Page tree

Bagikan:  


Cari tahu cara kita membangun budaya inovasi di kantor!

Inovasi selalu jadi landasan dari semua yang kita lakukan, dan kita mau terus meningkatkan budaya itu dengan membawakan metode-metode baru dalam memperbaiki proses dan sistem dalam pekerjaan kita.

Jadi, gimana sih cara kita biar bisa lebih inovatif?

Nah, teman-teman kita di PPO mengadakan KAIZEN Quality Competition!

Acara ini menjadi salah satu cara kita untuk menyiapkan pola pikir yang mengacu pada improvement secara berkelanjutan. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas proses kita di tim Operations. Lalu, dikenalkanlah metode pemecahan masalah bernama PDCA. PDCA adalah sebuah metode manajemen yang terdiri dari empat langkah iteratif yang digunakan pada proses bisnis untuk kontrol dan peningkatan berkelanjutan dari proses dan produk.

Biar makin seru, dalam kompetisi ini peserta berkesempatan untuk menang hadiah-hadiah besar, lho!

Seleksi final KAIZEN diadakan selama dua hari, dari 2 Mei - 3 Mei, 2019 di lantai 10 di ruangan Maya Angelou.

Sebanyak 60 peserta dari Operations dan teman-teman dari PPO ikut serta di KAIZEN.

Setelah proses seleksi dan training PDCA selesai, para peserta lalu dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberikan proyek untuk mengimplementasikan metode PDCA dan dipresentasikan saat di momen kompetisi final KAIZEN.

Acara berlangsung baik dengan pembukaan dari Jaroslav Gaisler (Chief Executive Officer), Tomas Dudasko (Chief of IT & Operations) dan Simran Soni (Chief Commercial Excellence) dan beberapa SMT lainnya. Akhirnya presentasi final pun dimulai.

Selama rangkaian kegiatan KAIZEN, para peserta diberi materi pelatihan seperti; filosofi KAIZEN, pola pikir peningkatan berkelanjutan, metode pemecahan masalah, dan 7 quality tools.

Dua grup menjadi pemenang lewat presentasi proyek mereka. Yuk kita cari tahu siapa juaranya!

Drum roll please…

Juara 1: DOCTOR OS TEAM

Team Leader : Harun (Operations - Outbound Call Service)

Team Member : Endi Cahyadi (Operations - Service Improvement and Acceleration), Hadi Maolana (Operations - Quality Assurance)

Juara 2: EXCELLENT TEAM

Team Leader : Rosi Arca (PPO)

Team Member : Aprillia Lestari (Operations – Back Office Registration), Venty Meilina (Operations – Quality Assurance)

Selamat untuk juara KAIZEN kita!

Acara KAIZEN sukses! Para peserta kini memahami dan mengimplementasi PDCA lewat proyek mereka, mereka juga telah mampu meningkat kemampuan presentasi mereka, dan mengembangkan pola pikir improvement berkelanjutan.

“Kita memilih metodologi Kaizen karena relatif mudah dipahami dan dicerna, selain itu teman-teman jadi lebih bersinergi dengan transformasi Agile. Saya berharap inisiatif Kaizen bisa menyebar ke Function lain. Terima kasih banyak untuk kerja keras dan semangat peserta selama perjalanan Kaizen ini,” kata Jaroslav Gaisler (Chief Executive Officer).

“Kami mendapat pengetahuan baru tentang pemecahan masalah dan improvement berkelanjutan. Dua pengetahuan baru ini sangat bermanfaat apalagi saat kita implementasi langsung dalam proyek. Kami juga makin paham cara menggunakan metodologi PDCA. Pelatihannya sangat bagus dan menarik. Kesempatan ini juga membuka mindset teman-teman team leader kita yang telah membangun karir mereka dari nol” kata Endi Cahyadi (Operations - Service Improvement and Acceleration).

Terima kasih banyak untuk Departemen PPO: Wendy Sidharta (Process Improvement Sr. Manager) dan Santosh Panigrahi (AVP Customer Experience) sebagai inisiator kegiatan ini.

Tidak lupa terima kasih juga untuk Operation Head dan seluruh manajer Operations yang telah membawa pilot project ini di Function mereka dan telah sepenuhnya mendukung inisiatif Kaizen dengan harapan kita berubah menjadi lebih baik!

#WeEmpowerToInnovate