Page tree

Bagikan:  


Baca kisah Chief Sales Officer kita di edisi Meet Our SMT kali ini!

Gimana Eko Bramantyo memulai karirnya?

Sewaktu saya lulus dari University of Western Sydney, saya tidak berencana untuk bekerja di Indonesia jadi saat saya kembali ke Indonesia dan melamar pekerjaan, saya selalu menanyakan satu hal “Ada jalan-jalannya gak?” Yang tidak memberi tawaran ini, saya tolak.

Waktu itu di Philips, ada posisi Jr. Product Manager. Keren nih saya pikir, jadi saya melamar di sana dan saya tanya hal yang sama. Mereka jawab “Pahami bisnis kita setidaknya 3 bulan, setelah itu kamu bisa keliling dunia” tanpa pikir panjang, saya terima. Pada tahun 1997, saya memulai perjalanan 12 tahun saya di Philips di mana saya banyak manage produk mereka dari Home Appliances hingga Consumer Electronics.

Setelah 12 tahun di sana, saya beralih dari perusahaan multinasional ke salah satu Badan Usaha Milik Negara, Telkom. Tentunya ada perbedaan budaya kerja dengan perusahaan sebelumnya. Di Telkom saya belajar untuk mengatur hal-hal yang lebih kompleks. Saya berotasi dari Sales, Marketing, Customer Service, Operations, Content Management, hingga ke Finance.

Saya bekerja di Telkom selama 2 tahun, sampai yang terakhir sebelum Home Credit saya bergabung dengan Mayapada Group sampai 2015. Baru setelah itu, saya bergabung dengan Home Credit. Jaroslav Gaisler, Chief Executive Officer Home Credit Indonesia dan Karel Horak, Chief Executive Officer Home Credit Kazakhstan meyakinkan saya untuk ambil posisi senior di Sales. Sejak saat itu saya mulai memimpin tim Sales.

Bagaimana Eko Bramantyo bergabung dengan Home Credit Indonesia?

Home Credit itu punya daya tariknya sendiri bagi saya, dulu perusahaan ini masih kecil, belum banyak yang tahu, tapi sejak saat itupun kita sudah berambisi untuk jadi perusahaan pembiayaan nomor 1. Saya belum ada pengalaman di financing waktu itu, tapi saat saya melihat logo merah Home Credit itu menarik buat saya. Biasanya, perusahaan dengan atribut merah terkenal sebagai pemimpin di pangsa pasar Indonesia. Ada semacam feng shui disitu.

Satu hal lagi yang menarik saya untuk bergabung adalah ketika saya bertanya Home Credit itu apa, jawabannya “Kami adalah perusahaan berbasis teknologi.” Saya percaya bahwa perusahaan teknologi akan meng-akselerasi hidup kita. Perusahaan yang saat itu masih kecil tapi telah mengedepankan teknologi untuk pelanggan ini mendorong saya untuk bergabung.

Menurut Eko Bramantyo, dari 4 nilai perusahaan kita, Nilai mana yang paling merepresentasikan Eko?

Yang jelas Focused on Results. Seperti di tim Sales, orang-orangnya perlu fokus dalam mengejar target. Target itu selalu ada, kita harus mewujudkannya. dan untuk bisa menggapainya, kita harus yakin dengan usaha kita.

Saya percaya bahwa bekerja di Sales bukanlah suatu beban, tapi sebuah cara untuk memberi manfaat buat orang lain, karena dengan meningkatkan penjualan, kita juga membantu pertumbuhan tim Collection dan function support lainnya.

Saat Sales jatuh, tentunya berdampak ke Function lain. Inilah kenapa Focused on Results adalah nilai yang saya pegang untuk meningkatkan Sales. Nilai ini juga tumbuh dan hidup di tim Sales kita.

Apakah hobi Eko Bramantyo?

Saya sangat senang mobil cepat. Saya suka bongkar-pasang mobil, dan saya selalu menikmati adrenalin yang muncul darinya. Mobil favorit saya adalah Mercedes-Benz, nggak mau dan nggak pernah berubah. Kebetulan punya saya spesial, karena Mercedes-Benz jenis C-class saya dimodifikasi dengan mesin mobil balap. Saya banyak dimarahi orang karena dianggap lupa umur, hahaha….

Hobi lainnya yang sudah tidak bisa dilakukan lagi adalah menjadi pemandu travel. Saya dulu suka menemani turis hiking di gunung. Klien saya paling banyak dari Eropa dan Amerika karena mereka sering datang.

Apakah makanan yang paling disukai Eko?

Saya suka bakso dan kopi. Makanan ini selalu berhasil menyatukan orang-orang. Hal ini juga mendasari keputusan saya dan adik saya membuka bisnis kuliner dan kafe di Malang. Ini membantu saya bertemu orang-orang baru, ngobrol dengan mereka tentang bisnis.

Apakah pencapaian terbesar Eko?

Tentunya menjadi bagian dari tim Home Credit. Kita berhasil meningkatkan pangsa pasar kita dari 5% hingga hampir 60%. Ini adalah kesuksesan yang tak terlupakan.

Apakah prinsip hidup Eko Bramantyo?

Karena saya orang Jawa, saya mengikuti prinsip stabilitas. Ada 3 hal penting dalam hidup: harmoni dalam keluarga, Tuhan YME, dan masyarakat. Ketika kamu mempertahankan stabilitas dalam setiap aspek tersebut, karirmu akan ikut melejit.