Page tree

Bagikan:  


Yuk kenalan lebih dekat dengan sosok Veni yang inspiratif di edisi Careerpreneurs ke-2 kita!

Nama Veni Hendarsih mungkin tidak asing bagi sebagian besar dari kita. Kita mengenal sosoknya sebagai VP Key Account yang smart dan berkarisma dalam memimpin timnya yang terdiri atas 10 orang.

Veni juga merupakan salah satu orang yang turut merintis bisnis kita di Indonesia. Dedikasinya yang luar biasa tentu berbuah manis, dan Veni telah mendapatkan promosi hingga 5 kali sejak bergabung di tahun 2013!

Yuk kenalan lebih dekat dengan sosok Veni yang inspiratif di edisi Careerpreneurs ke-2 kita!

Boleh cerita sedikit tentang perjalanan karirmu?

Saya mulai mengenal dunia Modern Channel sejak meniti karir sebagai Account Manager di PT Sandiarindo Utama lalu di PT Duta Firza. Pada tahun 2007, saya bergabung di tim Modern Channel Adira Quantum Multifinance. Saya berkarya di sana selama 4 tahun. Saya mendapat informasi tentang Home Credit dari seorang headhunter. Karena tertarik, saya pun mengikuti proses rekrutmen dan saya sempat diwawancarai langsung oleh CEO pertama kita, Ajay Bandhu. 

Apa yang membuatmu tertarik bergabung dengan Home Credit?

Sederhana saja: Home Credit adalah perusahaan multinasional. Berhubung saya belum pernah bekerja di perusahaan multinasional sebelumnya, ini adalah tantangan baru dalam perjalanan karir saya.

Boleh cerita tentang perjalanan karirmu di Home Credit?

Sejak bergabung, tanggung jawab utama saya yaitu menjalin hubungan dengan Modern Partner (atau mitra retail modern) di seluruh Indonesia. Setelah melaksanakan hal ini selama hampir 5 tahun, saya diberikan tantangan baru di awal tahun 2018, yaitu membangun hubungan dengan Non-Mobile Principal Partner.

Perjalanan Veni di Home Credit

Apa yang membuatmu berbeda?

Saya sangat menyukai pekerjaan saya. Mungkin ketika orang lain merasa terbebani dengan KPI-nya, saya justru enjoy dengan tanggung jawab ini.

Apa momen paling menantang dalam perjalanan karirmu dan bagaimana caramu menghadapinya?

Pada awalnya, perusahaan kita sempat tidak memiliki struktur manajemen yang jelas. Saat awal bergabung, saya sempat bingung siapa atasan langsung saya. Perusahaan kita juga dulu belum dikenal sama sekali. Tentunya cukup menantang untuk memperkenalkan wajah Home Credit ke para mitra saat itu. Saya beruntung karena selalu mendapat dukungan dari atasan saya. Hal ini yang memicu saya untuk tidak pernah menyerah untuk menggandeng mitra-mitra di Modern Channel tersebut satu per satu.

Value Home Credit mana yang paling sering kamu implementasikan?

Focused on Results.
Saya akan melakukan apapun (selama prosesnya halal tentunya) untuk membuat suatu pekerjaan berhasil terlaksana dengan baik. Sampai saat ini kita telah menggandeng lebih dari 80 Key Account Partner.

Be Entrepreneurial. 
Karena saya turut merintis bisnis kita di Indonesia, saya sudah merasa perusahaan ini seperti anak saya sendiri. It really hurts me, saat bisnis mengalami penurunan performa atau loss.
Apa itu ‘work-life balance’ menurutmu?

Hmm... Cara kita melihat work-life balance bergantung dari bagaimana kita mampu menyeimbangkan alokasi waktu kita untuk bekerja dan menikmati kehidupan di luar pekerjaan itu sendiri.

Berhubung saya sangat menyukai pekerjaan saya, saya merasa tidak pernah merasa keberatan untuk mengisi waktu luang atau akhir pekan saya bekerja. Bagi saya bertemu dengan mitra sama saja dengan bertemu teman. Keduanya sama-sama menyenangkan.

Apa sukses terbesar dalam perjalanan karirmu?

Bagi saya, sukses itu adalah momen di mana saya berhasil melewati setiap tantangan demi tantangan yang ada.

Pencapaian terbesar yang paling membuat saya bangga adalah ketika saya dan tim Key Account berhasil menggandeng mitra-mitra besar untuk Home Credit. Dari semua pencapaian ini, saya merasa sangat tersanjung saat atasan saya, Karel Horak (Chief Sales Officer kita) mengatakan “Veni adalah wajah dari Home Credit di mata para mitra kita”

Apa yang kamu suka dari bekerja di sini?
  • Komunikasi yang terbuka. Di sini saya tidak pernah segan untuk berdiskusi dan menyampaikan pendapat kepada siapapun.
  • Budaya Perusahaan. Perusahaan ini tidak banyak bermain politik dan saya menyukai itu.
  • Diversity Inclusion. Perusahaan ini sangat menghargai perbedaan dan di sini merasa bisa menjadi diri saya sendiri.
Apa filosofi karirmu?

Cintai pekerjaanmu!

Apa rencanamu dalam karir ke depannya?

Mempersiapkan suksesor sebanyak mungkin, sehingga tim Key Account lebih siap dan mature dalam segala aspek.

“Home Credit sudah mendarah daging dalam diri Veni. Kita bisa anggap dia sebagai duta perusahaan yang selalu memperjuangkan yang terbaik bagi perusahaan Veni juga telah menjalin hubungan yang solid dengan para Key Partners kita, membangun tim Key Account dengan luar biasa, dan menggandeng semua mitra retail modern di Indonesia. Dia bisa diibaratkan sebagai wajah dari perusahaan di hadapan para mitra kita. Veni juga sangat persisten dan selalu berusaha untuk memberikan hasil terbaik. Karena ia selalu mengambil tanggung jawab penuh atas pekerjaannya, menurut saya Veni sangat mewakili nilai “Be Entrepreneurial”. Karel Horak (Chief Sales Officer)