Page tree

Bagikan:  


Waktunya untuk belajar memahami bias-bias yang kamu ciptakan terhadap orang lain!

Jika ada orang-orang yang sama karakternya denganmu, apakah kamu akan menilai mereka lebih baik atau lebih buruk? Apakah ini yang namanya bias? Tanyakan ke dirimu: Apa itu bias? Dan apa yang akan terjadi kalau kita membiarkannya?

Melanjutkan rangkaian sesi Time Out, kali ini tim HR membahas tentang tema “Bias yang Secara Tak Sadar Ada di Sekitarmu!”. Pada tangal 3 Juni 2021 kami mengadakan sesi Time Out yang ketiga di tahun ini bersama Wiwik Wahyuni (HR Director), Febri Sesara (Content & QA Manager) dan Tirta Asang (Sr. Business Analyst) sebagai pembicara.

Jadi apa yang dapat dipelajari dari sesi ini?

Ada 2 poin utama yang penting untuk diketahui:

1. Apa itu bias?

Bias itu dapat tercipta dari dalam diri kita sendiri atau dari sekitar kita. Contohnya, saat kita pertama kali berkenalan dengan seseorang, terkadang muncul banyak pikiran dan persepsi terhadap orang itu. Bias ini adalah cara kita memberikan stereotip kepada orang berdasarkan pemikiran kita sendiri yang muncul dari pengalaman terdahulu. Pengalaman ini mempengaruhi kita dalam membuat kesimpulan. Dalam lingkup pekerjaan, ini bisa terjadi saat melakukan wawancara, promosi, dll.

2. Berikut adalah 6 tipe Unconscious Bias atau bias yang tercipta secara tak sadar:

Bias Affinity
Terjadi saat kamu tanpa sadar lebih memilih orang-orang yang mempunyai kualitas yang sama denganmu atau seseorang yang kamu sukai.

Bias Attribution
Tentang bagaimana kamu menilai tindakanmu dan tindakan orang lain.

Kita pada umumnya menilai pencapaian kita karena kemampuan dan kepribadian yang kita miliki, sedangkan kegagalan ada pada faktor eksternal yaitu halangan yang kita yakini ada di luar pengaruh kita. Kita jarang menyalahkan dan mencari kesalahan pada diri kita sendiri.

Bias Penampilan
Terjadi saat kamu tanpa sadar memerhatikan penampilan seseorang dan mengaitkannya dengan kepribadian mereka.

Bias Gender
Preferensi terhadap satu gender ketimbang yang lainnya.

Efek Halo
Terjadi saat kita fokus hanya pada satu kualitas baik dari seseorang.

Efek Horns
Terjadi saat kita fokus hanya pada satu hal negatif dari seseorang yang menutup pandangan kita akan kualitas lain yang dimiliki orang tersebut.

Kesimpulan-kesimpulan utama yang bisa ditarik dari acara Time Out ini adalah:

  1. Untuk memahami bahwa kita selalu punya bias.
  2. Untuk mencegahnya, jangan lupa untuk melibatkan orang lain dalam membuat keputusan.
  3. Kamu harus bisa untuk tidak membanding-bandingkan orang dan sebaiknya menilai mereka berdasarkan prestasi masing-masing. Lihat mereka dari segala sisi.

Nah, jadi jangan menilai buku dari sampulnya. Daripada berasumsi tentang orang lain, kita bisa tanya langsung ke mereka. Lebih banyak kamu bertanya, lebih banyak juga yang kamu tahu dari orang itu. Sampai ketemu di sesi Time Out berikutnya!