Page tree

Bagikan:  


Yuk kenalan lebih dekat dengan sosok pria yang akrab disapa Majra ini di edisi Meet Our SMT kali ini!

Agak jarang kita bertemu dengan orang asing yang bisa menikmati santapan pedas khas Indonesia. Namun siapa sangka Miroslav Hlavac, Chief of Marketing & Strategy Officer kita, justru hobi menyantap makanan pedas? Yuk kenalan lebih dekat dengan sosok pria yang akrab disapa Majra ini di edisi Meet Our SMT kali ini!

Bagaimana Anda memulai karir Anda?

Sebenarnya saya tidak pernah menduduki bangku kuliah. Setelah lulus SMA, saya mengikuti wajib militer di Ceko, kemudian pindah ke Praha untuk mencari kerja. Saya pertama bekerja di Carrefour sebagai Helper. Secara tak sengaja, saya bertemu seorang pria Irlandia yang bekerja di Citibank. Saya membantunya menyelesaikan beberapa masalah dan kemudian ia tertarik mempekerjakan saya di Citibank. Dari situlah, karir saya di dunia keuangan dimulai.

Boleh cerita kenapa Anda bergabung dengan Home Credit?

Ketika saya diajak bergabung dengan Home Credit, jujur saya tidak menyadari seberapa besar perusahaan ini. Saat itu reputasi Home Credit kurang baik di Ceko dan saya kurang tertarik. Tapi saya lalu berubah pikiran karena mempertimbangkan bahwa perusahaan ini ada di di beberapa negara dan berkembang cepat. Saya pertama bergabung dengan Home Credit di Ceko sebagai Business Development Project Manager. Pekerjaan saya itu yang menuntut saya ke berbagai negara untuk mengelola beberapa proyek, hingga saya akhirnya tiba di Indonesia. 

Bagaimana pendapat Anda tentang 4 nilai perusahaan kita? Nilai mana yang paling Anda sukai?

Menurut saya, nilai yang paling mewakili diri saya adalah Entrepreneurial. Saya tidak pernah menyusun rencana karir ataupun menargetkan posisi tertentu. Saya percaya bahwa kita harus bekerja sebaik-baiknya. Tidak ada istilah “beruntung”. Semua bergantung pada seberapa kerasnya usaha dan juga seberapa konsistennya Anda menjaga performa kerja dari awal hingga akhir. Anda tidak perlu meminta promosi. Promosi akan datang sebagai bentuk pengakuan atas kinerja Anda. Nilai Be Focused on Results juga sangat berkesan bagi saya, karena saya senang melihat hasil yang nyata – sesuatu yang sebelumnya tidak ada menjadi ada dan sesuatu yang rusak diperbaiki. Bagi saya, kepuasan sesungguhnya ada di saat kita berhasil menyelesaikan sesuatu dan saya suka melihat orang-orang merayakan pencapaian timnya.

Apa Hobi Anda?

Saya tidak ingin terkesan klise dengan bilang "bekerja adalah hobi saya" tapi sebenarnya saya memang menyukai pekerjaan saya dan terkadang saya sama sekali tidak keberatan menghabiskan waktu luang saya dengan bekerja. Saya aktif di media sosial karena banyak hal menarik di sana. Saya suka membaca hal-hal yang berhubungan dengan bisnis, pemasaran, manajemen umum, dan psikologi di tempat kerja. Di waktu luang, saya suka menonton film science-fiction, biografi, dan juga film mafia seperti The Godfather. List film favorit saya tidak ada batasnya, tapi saya sangat menikmati film dari Martin Scorsese atau Quention Tarantino.

Bagaimana dengan memasak?

Oh saya suka masak! Saya suka memasak sejak usia 16 tahun. Saya belajar secara otodidak dan banyak bereksperimen, jadi saya tidak pernah mengikuti resep baku ketika memasak. Jenis masakan saya juga berubah-ubah. Dulu saya sering memasak masakan India, tapi sekarang saya lebih sering memasak masakan Italia atau fusion Asia.

Makanan favorit Anda?

Apapun dengan mie! Karena saya dulu pernah tinggal di India, saya terbiasa dengan makanan pedas dan sampai sekarang pun saya sangat suka makanan pedas.

Apa pencapaian terbesar dalam hidup Anda?

Belum ada yang benar-benar saya anggap sebagai pencapaian dalam hidup saya. Tapi saya bersyukur dengan perjalanan hidup saya sejauh ini, yang telah membawa saya tinggal di 4 negara dengan kultur yang berbeda. Kesempatan itulah yang membuat saya lebih cepat beradaptasi, lebih luwes, dan lebih siap dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup di masa depan.

Pertanyaan terakhir: Apa moto hidup Anda?

Lakukan yang terbaik dalam segala hal tanpa berharap balasan. Dan bersemangatlah untuk belajar hal baru!

Apa yang tidak kamu ketahui tentang Majra 

“Majra itu langganan makan siang di Starbucks. Menu makan siangnya: kopi hitam.”

Iqbal Ananda Hardana (Customer Insight Manager)

“Saat senang, Majra mengakhiri e-mailnya dengan kata ‘Cheers’. Dalam konteks yang lebih serius, kata-katanya berubah menjadi ‘Thanks’.”

Boy Al Idrus (Pricing Assistant Manager)

“Majra mengoleksi ratusan meme di HP nya. Kita menjulukinya Chief Meme Officer”

Bambang Susanto (Creative Services Manager)