Page tree

Bagikan:  


Kenalan dengan Patricia dan ikuti kisah perjalanan karir salah satu wanita inspiratif kita di sini!

Sebelum bergabung dengan kita, Patricia Sefrida Nindya Karina sempat bekerja sebagai Training Consultant. Memulai karirnya sebagai Sales Trainer, ia sekarang dipercaya sebagai Continuous Sales Development Senior Manager kita. Kira-kira apa rahasianya ya?

Yuk cari tahu cerita tentang Patricia!

Gimana sih cerita Patricia gabung dengan Home Credit?

Saya mulai bergabung di bulan November, 2013 sebagai Sales Trainer dan hanya dalam 11 bulan, saya telah dipromosikan jadi Sales Training Team Leader.

“Dulu baru tim kecil yang saya pimpin, dan kantor kita masih di Tebet,” kata dia.

Setelah bisnis kita makin berkembang saya juga menerima berbagai promosi karir. Saya sekarang bekerja sebagai Sales Development Senior Manager dimana saya banyak melakukan koordinasi dengan HR dalam menyiapkan development program untuk tim Sales kita.

Apa yang membuatmu tertarik untuk gabung dengan kita?

Lucu sih ceritanya. Awalnya saya cuma iseng nanya ke teman-teman saya tentang gimana kerja di Home Credit, dan ternyata itu membuat saya tertarik bergabung di sini.

Awalnya saya belum tahu banyak tentang Home Credit, lalu saya cari tahu lebih banyak di website dan menemukan kalau ini perusahaan internasional. Lalu saya berpikir pasti menarik untuk kerja di sini dengan orang-orang dari bermacam-macam latar belakang.

“Dari bekerja di sini saya juga bisa belajar setiap hari. Setiap hari saya selalu mencoba belajar hal baru. Saya rasa ini sangat penting untuk self-development dan semua itu bisa saya dapatkan dengan bekerja di sini,” kata dia.

Boleh cerita sedikit mengenai perjalanan karirmu di Home Credit?

  • November, 2013 – Sales Trainer
  • September, 2014 – Sales Training Team Leader
  • Juli, 2015 – Sales Training and Development Assistant Manager
  • Juli, 2016 – Sales Mass Training Manager
  • September, 2018 – Sales Training Capability Effectiveness Senior Manger
  • Januari, 2019 – Continuous Sales Development Senior Manager

Apa momen yang paling menantang dalam perjalanan karirmu dan bagaimana caramu menghadapinya?

Buat saya, kultur dinamis di sini menjadi tantangan karena perubahan begitu cepat. Tapi, saya lihat ini sebagai kesempatan untuk beradaptasi dengan perubahan supaya saya bisa tetap mencapai target.

“Untuk mengatasi ini, saya selalu bilang harus jadi diri yang sabar dan positif. Ingat untuk selalu minta bantuan ketika butuh,” kata dia.

Ada cerita lucu selama bekerja di sini?

Ada satu cerita menarik. Pas saya ke Pontianak, besoknya saya harus terbang ke Bogor untuk acara Literasi Keuangan. Jadi saya pulang dari Pontianak, tapi flight sore saya di-cancel!

“Masalahnya saya sudah harus di Bogor jam 9 pagi untuk nge-MC. Saya sampai gedor-gedor kantor Citilink di bandara agar cepat-cepat dapat tiket.” kata dia.

Akhirnya, saya bisa dapat tiketnya tapi saya harus duduk di kursi sebelah pintu darurat. Dan jadinya juga pulang dengan rombongan Umrah, hahaha!

Untungnya saya sampai Bogor sesuai waktu, tapi itu pengalaman yang bikin deg-dengan banget.

Nilai Home Credit mana yang paling mewakili kamu?

Entrepreneurial. Cara kita menganggap Home Credit sebagai perusahaan kita sendiri itu sangat penting. Contohnya, misal saya bekerja sebagai Sales Trainer, tapi kadang saya juga harus melakukan Market Research. Saya harus siap untuk melakukan tugas-tugas lain yang diperlukan untuk perusahaan.

“Saya harus bisa percaya diri melakukan apapun yang bisa membantu organisasi ini bertumbuh, seolah-olah ini perusahaan saya,” kata Patricia.

Apa saja hobi kamu? Pernah ada pengalaman dimana hobi dan karir kamu berkaitan?

“Saya paling senang musik, dan saya juga main gitar untuk mengiringi saya pas nyanyi. Saya main pianika juga, tapi semua orang juga bisa main itu hahaha…! Jadi saya memang lebih ke musik, dan juga video. Saya juga suka olahraga sedikit, seperti futsal dan Zumba, tapi itu jaman dulu.”

Ada sih momen ketika saya mengaitkan hobi ke pekerjaan saya. Tahun lalu saya dan tim membuat video musik untuk salah satu pemimpin kita yang inspiring banget, Karel Horak, CEO Home Credit Kazakhstan, sebelum dia ke Kazakhstan, dan kami memakai lagu This Is Me dari The Greatest Showman. Karena tahun lalu juga ada kontes video Home Credit, kami submit videonya dan kami menang! Nggak cuma itu, kami dapat kesempatan ke Praha dan itu asyik banget.

Terakhir, filosofi karir seorang Patricia apa, sih?

Filosofi saya sesederhana “Jadi diri yang sabar dan selalu positif.”