Page tree

Bagikan:  


Yuk baca tentang 7 tahun pengalaman berkarir Stepan dengan kita di sini!

Gimana Stepan Kares memulai karirnya?

Kembali ke waktu saya lulus kuliah, saya pertama ke San Francisco dan bekerja di sana selama 2 tahun. Saya mengerjakan beberapa hal termasuk membuat situs web dan pekerjaan IT lainnya.

Setelah itu saya pindah kembali negara asal saya di Ceko selama beberapa tahun untuk bekerja di perusahaan asuransi di bawah PPF Group. Saya mendapat kesempatan untuk bekerja sebagai Senior IT Analyst dan menjadi bagian dari tim yang fokus di proyek internasional. Jadi di saat itu, kita melakukan proyek IT untuk perusahaan asuransi Ceko yang punya cabang di Rusia, Kazakhstan, Ukraina, dan Belarus.

Setelah beberapa tahun di sana, saya pindah ke Rusia untuk bekerja di perusahaan asuransi Ceko lainnya, Generali di bawah PPF. Pengalaman ini cukup berdampak karena saya menjadi Head of Analytical Department memimpin tim yang terdiri dari 15 analyst. Tapi petualangan karis saya semakin seru waktu bergabung dengan Home Credit Indonesia.

Saya datang ke Jakarta di bulan Juni 2012, dan saat itu belum ada Home Credit Indonesia. Kita masih dalam proses pengajuan lisensi, dan masih sangat startup. Akhirnya kita membuka bisnis kita di tahun 2013, dan sekarang saya telah menjadi bagian dari tim selama 7 tahun.

Apa alasan Stepan Kares bergabung dengan Home Credit Indonesia?

Saya mau mencoba hal-hal baru, untuk dan membangun sesuatu dari nol. Saya pindah dari posisi penting sebagai Head of Analytical Department di Rusia untuk jadi single analyst tanpa siapapun di tim. Cuma saya sendiri. Kita baru mulai rekrut orang-orang baru beberapa bulan kemudian.

Saya juga mau mencoba lingkungan baru. Saya sudah menjajaki Eropa dan Amerika Serikat, jadi belum banyak pengalaman Asia. Saya melihat waktu itu ada kesempatan besar di Indonesia karena negerinya sedang berkembang. 

Saat itu Home Credit India sudah mulai beroperasi. Filipina belum mulai, jadi Indonesia adalah negara yang mereka tujukan untuk membentuk tim. Saya dapat tawarannya dan pilih Indonesia. Sekarang ini adalah karir terpanjang saya bekerja di satu perusahaan.

Menurut Stepan Kares, dari 4 nilai perusahaan kita, nilai mana yang paling merepresentasikan kamu?

Yang paling dekat dengan saya adalah Focused on Results. Untuk mencapai sesuatu kamu harus mau melakukannya. Sesuatu nggak akan berubah dengan sendirinya. Kamu harus bisa mengawasi hal-hal yang kamu lakukan dan dilakukan dengan benar. Kamu harus melakukan banyak hal dengan dirimu sendiri, tapi kalau dilakukan dengan baik akan membawa hasil yang bagus. Jadi saya rasa ini nilai terkuat saya.

Apakah hobi Stepan?

Umumnya saya suka jalan-jalan. Semangat berjelajah itu menarik buat saya. Ini yang membuat saya mau bekerja di Amerika Serikat, Rusia, dan sekarang di Indonesia. Pastinya, saya senang menghabiskan waktu bersama keluarga misalnya pergi scuba diving bersama mereka.

Saya juga suka bermacam jenis olahraga seperti ski karena saya berasal dari desa kecil dekat perbukitan. Saya juga dulu terbiasa bersepeda ke sekolah. Ini jadi kebiasaan yang saya senang lakukan di Jakarta juga.

Tapi hobi terfavorit saya itu bermotor. Saya sudah menggunakan motor sejak muda, dari mesin 50cc sampai 150cc dan seterusnya. Bahkan saya pernah jalan-jalan keliling Eropa bersama istri cuma dengan motor saja. Karena sekarang saya tinggal di Jakarta, pergi kemana-mana lebih mudah dengan motor. Sejak hari pertama saya di sini, saya membeli motor Honda Mega Pro. Sekarang saya sudah menggunakan motor ini untuk pergi kerja selama 7 tahun terakhir.

Apakah makanan yang paling disukai Stepan?

Saya suka banyak jenis makanan, jadi nggak ada favorit. Saya suka makanan dari negara saya, makanan Italia, atau makanan Asia  seperti kari dengan kelapa dan kemangi darii Thailand. Untuk makanan Indonesia saya sukanya daging rendang. Tapi, saya nggak terlalu suka makanan jalanan di sini karena saya nggak suka gorengan. Kalau kamu menggoreng makanan, vitaminnya hilang dan kurang sehat.

Apakah pencapaian terbesar Stepan?

Saya punya keluarga, istri, dan anak-anak yang saya sayangi. Saya punya pekerjaan yang saya suka karena diberi kebebasan untuk berpikir dan melakukan apapun. Saya rasa itu pencapaian yang bagus.

Apakah prinsip hidup Stepan Kares?

Kamu harus mencoba semuanya. Saat kamu belajar dan melakukan sesuatu sendiri, pengalaman ini akan selamanya bertahan. Beda dengan membiarkan orang lain melakukannya untuk kamu, karena kamu nggak akan menyimpan apa yang kamu pelajari untuk selamanya.