Page tree

Bagikan:  


Kita semua tentu mau sukses, tapi kadang kita lupa bahwa kegagalan adalah bagian darinya. Ini dia kenapa kita nggak perlu takut gagal.

Sebagian besar dari kita takut gagal, rasanya kalau gagal, selesai sudah. Padahal kegagalan punya sisi positif juga, kegagalan bisa jadi pemicu inovasi. Jadi nggak perlu takut gagal, baiknya kita terima sebagai bagian dari proses menuju sukses. Sebagai perusahaan berbasis teknologi, salah satu nilai kami adalah #BeInnovative. Menjadi inovatif seringkali diikuti dengan rasa ingin tahu. Mencoba hal-hal baru dan melihat hal-hal dari sudut pandang yang berbeda pasti akan membuat orang yang paling cerdas pun tersandung. Tapi, inovasi nggak mungkin terjadi kalau kita nggak berhasil mengatasi masalah ini.

Salah satu contoh orang sukses dan inovatif yang berhasil menghadapi kegagalannya adalah Jack Ma, pendiri Alibaba. Tahukah kamu, ia pernah gagal di sekolah dasar dan menengah beberapa kali. Ia juga pernah gagal di universitas, ditolak oleh kepolisian bahkan suatu waktu ia melamar bekerja di KFC, dan dari 24 kandidat yang mendaftar, ia satu-satunya yang ditolak.

Pesan dari Jack-Ma adalah: Berhasil atau tidak, kita tidak boleh menyerah, jangan  mengeluh, dan terus mengembangkan diri kita. Nah, untuk mendorong keberanian menghadapi kegagalan, organisasi kami memberikan penghargaan, tidak hanya untuk proyek yang berhasil tetapi juga untuk mereka yang gagal.

Tentu tidak semua kegagalan boleh diterima. Mereka yang bermula dari kemalasan dan kelalaian harus sih nggak patut dicontoh. Untuk menekankan hal ini, kami mengelompokkan kegagalan yang berhak mendapatkan penghargaan ke dalam 5 kategori:

1. The Unlucky

Pernah nggak kamu merencanakan sesuatu dengan sangat detail tapi semuanya hancur  karena suatu hal yang tidak terduga? Misalnya gagal jalan-jalan karena penutupan jalan yang tiba-tiba? Nah, contoh kegagalan ini kita sebut The Unlucky.

Penghargaan ini diberikan kepada proyek yang gagal karena faktor eksternal dan bukan kesalahan yang dilakukan sendiri. Ketika seseorang telah memastikan bahwa semuanya sempurna, dari konsep, proses, hingga  eksekusi, dan tiba-tiba kehidupan melemparkan  perubahan yang tak terduga.

Kenapa kegagalan ini perlu kita berikan penghargaan?

Teman-teman mungkin sudah semuanya secara sempurna. Tapi begitulah hidup, hal-hal tak terduga datang ketika ... yah .. mereka paling tidak diharapkan. Tetapi menghadapi ketidakpastian dan ketakutan akan hal yang tidak diketahui, adalah yang harus kita lakukan untuk mendorong inovasi. Dengan melakukan ini, kami percaya bahwa orang-orang tidak akan begitu takut untuk mengemukakan ide-ide mereka dan bergerak mewujudkannya.

2. The Martyr

Dalam suatu kesuksesan, tentu ada mereka yang telah membukakan jalan. Setiap revolusi besar memiliki pengorbanannya. Inilah mereka, The Martyrs. Gelar ini diberikan kepada proyek-proyek yang gagal, namun berhasil menciptakan dasar untuk proyek-proyek sukses di masa depan.

Kenapa kegagalan ini perlu kita berikan penghargaan?

Trial and error adalah salah satu cara paling mendasar dalam belajar. Thomas Edison membutuhkan 1000 'kegagalan' sebelum menemukan cara terbaik untuk membuat bola lampu listrik. Kegagalan bukanlah tujuan akhir, namun merupakan suatu proses. Dengan menghargai The Martyrs, kami menghargai perjalanan menuju kesuksesan dan mendorong mereka untuk melanjutkan pertempuran.

3. The Broken-Hearted

Berpakaian bagus? Sudah! Mencari topik pembicaraan? Sudah! Pesan restoran terbaik? Sudah!

....

"Kayanya nggak cocok deh"

Pernahkah kamu mengalami ini? Kalau ya, kamu sama dengan para The Broken-Hearted! Ini adalah penghargaan  yang kami berikan untuk proyek yang tidak berhasil karena penolakan dari user.

Kenapa kegagalan ini perlu kita berikan penghargaan?

Kalau udah ngomongin soa perasaan ribet emang. Nah, para user adalah manusia juga dan karena satu dan lain hal, perasaan dan pikiran mereka bisa berubah nggak peduli seberapa sempurna proyek yang sudah dibuat. Kami menghargai The Broken-Hearted  agar mereka bisa lebih mendengarkan kebutuhan user.

4. The Mad Scientist

Katanya kita perlu bermimpi besar, tapi gimana kalau mimpi ini terlalu besar untuk kamu gapai? mungin kamu akan terjatuh. Penghargaan The Mad Scientist diberikan pada proyek-proyek yang gagal karena kapasitas yang kita miliki.

Kenapa kegagalan ini perlu kita berikan penghargaan?

Dengan usaha yang tentu sudah maksimal, kadang ada hal-hal yang belum kita kuasai seperti mengelola vendor ataupun memenangkan kesepakatan dengan pemerintah. Berpikir ke depan adalah salah satu komponen kunci dari inovasi dan kita perlu mendorong hal tesebut.

Ada hal yang perlu kita ingat tentang kegagalan. Ketika gagal, jangan berhenti terlalu dini, perlu diingat bahwa kegagalan hanyalah persiapan menuju kesuksesan. Yang penting, jangan melakukan kesalahan yang sama dua kali, dan percayalah bahwa masa lalu tidak selalu sama dengan masa depan. Kalau kamu gagal sekarang, nggak berarti akan gagal lagi nantinya.