Page tree

Bagikan:  


Ingin tahu lebih jauh tentang Chief External Affairs kita? Simak di sini!

Anda mungkin mengenal Andy Nahil Gultom sebagai Chief of External Affairs kita yang sangat berpengalaman di bidang Government Relations, Public Affairs, dan CSR. Sebagai bagian dari Senior Management Team (SMT), Andy memimpin tim beranggotakan 4 orang. Tapi tahukah Anda bahwa Andy ternyata seorang Beatlemania (penggemar The Beatles) yang aktif bermain basket dan gemar mengoleksi tembakau unik dari seluruh dunia? Tak kenal maka tak sayang. Jadi, ayo kenalan lebih dekat dengan Andy di edisi Meet Our SMT kita kali ini!

Bagaimana Anda memulai karir Anda?

Sebelum bergabung dengan Home Credit, saya sempat bekerja di beberapa perusahaan multinasional dari industri yang berbeda-beda, seperti Pfizer (Farmasi), General Electric (Teknologi dan Manufaktur), dan Cargill (Agribisnis dan Kelapa Sawit). Saya sempat cukup lama di industri Tembakau, yaitu di British American Tobacco (BAT). Di sana saya banyak menangani External Relations, Government Relations, Public Affairs, serta CSR.

Boleh cerita kenapa Anda bergabung dengan Home Credit?

Saya mempunyai passion dalam membentuk suatu kebijakan dan menemukan win-win solution antara sektor pribadi dengan Negara sendiri untuk keuntungan kedua belah pihak. Saya bergabung dengan Home Credit karena perusahaan ini menawarkan adrenaline rush tersendiri. Saat bergabung, saya diberikan tantangan untuk membangun fungsi yang sama sekali belum pernah ada dan hal tersebut menjadi hal baru dalam perjalanan karir saya. Setelah 3 tahun, saya merasa pengalaman saya semakin kaya, karena saya banyak memperoleh kesempatan untuk membantu orang-orang secara profesional dan personal di perusahaan ini. Home Credit menawarkan saya kesempatan untuk memberi kontribusi secara langsung pada banyak orang.

Deskripsikan Home Credit dalam 3 kata!

Persisten, Berbeda dan Dinamis.

Apa Hobi Anda?

Saya sudah menggemari The Beatles sejak usia 7 tahun. Oleh karena itu saya senang mendengarkan musik lawas dan mengoleksi memorabilia dan buku-buku dari Beatles. Ngomong-ngomong koleksi, saya juga senang koleksi tembakau-tembakau unik. Saat ini saya sudah koleksi hampir 2000 tembakau yang berbeda. Saya juga menyukai sejarah, peradaban budaya, geografi dan arkeologi. Saat ini saya tergabung dalam salah satu komunitas sejarawan yang rutin memikirkan pelestarian bangunan bersejarah di Indonesia.

Bagaimana dengan olahraga?

Konsep olahraga menarik buat saya karena ada prinsip “selalu ada langit di atas langit”. Di olahraga kita dipaksa untuk menerima kekalahan dan mengakui kelebihan lawan. Dan tidak ada sebuah pengulangan sejarah di mana juara 1 dianulir dan runner-up nya naik menjadi juara 1 secara otomatis, bahkan dalam kasus doping sekalipun. Dengan prinsip tersebut, kita belajar untuk menerima kondisi apapun dengan lapang dada dan tidak banyak mengeluh, karena hanya kerja keras kita yang dapat menolong kita di kesempatan selanjutnya. 

Makanan favorit Anda?

Nasi goreng kambing!

Apa pencapaian terbesar dalam hidup Anda?

Pencapaian pribadi saya adalah ketika setiap harinya saya dapat melakukan 1 perbuatan baik dan juga mengembangkan orang lain, baik secara personal maupun profesional. Pencapaian saya yang lain yaitu di usia 28 tahun, saya berhasil menghasilkan buku pertama saya berjudul “Celah-Celah Profit di Forex Market”, diterbitkan oleh Gramedia.

Pertanyaan terakhir: Apa moto hidup Anda?

Diam itu emas...