Page tree

Bagikan:  

Apa saja ilmu yang didapat Team Leader dan Manager dari Leaders Café? Baca kisahnya di sini!

Pada akhir Juli 2017 lalu, para Manager dan Team Leader baru saja menyelesaikan Review Kinerja Tengah Tahun dan memberikan penilaian kepada anggota tim mereka. Kemampuan untuk dapat memberikan umpan balik atau feedback sangatlah penting, karena hal ini dapat memotivasi para anggota tim untuk dapat memaksimalkan potensi mereka demi mencapai target Key Perfomance Indicator (KPI).


Dalam bukunya yang berjudul “Primal Leadership: Realizing the Power of Emotional Intelligence” (atau “Primal Leadership: Kepemimpinan berdasarkan Kecerdasan Emosi”), Daniel Goleman berpendapat bahwa salah satu ciri lingkungan kerja yang baik adalah saat pemimpin mendorong adanya komunikasi terbuka. Hal ini dimulai dengan adanya keterbukaan dari pihak pemimpin untuk mendengar, dan menggali feedback.


Berangkat dari latar belakang tersebut, Human Resources menginisiasi kegiatan Leaders Café sebagai wadah agar para Team Leader dan Manager mampu menambah wawasan dan mempertajam kemampuan mereka dalam memberikan feedback bagi anggota tim. Acara yang mengusung tema “Pentingnya Memberikan Feedback yang Efektif” ini telah diadakan sebanyak 2 kali yakni di hari Jumat tangga 21 dan 28 Agustus 2017 dengan pembicara Animesh Narang (Chief CRM Officer) dan Karel Horak (Chief Sales Officer). Suasana Leaders Café terasa hangat dengan adanya sharing session dan secangkir kopi Starbucks yang telah disediakan oleh panitia.

Dalam sesi yang dibawakan oleh Karel, beliau mengenalkan istilah “selfie-feedback” pada peserta, yaitu proses seorang individu di mana yang bersangkutan merefleksi dan mengevaluasi diri sendiri. Menurut Karel, dalam memberikan feedback, sangatlah penting untuk menjaga komunikasi terbuka. Para pemimpin juga harus selalu menghargai pemberian feedback secara spontan maupun konstruktif.


Acara yang diselenggarakan oleh tim Learning & Development dan HRBP dari Human Resources ini diikuti oleh lebih dari 50 peserta dari berbagai Function dan memberikan kesan tersendiri bagi masing-masing peserta.

Mari budayakan memberi feedback secara positif agar tercipta lingkungan yang suportif dan terbuka!