Page tree

Bagikan:  


Penasaran apa itu SAP dan manfaatnya buatmu? Yuk kenali SAP di sini!

Mengikuti jejak sukses Home Credit di Tiongkok dan India, mulai 16 November 2017 kita telah mensimplifikasi dan mengautomatisasi proses accounting dan controlling dalam bisnis melalui SAP.

Apa itu SAP?

SAP (System Application and Product in Data Processing) adalah suatu software yang dikembangkan untuk mendukung perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional secara lebih efektif dan efisien.

Apa Manfaat SAP?

Dengan software ini kita telah berhasil mengintegrasikan beberapa sistem yang digunakan dalam bisnis kita yaitu Autocount Accounting, Procurement Tracker, e-logistic, Warehouse Inventory Management System (WIMS), dan Sunfish sehingga mempermudah proses kontrol accounting yang dilakukan oleh tim Finance kita dan grup.

 Jaroslav Loskot (Project Manager) menjadi jembatan komunikasi antara kita dengan grup. Di Indonesia sendiri, proyek ini dikelola oleh Jhonson Anggawijaya (Jr. Project Manager) bersama dengan Yopi Ivanda (Head of FP & A), Defirso (General Affairs Services Sr. Manager), Indra Setiawan (HRIS Asst. Manager), Margaretha Triwi Harjanti (AVP Procurement), Andy Yonatan (VP Controller) dan Volker Giebitz (Chief Financial Officer) selaku Project Sponsor.

 Kick-off meeting dilaksanakan pada awal bulan April 2017 dan proyek ini go live pada pertengahan November setelah melalui beberapa persiapan, seperti diskusi proses bisnis (blueprint), infrastuktur, integrasi sistem, development, UAT, pelatihan mengenai SAP untuk semua PIC di masing-masing fungsi, dan migrasi data dari sistem lama ke SAP.

 “Tantangan terbesarnya adalah saat melakukan proses migrasi data, di mana data yang ada di masing-masing fungsi masih dikelola secara manual dengan sistemnya masing-masing dan tidak terintegrasi. Beruntung setiap proses didukung dengan komunikasi dan komitment yang sangat baik dari setiap departemen terkait, sehingga ketika ada kendala kita dapat mencari solusi dengan cepat” Jhonson Anggawjaya (Jr. Project Manager)

“Menemukan alignment antara best practice SAP yang telah diterapkan di berbagai perusahaan dengan standar proses bisnis kita tidaklah mudah. Setelah melalui beberapa proses adjustment antara kedua belah pihak, saya yakin apa yang telah kita siapkan akan menjadi best practice bagi perusahaan kita.” Yopi Ivanda (Head of FP & A)

 Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses realisasi SAP. Ayo buat kerja lebih sederhana dengan SAP!