Page tree

Bagikan:  


Yuk kenalan dengan Krisna dan ikuti perjalanan karirnya di Home Credit sebagai salah satu orang pertama di perusahaan kita!

Sebelum bergabung di Home Credit, Krisna Mahendra sempat bekerja di Divisi Legal suatu Perusahaan Pembiayaan dan Asuransi. Sebagai salah satu sosok yang paling pertama muncul di Home Credit Indonesia, perjalanan karirnya telah membawa ia menjadi AVP Legal Compliance kita.

Untuk Krisna, menjadi seorang Careerpreneur berarti menikmati setiap proses hingga suatu hari nanti kamu bisa melihat hasil terbaik dari proses yang berhasil kamu lalui.

Yuk, baca tentang Krisna di sini!

Gimana karir Krisna dimulai?

Saya bergabung dengan Home Credit di tahun 2012, bahkan sebelum perusahaannya berjalan. Bisa saya bilang waktu itu masih lebih ke start-up karena kita masih dalam proses pengurusan izin usaha perusahaan.

Waktu pertama bergabung, kita masih sangat kecil. Cuma tujuh orang lho! Sangat beda dengan sekarang. Dulu belum ada sistem kerja, dan sumber daya manusia masih sangat sedikit. Sekarang kita punya ribuan teman kerja, ini merupakan perubahan yang luar biasa.

Karir saya selalu berkutat di dunia Corporate Legal. Sebelum saya mulai di sini, saya mengambil posisi Legal di Perusahaan Pembiayaan dan Asuransi. Sekarang sudah berjalan 7 tahun di Home Credit, dan pekerjaan saya masih seputar Fungsi Legal & Compliance yang sudah mengantarkan saya menjadi AVP Legal Compliance.

Apa yang membuatmu tertarik dengan kita?

“Tantangannya, karena saya belum pernah bekerja di perusahaan start-up, apalagi di tahun 2012 waktu Home Credit belum dibangun. Saya datang dari perusahaan yang sudah terbentuk lama dan langsung terjun ke perusahaan yang benar-benar baru,” kata dia.

Jadi, waktu perusahaan ini masih start­-up­ di tahun 2012, saya ingin lebih mengembangkan diri. Saya mau memahami cara kerja perusahaan ini dari awal sampai di tahapnya sekarang.

Ini perjalanan karir saya di Home Credit

  • 2012 - Legal Officer
  • 2014 - Senior Legal Officer
  • 2015 - Legal Compliance Manager
  • 2017 - Legal Compliance Senior Manager
  • 2019 - AVP Legal Compliance

Apa momen yang paling menantang dalam perjalanan karirmu dan gimana caramu menghadapinya?

Wah, hal ini sangat dekat dengan budaya perusahaan ini. Dari awal perusahaan ini memiliki budaya yang dinamis dan bergerak cepat, jadi kita harus cepat beradaptasi.

“Biar terbiasa, kita harus berusaha mengatur ritme dengan perubahan yang naik turun di sini. Intinya, nikmati prosesnya dan lihat hasil yang terbaik yang akan muncul dari menjalani proses itu.”

Ada cerita lucu selama bekerja di sini?

Hmm bukan lucu sih, tapi buat saya berkesan. Kembali ke tahun 2012 waktu saya baru mulai kerja di sini, saat itu kita baru punya kantor virtual. yang sekarang lebih dikenal dengan co-working space. Jadi, fasilitas kantor kita masih sangat terbatas, termasuk kemampuan mesin printer yang bisa digunakan saat itu.

Di hari pertama saya masuk, kita langsung bekerja dalam mempersiapkan pengajuan permohonan izin usaha. Sebelum adanya OJK, kita harus mengajukan permohonan izin usaha ke Bapepam-LK di bawah Kementerian Keuangan.

“Di hari kedua kerja saya, saya sudah lembur di kantor sampai jam 2 pagi untuk mengerjakan persiapan pengajuan permohonan izin usaha. Kami harus mencetak banyak sekali dokumen, dan karena printer kantor saat itu kurang memadai, kami harus keluar kantor berulang kali untuk nge-print dan meng-copy dokumen. Besoknya saya masih harus pergi jam 9 pagi ke Bapepam-LK untuk memasukkan permohonan izin usaha,” kata dia.

Bukan pengalaman yang begitu lucu sih, tapi berkesan banget buat saya hahaha…

Nilai Home Credit mana yang paling mewakili Krisna?

Focused on Results. Di Legal & Compliance, saya harus bisa memberi solusi terbaik untuk menghindari kekeliruan. Dalam keseharian saya harus mencari tahu solusi terbaik yang bisa mencakup semua aspek tanpa menyimpang dari peraturan.

Singkatnya, saya harus bisa mengakomodir kepentingan bisnis tanpa melanggar peraturan.

Apa saja hobi kamu? Pernah ada pengalaman dimana hobi dan karier kamu berkaitan?

“Saya sangat suka jalan-jalan. Meskipun saya nggak ada tempat favorit tertentu, saya selalu menikmati kesempatan buat jalan-jalan,” kata dia.

Kesempatan yang saya dapat untuk jalan-jalan selagi kerja itu waktu saya ikut program Job Shadowing dengan Home Credit Group di tahun 2017. Saya pergi ke Praha selama seminggu bersama orang Compliance HQ untuk mengikuti aktivitas mereka di sana.

Setelah seminggu di Praha, saya melanjutkan perjalanan ke Prancis dan Belanda.

Terakhir, filosofi karirnya kamu apa?

Berusaha untuk menikmati prosesnya dengan cara apapun. Tetap konsisten dan sabar dalam menghadapi situasi yang naik turun, dan pada akhirnya kamu akan melihat hasil terbaik dari usahamu.