Page tree

Bagikan:  


Penasaran seperti apa tim Business Intelligence kita? Yuk baca di sini!

Cerita sedikit dong tentang tim kamu

Tim kami dibentuk di tahun 2015 oleh Tomas Vitek (VP Digital Technology.) Awalnya lingkup kerja kami lebih kecil, dimana kami meyiapkan data warehouse dan membangun laporan utama. Tapi seiring berjalannya waktu dan berkembangnya tools, lingkup pekerjaan kami juga berkembang. Kami sekarang mengurus integrasi data, eksplorasi data, dan deretan mengembangkan tools baru untuk membantu proses kami.

Jadi Business Intelligence tuh awalnya dibentuk sebagai pusat kompetensi untuk mendukung tim Sales, Marketing, Risk, dan yang lainnya dalam membuat dashboard laporan untuk data analyst mereka. Biar lebih simpel, tujuan awal kami adalah membentuk tim yang memiliki pengetahuan untuk meng-struktur data.

Apa dampaknya tim kamu untuk bisnis?

Kami mengatur distribusi data di perusahaan ini. Salah satunya, data warehouse supaya kami dapat memberikan data untuk setiap departemen yang membutuhkan.

Basic idea-nya adalah kami menjadi pusat kompetensi di perusahaan ini yang berhubungan dengan B.I.. Kami bantu memecahkan masalah dengan tools B.I., sumber data, laporan, dll.” kata Riadi Surya, (Business Intelligence Senior Manager).

Kami juga melihat diri kami sebagai jack-of-all-trades. Setiap kali departemen lain butuh masalah yang dipecahkan, kami coba membantu sebisa kami.

Ada tantangan yang dihadapi? Cara mengatasinya gimana?

Kami berkolaborasi dengan departemen lain, dan tantangan yang dihadapi biasanya masalah prioritas. Kami tahu apa yang direncakan dan kami berkolaborasi, tapi dalam perjalanannya bisa saja terjadi perubahan dari tim lain, sehingga kami harus sesuaikan waktu dengan mereka. Nah, kan delay deh.

Nah balik lagi ke ide awal kita sebagai tim, kami yang bertanggung jawab untuk mengelola dan memusatkan data di perusahaan ini. Kami menstandarisasi definisi data, tapi karena kami juga mendukung operasional, kadang-kadang prioritas kami jadi campur aduk. Apakah mau fokus ke aspek bisnis dulu atau data governance?

Untuk mengatasi ini, kami sebagai pemilik produk diskusi dulu dengan bisnis untuk menghindari konlik kebutuhan. Kalau justifikasinya lebih menguntungkan perusahaan, kami prioritaskan itu duluan.

Apa yang membuat tim ini spesial buat kamu?

Kerja di B.I. itu rasanya mudah untuk komunikasi dan ngobrol dengan sesama anggota tim. Semuanya senang bertanya dan ditanya. Diskusi seringkali asyik, baik saat kerja atau di luar kerja.

Mungkin ini datang dari budaya yang dibawakan Tomas, sebuah konsep kekeluargaan. Kami bebas untuk berkomunikasi dan memberi keluh kesah ke bos kami, dan kami terbiasa dengan tidak dibatasi. Kami diskusi tentang apa aja, dan terdorong untuk belajar.

Ada gebrakan atau proyek yang mendatang?

Kami sedang mencoba membentuk sesuatu yang kami targetkan sebagai data governance yang nantinya bisa memandu seluruh analyst di perusahaan kita untuk membuat laporan dengan standar yang sama. Standar yang kami maksud adalah data yang nggak jauh berbeda antara satu departemen dengan yang lainnya. Kami harap ini dapat menghapuskan penggunaan Excel dan E-mail dalam  melaporkan data, karena tools ini seringkali jadi spam.

Proyek lain yang sedang kami kerjakan adalah machine learning competency center. Lewat proyek ini, kami ingin mengidentifikasi tipe orang yang kami pekerjakan dari aktivitas mereka di aplikasi mobile. Dampaknya dari ini adalah proses kerja menjadi makin mudah dengan mampu mengidentifikasi mana orang yang okay atau enggak.

Apa kegiatan asyik yang suka dilakukan tim?

Nggak ada jadwal khusus, sih. Kalau kami ada waktu bersama untuk makan malam, kami lakukan. Acara resmi paling cuma buka bersama, atau makan malam Natal. Kami belum sempat nonton bareng di bioskop sih, hahaha….

Jelaskan cara tim kalian implementasi 4 values kita.

Fair

Kami selalu mengimplementasikan atau mendorong budaya fair di tim kami. Semuanya bebas untuk bicara ke siapapun dan tentang apapun.

Innovative

Karena berinovasi, setiap kali ada proyek dadakan kami selalu mencoba memikirkan ide untuk menyelesaikannya.

Entrepreneurial

Sederhana aja, setiap tim kami sukses dalam sesuatu yang mengarah ke kesuksesan perusahaan, kami merasa itu sangat berlaku ke kami.

Focused on Results

Dalam setiap tugas yang dilakukan, kami selalu mengedepankan nilai bisnis.

Kalau kamu punya nilai yang sama dengan kami, yuk gabung dengan tim kami dan jadi bagian dari inklusi keuangan di Indonesia!

Baca di sini untuk tahu lebih!