Page tree

Bagikan:  


Ini dia contoh ide inovatif untuk buat bisnis kita lebih berkembang lagi!

Kenalan dengan tim Efficiency Mavericks! Tim yang beranggotakan Jasdeep Singh, Febiyanti Ratnasari, Konstantin Edunov, dan Yunita Gozali salah satu tim yang ikutan Innovation Festival.

Cari tahu inovasi apa yang mereka yang lakukan untuk membantu bisnis kita semakin maju!

Apa sih di balik nama Efficiency Maverick?
Di awal program sekitar bulan September-Oktober, ada beberapa kategori yang diberikan ke masing-masing tim. Nah, waktu itu kita pilih kategori untuk meningkatkan bisnis efisiensi, akhirnya kata efficiency terpilih. Sedangkan Mavericks itu karena kita setuju kalau itu terdengar keren dan Tom Cruise sempat main di film yang keren banget dengan nama tersebut! Jadilah nama Efficiency Mavericks muncul! Hahahaha…  

Kenapa tim kalian mau ikutan Innovation Festival?
Kita ingin membawa ide-ide baru dan memberdayakan orang lain untuk jadi inovatif juga. Menurut kita, kegiatan dan proyek yang kita ajukan sejalan dengan nilai perusahaan kita  “Innovative”. Saat ini perubahan terjadi begitu cepat, maka dari itu inovasi jadi penting. Nah, jadi makin semangat belajar berinovasi, deh…

Apa inisiatif yang kalian ajukan dalam program?
Kami menginisiasikan dashboard SIAP (Service Information Access Portal).

“SIAP adalah dashboard berisi semua informasi penting untuk teman-teman operator yang ada di satu tempat,” kata Jasdeep Singh (AVP Online Process Manager). 

Saat ini operator kita menggunakan 9 sistem dan program yang berbeda saat berbicara dengan pelanggan lewat telepon.

Dalam proses riset awal, banyak responden yang bilang bahwa operator harus menggunakan beberapa windows berbeda. Oleh karena itu, tujuan utama dari proyek ini ialah membuat single window screen karena kita percaya hal ini dapat membantu operator untuk memberikan pelayanan terbaik ke pelanggan.

Dalam proposal yang kami ajukan, para operator akan bisa mengakses semua informasi dengan mudah di satu tempat sehingga pelanggan bisa mendapatkan informasi dengan cepat.

Bagaimana pengalaman kalian sebagai satu tim? Ada kesulitan yang muncul?
Luar biasa banget pengalamannya!

“Komitmen untuk fokus menyelesaikan proyek ini menjadi kunci utama, walau jadwal yang sibuk. Kita akan saling update dan mendelegasikan tugas. Walau terkadang sulit untuk bertemu di hari kerja, kita pernah janjian di waktu weekends untuk sekedar diskusi,” kata Yunita Gozali (Quality Assurance Manager)

Kami percaya bahwa proyek ini dapat memberi solusi penghematan cost  dan kepuasan pelanggan.

Misalnya, teman-teman operator bisa mengurangi kesalahan informasi yang berdampak penilaian performa dan benefit mereka.

Proyek ini juga akan menghemat kebutuhan beberapa hal teknis seperti desktop, lisensi Genesys, infrastruktur, dan biaya teknis lainnya.

Dari simulasi yang telah kami lakukan, efisiensi signifikan berkurang 30-40% dalam proses penanganan telepon operator, sehingga membantu pelanggan kita mendapatkan informasi lebih cepat. Nah, jadinya win-win solution deh!

Ada hal lain yang ingin disampaikan?
“Proyek ini tidak akan berhasil tanpa feedback, waktu, dan dukungan teman-teman Operations,” tambah Konstantin Edunov (VP Sales Back Office). 

Sebagai pemenang di Innovation Festival, tim berkesematan untuk belajar dari beberapa perusahaan inovatif di Swedia dan Ceko. Gimana rasanya?
Pastinya senang banget punya kesempatan untuk mengunjungi Spotify dan beberapa perusahaan lainnya di Ceko.

“Harapannya setelah kembali nanti, kita bisa membagi pelajaran yang kita dapatkan ke teman-teman di sini,” kata Febiyanti Ratnasari (IT Analyst Manager).