Page tree

Bagikan:  


Cari tahu pengalaman Munandar sebelum dan sesudah mengikuti program leaderSHIP di sini!

Salah satu hal yang paling Munandar sukai bekerja di Home Credit adalah kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri. Salah satunya lewat training leaderSHIP yang baru-baru ini ia ikuti.

Bagi Munandar, mengikuti training leaderSHIP adalah kesempatan untuk mengembangkan diri dan jadi diri yang lebih baik. Selain itu, ia juga mendapat beberapa saran untuk ikutan dari teman-teman terdahulu yang bilang kalau materi training-nya bagus.

Improvements, Challenges, and Changes

Saat ia mencoba melihat kembali beberapa masalah yang dihadapi sebagai pemimpin, Munandar secara spesifik menjawab time management. Menyelesaikan seluruh tugas tim dalam waktu yang singkat adalah tantangan terberatnya. Beruntung modul pertama di training leaderSHIP memberikannya pengetahuan tentang cara mempriotitaskan dan medelegasikan tugas. Sekarang ia mencoba untuk menyelesaikan masalahnya dengan mengoptimalkan kerjasama masing-masing anggota timnya. Munandar mau mereka memahami tugasnya. Oleh karena itu, ia mulai berani mendelegasikan tugasnya agar mereka mulai memahami nilai dari suatu tugas, agar mereka juga termotivasi untuk meraih hasil akhirnya. Ia puas saat mendengar feedback dari tim saat mulai mengimplementasikannya. Didukung dengan tim yang proaktif, usaha Munandar jadi makin mudah.

“Hampir semua materi training bermanfaat”, kata Munandar. Ada 3 hal yang jadi highlight buatnya yaitu: cara memprioritaskan tugas, mendelagasikan tugas, dan memperbaiki kinerja tim. Bagi Munandar, hal-hal ini yang paling ingin ditingkatkan dari kemampuan kepemimpinannya.

Role Model

Munandar juga merasa dirinya sekarang lebih proaktif dan lebih memahami makna dari tugas yang ia kerjakan. Bagi Munandar, Majra Hlavac (Chief Marketing & Strategy Officer) dan Simran Soni (Head of Customer Experience & PPO) telah banyak membantunya mengembangkan nilai-nilai yang disebutkan di atas. Satu hal yang paling diingatnya dari mereka berdua adalah “begin with the end in mind”, yang artinya: sebelum mengerjakan apapun, kita harus tau apa objektifnya.

Advice for Future Leaders

Ada 2 hal yang ingin Munandar sampaikan ke future leader kita. Yang pertama, ikuti training leaderSHIP saat kamu punya kesempatan. Yang kedua, ia yakin training ini sangat baik untuk self-improvement karena banyak sekali soft-skill yang dilatih, jadi bersiap terinspirasi!

Nah, jangan lupa juga untuk baca 2 buku yang ia pelajari dari modul sebelumnya: Seven Habits dan The Secret.

“Pokoknya ikutan training-nya, baca bukunya dan coba pahami. Pasti terbantu banget, deh!” kata Munandar.

Batch berikutnya akan segera dibuka, lho… jadi stay tuned, ya! Kalau kamu punya pertanyaan seputar programnya bisa tanya langsung ke Radyan Syahied Wirabrawijaya, Learning Operations Coordinator at radyan.wirabrawijaya@homecredit.co.id