Page tree

Bagikan:  


Bersiap untuk Ramadan yang Sehat!

Selama bulan Ramadan, kita harus menahan haus dan lapar sepanjang hari. Wajar, kalau kita merasa lelah atau mengantuk tapi ini nggak boleh jadi alasan untuk nggak produktif, dong! Konsumsi makanan bernutrisi saat sahur dan berbuka merupakan kunci agar kondisi tubuh tetap prima saat berpuasa.

Nggak ada yang berbeda dengan jumlah asupan gizi yang dikonsumsi selama bulan Ramadan. Nah, yang membedakan hanyalah waktu mengonsumsinya.

Saat sebelum tidur coba untuk mengkonsumsi makanan seperti:

  • Yogurt
  • Susu
  • Buah segar
  • Dark chocolate

Makanan tersebut dapat meningkatkan kualitas tidur hingga saat sahur tiba

Lalu, sajian apa yang bisa kamu buat saat sahur?

Resep 1: Kembang Kol Siram

Cara membuat:

  1. Tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga harum
  2. Masukkan ayam/daging/protein favorit lainnya hingga matang
  3. Tambahkan tahu/tempe atau protein favorit lainnya
  4. Masukkan saus tiram, garam, merica bubuk, dan air
  5. Tambahkan kembang kol lalu aduk rata hingga matang

Resep 2: Pokcoy Tumis Otak-otak

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih, bawang Bombay, dan jahe hingga setengah layu
  2. Masukkan pokcoy, jagung, jamur, otak-otak, dan cabai. Kamu bisa menambahkan bahan lainnya sesuai dengan selera
  3. Tambahkan saus tiram, saus sambal, kecap ikan, merica, dan gula. Aduk hingga rata
  4. Tambahkan sedikit air (1/4 gelas) lalu tunggu hingga matang

Dijamin menggugah selera makan dan bikin sahur kamu lebih seru.

Bagaimana dengan buka puasa? Poin terpenting adalah jangan rakus karena pencernaan kamu bisa terganggu. Lalu, rekomendasi makanan apa yang bisa dikonsumsi saat waktu buka puasa telah datang?


Awali dengan minum segelas air hangat atau teh tawar hangat sehingga lambung siap untuk memproses asupan makanan. Tunggu sekitar lima hingga sepuluh menit lalu konsumsi makanan manis dengan karbohidrat sederhana seperti kurma. Tubuh akan memproses glukosa dari kurma untuk mengganti cadangan gula yang terpakai saat berpuasa.


Jangan lupa asupan protein, karbohidrat, dan lemak sehat seperti rekomendasi saat sahur. Perhatikan porsi makan, takaran serat, vitamin, dan mineral dengan mengonsumsi buah-buahan.

Jadi, resep apa yang bisa diracik untuk berbuka?

Resep 3: Kangkung Tumis Jamur

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih dan cabai merah hingga harum
  2. Tambahkan taoco (tergantung selera)
  3. Masukkan kangkung dan jamur lalu aduk hingga setengah layu
  4. Masukkan garam dan merica sesuai selera, aduk rata, dan tuang air hingga matang

Resep 4: Mie Goreng Sukiyaki

Cara membuat:

  1. Tumis bawang Bombai dan bawang putih hingga harum
  2. Masukkan daging sukiyaki (bisa diganti dengan ayam atau bagian daging lainnya sesuai selera)
  3. Tambahkan telur dan wortel
  4. Tambahkan sayuran favorit lalu masak hingga layu kemudian tuang air hingga mendidih
  5. Masukkan lo mie (atau tipe mie lainnya), saur tiram, kecap asin, garam, merica, dan gula pasir sesuai selera
  6. Masukkan minyak wijen dan daun bawang serta seledri saat akan disajikan

Pastikan stamina terjaga selama bulan Ramadan dengan asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga produktivitas bekerja dengan optimal.