Page tree

Bagikan:  


Yuk kita lihat apa saja kegiatan kita dalam mendorong adanya keberagaman dan keterlibatan!

Dimulai pada akhir tahun 2020, tim Learning and Development berdiskusi dengan berbagai individu dari level ExCo (Executive Committee) hingga Specialist.

Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan adalah:

  1. Apa arti keberagaman dan keterlibatan bagi kamu?
  2. Apakah menurutmu kita memiliki isu terkait topik tersebut? Jika iya, apa dan mengapa?

Responnya pun sangat menarik. Dalam hal keberagaman, ini merupakan sebuah hal yang sudah diyakini dan diterapkan di perusahaan. Sementara untuk keterlibatan, kita mungkin memiliki beberapa hal yang perlu ditingkatkan di area ini. Alasannya karena beberapa orang cenderung ragu untuk angkat bicara saat diperlukan. Adapun beberapa orang tampak nyaman hanya saat berada di sekitar "kelompok" mereka sendiri.

Oleh karena itu, pada tahun 2021 kami fokus pada dua tujuan;

  • Mendorong orang untuk berani angkat bicara dengan memahami dampak ketika mampu berbicara pada diri sendiri & organisasi, serta menciptakan lingkungan yang aman secara psikologis.
  • Mendobrak penghalang antara setiap orang dengan menyadari bias yang tidak kita sadari serta mendorong setiap orang untuk saling mengenal.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kita mulai dengan:

A Coffee Shop Story

Sebagai inisiatif baru di tahun 2021, kita menggunakan teknik story telling untuk membahas kasus yang terjadi di Coffee Shop fiktif bernama “Brave” dengan tokoh bernama Charlie sebagai pemiliknya. Salah satu barista-nya tidak senang dengan keputusan manajernya tetapi memilih untuk tidak angkat bicara. Mengapa ini terjadi? Apa dampaknya? Bagaimana cara berbicara secara profesional?

Dari sesi ini, kita juga tahu bahwa kebanyakan orang tidak angkat bicara karena ingin menghindari konflik.

Kami berdiskusi mengenai hal ini secara santai namun tetap kaya akan informasi dan wawasan baru. Seperti yang dikatakan salah satu peserta tentang sesi ini, hal ini membuat saya merenung dan belajar tentang bagaimana melakukan sesuatu dengan berbeda.”

Mau tahu lebih tentang topik ini? Baca artikel tentang Rangkaian Coffee Shop Story di sini!

Mengenal Unconscious Bias

Pernahkah kamu melebih-lebihkan pencapaian atau kesalahan seseorang? Jika iya, kamu mungkin memiliki bias yang tidak kamu sadari. Dalam sebuah kegiatan yang berjalan selama 30 menit, kami memperkenalkan 6 kebiasaan akan bias yang secara tidak sadar kita miliki kepada para peserta melalui beberapa contoh nyata. Waspada akan bias-bias tersebut merupakan langkah awal untuk menghindari kesalahan dalam menilai seseorang.

Mau tahu lebih tentang topik ini? Baca artikel tentang Unconscious Bias di sini!

Virtual Team Engagement – Saling Mengenal Satu Sama Lain

Apa itu engagement? Jawaban yang kami dapat dari sebuah diskusi kelompok ternyata sangat sederhana: “Saya ingin mengenal rekan-rekan saya lebih baik.” Oleh karena itu, mulai dari Agustus-September 2021, kami dari tim Learning & Development telah memfasilitasi beberapa acara virtual di berbagai departemen. Tujuan kami adalah mencari tahu apa yang dapat mempererat hubungan antar anggota sebuah tim.

Di salah satu kegiatan Team Engagement, kami membuat sebuah skenario. Kira-kira, manakah dari rekanmu yang kamu yakini bisa menjadi teman yang baik untuk menghadapi serangan zombie? Jawaban yang kami dapatkan ternyata cukup memberi wawasan baru. Dari situ, kami menemukan bahwa bermain games adalah cara yang sangat bagus untuk meningkatkan engagement tim.

Jika kamu tertarik untuk memiliki sesi seperti ini di tim kamu, silakan hubungi Noach Tobing (Head of Strategic Learning Partner & EE) di noach.tobing@homecredit.co.id atau Sanya Vidya Dharizky (Learning Development Officer) di sanya.dharizky01@homecredit.co.id