kheisita Raisha Zahra. Memulai karirnya sebagai Travel Desk hingga menjadi bagian tim Underwriting kita selalu dijalaninya dengan fokus.

Apa yang saat ini Raisha kerjakan?

Saya adalah salah satu bagian tim Underwriting. Tugas saya berfokus pada peningkatkan kualitas proses underwriting kita. Proses tersebut bisa terkait dengan proses di beberapa function lain seperti Underwriting, Operations, dan Sales.

Apa yang membuatmu tertarik untuk gabung dengan kita?

Saya tertarik untuk bisa gabung karena di tahun 2015 kan perusahaan kita masih baru jadi kayanya seru ikut ambil bagian di perusahaan ini.

Boleh cerita sedikit mengenai perjalan karir?

Pertama kali masuk di tahun 2015 saya bekerja sebagai Travel Desk di tim Facility yang banyak berfokus dengan hal-hal administrasif misalnya: berurusan dengan tiket pesawat dan hotel bagi teman-teman yang mau trip bisnis.

Setelah itu Miroslav Hlavac, Chief Marketing & Strategy Officer kita yang dulu masih ada di Operations memberikan tantangan untuk saya mengurus administrasi vendor. Setelah satu tahun menjadi Logistic & Administration Sr. Team Leader saya pindah function ke Risk dan dipercaya sebagai Risk Underwriting Process, Policy & Product Sr. Specialist. Berikut gambaran perjalanan karir saya:

2015 – Travel Desk

2016 – Logistic & Administration Sr. Team Leader

2017 – Risk Underwriting Process, Policy & Product Sr. Specialist

Apa yang membuatmu berbeda?

Pengalaman tinggal jauh saat belajar bahasa Jerman di Koln dari kampung halaman memgajarkan saya banyak hal, saya diharuskan untuk bisa menyelesaikan masalah sendiri tanpa bantuan orang lain, lebih mandiri dan harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dan budaya yg berbeda. 

Bersama teman-teman: Ini dia teman-teman waktu saya ada di Jerman

Apa momen paling menantang dalam perjalanan karirmu dan bagaimana caramu menghadapinya?

Sebagai lulusan Sastra, saya tidak mengerti angka. Ketika Ibu Nicole Oesman, Chief Risk Officer kita menawarkan saya posisi ini, saya memberitau beliau. Namun beliau meyakinkan saya bahwa tanggung jawab saya adalah di bagian process Underwriting. Tapi saya pun berkesempatan untuk belajar banyak hal baru yang belum pernah saya pelajari sebelumnya, seperti excel dan sedikit analisis data, walaupun tentu PR saya masih sangat banyak di bidang ini. saya masih jauh dari teman-teman Risk yang lainnya. Untungnya semua di tim saya sangat membantu jika saya memiliki kesulitan. Mereka siap mengajari saya hal-hal yang saya tidak mengerti.

Value Home Credit mana yang paling sering kamu implementasikan?


Focused on Results

Empat – empatnya penting, ya! Tapi yang saya banget itu kayanya Focused on Results. Saat kita melakukan sesuatu, kita harus bisa menentukan tujuan yang ingin kita capai dan fokus kesana. Nggak usah terlalu sibuk mikirin urusan yang ga perlu. Kalau itu penting dan menjadi part of my goal ya saya akan fokus!

Apa itu ‘work-life balance’ menurutmu?

Buat saya, kalimat itu adalah melakukan hal-hal lain yang kamu sukai disamping pekerjaan. Biasanya akhir pekan saya bantu teman ikutan jadi Wedding Organizer. Kadang juga jadi Make Up Artist. Walaupun masih belajar, sih! Tapi saya suka dengan hal-hal itu. Kadang-kadang juga suka berenang dan travelling!

Waktu senggang: Bantu teman yang punya Wedding Organizer. Tebak saya yang mana?

Apa filosofi karirmu?

Jangan takut untuk keluar dari zona nyaman. Kalau masih punya waktu dan energi untuk bisa aktif, kenapa nggak? Kesempatan itu tidak selalu datang, jadi kalau punya kesempatan untuk bisa menjadi lebih baik yaaa langsung ambil! Walaupun kadang kita punya rasa pesimis, jangan takut deh! Nanti nyesel!