Page tree

Bagikan:  

Tahukah kamu tentang Project Rebranding? Cari tahu cerita di balik layarnya di sini!

Tahun 2017 sejauh ini telah meninggalkan kesan yang mendalam bagi kita. Berbagai inovasi dan pencapaian telah berhasil kita peroleh, mulai dari pencapaian perusahaan menjadi pembiayaan #1 di Indonesia, peluncuran mobile app “My Home Credit” dan produk Cicilan Online, hingga peresmian identitas baru brand yang dilakukan secara internal pada tanggal 26 September 2017.

Pergantian ini terkesan sederhana, tetapi kenyataannya tidak. Rebranding itu lebih dari sekedar pergantian logo. Rebranding adalah proses intensif dari keseluruhan aktivitas bisnis. Dalam prosesnya sendiri dibutuhkan kolaborasi dari seluruh unit bisnis untuk mengubah produk, proses, dan yang lebih penting adalah sikap kita pada sesama rekan kerja dan pelanggan.


Siapa di balik rebranding kita?

Kolaborasi Marcomm dengan Procurement, IT, Sales, GA, HR, Facility, dan Project Manager telah berlangsung sejak bulan Mei 2017 lalu. Dalam waktu kurang lebih empat bulan ini, sempat ada transisi Project Manager dari Andes Jayarsa ke Jamila Mahtalla. Dengan dikelola oleh Jamila, kita melakukan meeting rutin setiap minggunya untuk membahas kemajuan dan kebutuhan dari masing-masing departemen untuk mensukseskan rebranding. Terhitung dua minggu sebelum peresmian brand baru kita, masing-masing unit memberikan update harian ke Project Manager untuk memastikan semua hal terlaksana sesuai jadwal.


Rebranding Inventory

Awalnya tim Marcomm mendatangi setiap PIC Function untuk mendapatkan daftar inventori yang perlu diganti sesuai brand guideliens baru kita. Akhirnya terkumpul 166 daftar inventaris digital dan printing yang terbagi ke dalam inventaris internal dan eksternal.

Project ini cukup membuat stress dan senang secara bersamaan, karena banyak sekali materi yang perlu di desain ulang dengan guideline baru. Tapi semangat tim Marcomm membuat rasa lelah terbayarkan. Ini adalah kesempatan kita untuk bisa belajar banyak. Bagian paling membanggakan adalah saat mendapat kabar bahwa guideline yang kita buat dengan penuh perjuangan kini dijadikan standar untuk diterapkan di negara-negara lain di mana Home Credit berdiri.” Bambang Susanto, Creative Service Manager

Setelah desain final materi printing telah siap, maka kini giliran Munandar Hanafiah, Marketing Operations Manager dan Harfan Alhamdy, Sr. Merchandiser yang menyiapkan proses produksi dan pengiriman bersama tim Procurement dan Finance.

 

“Menjadi tantangan tersendiri bagi tim Procurement untuk bisa memastikan setiap materi yang perlu dipesan ke vendor sesuai dengan harapan dalam waktu yang singkat. Beruntung tim saya dan Marcomm sangat kooperatif. Semoga semangat “Anda Bisa!” ini juga dirasakan seluruh karyawan.” Risky Elyas Hutapea, Procurement Manager.

Tidak selesai pada proses pemesanan dan pengiriman saja, tim General Affairs perlu memastikan setiap inventaris diterima tepat waktu dan telah dikemas rapih sesuai kebutuhan masing-masing wilayah sehingga tim Field Operations dapat mengantarkan materi tepat waktu.

 

“Saya sangat berterima kasih pada tim dan seluruh Regional Stock Assistant yang telah bekerja keras dalam melancarkan proses rebranding ini. Bagi saya momen ini perlu dijadikan semangat baru untuk perubahan yang lebih baik bagi perusahaan.” Defirso, General Affairs Services Sr. Manager.

Selain inventaris printing, ada juga materi-materi digital yang banyak membutuhkan kolaborasi bersama tim IT kita seperti website, mobile app, homer, HALO, dll. Wajah dari materi digital ini harus sudah berubah serentak dengan acara peresmian identitas baru kita.

 

“Sebulan bergabung dengan Home Credit Indonesia, tidak pernah terlintas dalam pikiran akan terlibat dalam pengerjaan corporate website. Terlebih saya tidak memiliki pengalaman dalam fungsi front-end, dan CMS untuk Kentico. Merupakan tantangan yang nyata untuk menginisiasi perubahan di lingkungan yang baru bagi saya. Tantangan ini menarik karena menuntut saya untuk banyak melakukan research. Untuk bisa menyatukan pendapat anggota tim juga tidak mudah. Beruntung saya bisa tegas dalam pengambilan keputusan. Penyelesaian website ini merupakan kolaborasi yang baik juga bersama tim Marcomm. Sudah menjadi prinsip saya untuk menyelesaikan segala sesuatu dengan sempurna, karena bagus saja tidak cukup.” Eldon Lesley Gandakusuma, IT Developer.


Rebranding Event

Sebagai bagian dari kampanye Marcomm untuk mengenalkan identitas baru ini, maka kita telah menyiapkan beberapa rangkaian kegiatan internal dan eksternal.

Peresmian pertama akan dilakukan pada 26 Agustus 2017 di Plaza Oleos. Kegiatan ini dilakukan serentak di 19 City lainnya. Teman-teman akan menukarkan kartu identitas karyawan lama dengan desain baru yang telah dicetak oleh tim HR sebulan ke belakang.

 

“Setiap harinya tim HR menargetkan sampai dengan 300 kartu identitas karyawan dicetak. Ada saja tantangannya, seperti warna tinta yang berubah, template ID card bermasalah, dan foto karyawan yang tidak tersedia di HRIS. Terima kasih untuk tim HR: Mayang Mustakim, Farida, Sania Gina Andrea, Agustinus Risang, Rizziandrie Zairul, Kamal Febriansyah, dan seluruh HR Field. Juga untuk bantuan tim Marcomm, Boy Sandy dan Soffi Tsaurah Islami. Semoga identitas baru ini jadi semangat baru bagi karyawan untuk memberikan layanan terbaiknya.” Radyan Syahied Wirabrawijaya, Talent Acquisition Specialist.

Kegiatan internal ini dilanjutkan dengan kegiatan Gala Dinner yang akan dilaksanakan pada 28 September 2017. Pada kesempatan ini kita akan memberikan apresiasi pada media, blogger, partner, dan karyawan.

Kita juga akan berkolaborasi dengan radio Gen FM dan mengadakan kegiatan A Day in Pos (ADIP) di Jakarta dan 6 City untuk memperkenalkan identitas baru kita. Salah satunya melalui jingle baru dari lagu “Seribu Tahun Lamanya” yang berhasil diaransemen ulang oleh Pongki Barata menggunakan slogan baru kita “Anda Bisa!”

Semoga semangat ini tidak hanya dirasakan oleh teman-teman yang terlibat langsung dalam menyukseskan project rebranding ini. Layaknya filosofi dibalik logo baru kita, “smiley-face” patutnya menjadi representasi keramahan kita dan respon emosional yang kita dapat dari pelanggan.