Page tree

Bagikan:  


Kenalan dengan Chief Operations & IT kita di edisi Meet Our SMT kali ini!

Boleh cerita bagaimana karir Tomas dimulai?
Karir saya dimulai sebagai seorang Dosen jurusan Teori Informatika (Theoritical Informatics) University Brno, Moravia Selatan. Fokus saya pada saat itu adalah mengajar tentang logika dan teori informatika. Setelah beberapa waktu, saya beralih karir jadi seorang Developer di sebuah perusahaan Telekomunikasi. 

Kenapa Tomas ingin bergabung dengan kita?
Home Credit menawarkan kesempatan untuk bekerja di perusahaan multinasional dan berinovasi dengan teknologi yang bisa membantu meningkatkan kualitas produk dan layanan kita.

Beralih karir dari seorang dosen menjadi developer bagiku merupakan pilihan tepat. Tidak banyak yang berbeda dari dua hal tersebut, keduanya memberi saya kesempatan untuk bertemu orang-orang kreatif, suka berinovasi, dan punya pikiran terbuka. Fokus menjadi seorang dosen yaitu membagi ilmu dan meningkatkan pengalaman mahasiswa menjadi lebih kaya dan menjadi seorang developer memberi saya kesempatan memperkaya pengetahuan saya yang nantinya bisa dibagi ke orang lain.

Saya tidak akan lupa hari saat salah satu mantan mahasiswa yang menelpon saya dan mengajak untuk bergabung dengan Home Credit. Langsung saya iyakan.

Saya juga sudah sempat bergabung di Home Credit Vietnam, India dan sekarang saya ada di Indonesia.

Dari 4 nilai perusahaan kita, menurut Tomas nilai mana yang paling mewakili seorang Tomas?
Innovative, dong! Saya selalu berusaha untuk mencari cara meningkatkan kinerja kita dengan teknologi untuk lebih baik. Inilah esensi dari menjadi sesorang yang inovatif: menjadi lebih cepat dan efisien.

Dengan membawa nilai ini di pekerjaan saya sehari-hari, saya dipertemukan dengan banyak orang yang suka tantangan dan senang berinovasi. Tidak ada bosannya, karena bisa bekerjasama dengan tim yang suka berbagi ide.

Hobi Tomas?

Memasak
Saya suka sekali memasak makanan tradisional dari Ceko. Di rumah saya juga banyak buku memasak dari negara-negara lain seperti Amerika Selatan, Asia, India, Cina, dan Italia! Saya paling suka memasak  Vepřo-knedlo-zelo (Daging babi dengan dumplings dan sayuran asam). Lalu, saya juga suka makanan Goulash.

Berolahraga Golf
Saya itu suka sekali bermain golf. Kadang saya sengaja bangun jam 5 pagi untuk bermain 18 holes agar bisa sampai di kantor sekitar jam 9 pagi. Kadang permainan gol ini juga bisa berlangsung lebih lama. Olahraga ini menenangkan karena saya tidak berkompetisi dengan siapapun. Hanya saya dengan alam.

Selama di Indonesia, saya sudah bermain golf di daerah Matoa, Cengkareng, dan Rancamaya.

Bermain Gitar
Sejak umur 17 saya sudah menjadi bagian suatu band dan sampai sekarang saya masih bermain gitar. Lagu favorit saya tentunya lagu tradisional dari Ceko.

Bermain Board Games
Saya juga suka bermain board games dengan tema strategi. Tapi saat saya sampai di Indonesia agak sulit mencari teman main karena belum banyak orang tahu mengenai permainan ini. Alasan kenapa saya suka main permainan ini ialah kepuasan saat menjadi seorang Game Master yang memimpin permainan. Seru saat bisa melihat yang bermain mencari solusi dari hal yang saya ceritakan saat bermain.

Makanan favorit?
Makanan Jepang dan Chinese!

Apa pencapaian terbesar dalam hidup Tomas?
Keluarga saya. Selain itu, perubahan pengalaman karir dari seorang dosen menjadi developer sepertinya menjadi hal yang saya banggakan.

Pertanyaan terakhir: Apa moto hidup a la Tomas?
Kita harus tahu tujuan kita dengan jelas. Apapun kegiatan yang dilakukan, baik itu berurusan dengan pekerjaan atau kehidupan pribadi. Pastikan kita tahu cara mencapai tujuan kita juga, kalau bisa berinovasi untuk meraih tujuan tersebut. Penting untuk kita melihat hasil. Kalau hasilnya nihil, artinya tujuan itu belum tercapai.