Page tree

Bagikan:  


Cari tahu tips puasa efektif ala Agile Coach kita di sini, yuk!

Tidak disangka lho teman – teman, Afifi Rahmah Muluk, Agile Coach Sr. Manager menyarankan kita untuk tetap aktif selama bulan Puasa. Gimana caranya? Nah, agar tetap semangat pastikan kamu menyempatkan waktu untuk berolahraga. Misalnya Afifi rutin untuk Zumba dan Pound fit tiga kali seminggu. Dari pengalamannya, olahraga bisa membuat puasa lebih lancar!

Keseharian Mbak Afifi bersama dengan 2 tim, sebagai Scrum Master cukup sibuk. Tugas utamanya sebagai servant leader, ia bertanggung jawab untuk membuat laporan kepada pihak Manajemen, koordinasi dengan tim lainnya serta product owner.  Kalau Afifi bisa, tentunya Anda Bisa!

So, tipsnya apa aja ya kira – kira?

Di bulan Ramadan esok, pilih waktu bekerja sesuai kebutuhanmu. Nah, sudah tahu belum kalau kamu bisa memilih 3 alternatif waktu bekerja di bulan Ramadan? Berikut alternatifnya:

  • 07.00 WIB – 16.00 WIB
  • 08.00 WIB – 17.00 WIB
  • 09.00 WIB – 18.00 WIB

Sebagai seorang ibu 2 anak, Afifi memilih untuk masuk kantor jam 8 pagi dan pulang jam 5 sore agar bisa menyiapkan makanan dan minuman berbuka puasa untuk keluarga. Asyik, kan? Oh iya, ia biasanya sekaligus menyiapkan sahur untuk keesokan harinya.

Sediakan buah dan minuman segar untuk jaga nutrisi kesehatan

Hal terpenting yang disiapkan oleh Afifi di meja makan saat sahur dan berbuka ialah buah dan makanan berkuah.

Di rumahnya, minuman seperti es kelapa, es buah, es blewah, dan cincau selalu tersedia. Pasti itu favorit kamu juga kan! Kita boleh kan icip-icip, Mbak?

Nah, sediakan buah sebagai bagian dari asupan saat sahur dan berbuka puasa agar tetap merasa segar saat beraktivitas.

Jangan memaksakan anak

Bagi teman – teman yang sudah berkeluarga dan sudah mempunyai anak, Afifi sharing pengalamannya untuk tidak memaksa anak berpuasa.

Anak sulungnya yang berumur 9 tahun, terkadang masih sulit untuk menahan haus dan lapar. Apalagi, saat ia pulang dari sekolah. Ia memanggil Umi (panggilan sayang ke Afifi) untuk bisa membatalkan puasa sesekali. Nah, kuncinya adalah kita memberikan semangat untuk terus melanjutkan puasanya. Apabila mereka mulai rewel dan terlihat tidak mampu, barulah kita berikan toleransi untuk berbuka lebih awal.

Istirahat saat merasa lelah

Saat waktu makan siang di kantor, pasti kita akan merasa mengantuk dan haus. Bagaimana tidak? Hampir 7 jam badan kita tidak menerima asupan air dan makanan. Oleh karena itu, Afifi kasih saran untuk hear our body dengan baik.

Jika teman – teman merasa bahwa dengan tidur bisa membantu tubuh untuk istirahat sejenak dari kesibukan bekerja, maka cari tempat yang tepat untuk melakukan hal tersebut. Afifi sendiri, lebih memilih untuk jalan agar tidak duduk di meja terlalu lama sekaligus refreshing.

Semoga 4 tips di atas bisa menjadikan teman-teman yang menjalankan puasa lebih lancar, ya!