Page tree

Bagikan:  


Cari tahu cerita Values Ambassador kita di bulan Oktober, yuk!

Kenalan dengan Panjiyudha Kristanto (SIA Jr. Specialist) dan Nurul Hikmah (Sales Engagement Asst. Manager) sebagai Values Ambassador kita di bulan Oktober 2019!

Panjiyudha Kristanto - #IamInnovative

Panjiyudha Kristanto atau lebih sering dikenal dengan Panji bangga bisa memberdayakan teman-teman di timnya. Lewat pekerjaannya sehari-hari, Ia bisa paham cara-cara memotivasi tim, membentuk mereka jadi lebih baik, dan tahu metode yang pas untuk memotivasi mereka.

“Saat tim kita baru dibentuk, ia sudah bisa melihat tim ini akan membantu teman-teman lebih mudah bekerja. Ia juga senantiasa mencari ide-ide dan pendekatan baru dalam menyelesaikan masalah. Ia juga melibatkan kolega dari departemen lain untuk mencari solusi bersama dengan framework yang mudah dipahami. Hadir dengan banyak insight baru dengan pengukuran yang tepat, saya bangga bisa bekerja sama dengannya.” Endi Cahyadi (Operation Organization Excellence Manager).

Sebagai bagian dari tim Operations, Panji memiliki tugas untuk memberdayakan karyawan di tim lewat nilai L.I.V.E. departemennya. Meski terkadang tidak mudah menyamakan persepsi setiap karyawan terhadap nilai tersebut. Kesulitan ini ia hadapi dengan membuat beberapa program seperti kursus Bahasa inggris dan sosialisasi cara kerja.

Tida jarang Panji juga harus berhadapan dengan karyawan yang demotivasi. Nah, lewat sesi konsultasi Panji berusaha mencari akar masalahnya dan membuat program yang relevan. Untuk itu, Ia banyak berkolaborasi dengan tim Learning & Development dan mengevaluasi motivasi karyawan. Panji merasa puas saat melihat motivasi teman-temannya bisa naik lagi.

Apa yang membuat Panji lekat dengan nilai Innovative?

Panji percaya: coba saja dulu, jangan takut gagal. Setiap Ia mencoba hal baru, Ia punya metode sendiri. Ia akan membuat grid tentang kondisi timnya, komunikasi mereka, habit mereka, dll. Dalam satu grid Ia akan mengetahui indikasi variabel di belakang kondisinya, dan di grid lain dia akan menulis faktor/alasan.

“Contohnya, mengkomunikasikan nilai Operations itu subyektif. Kita harus bisa menyamakan persepsi karyawan agar mereka semua termotivasi. Nilai bisa menjadi hal abstrak jadi saya coba bayangkan atribut yang cocok untuk dihubungkan dan bisa terukur oleh karyawan. Setelah saya break down itu, apa yang saya harus lakukan jadi lebih memungkinkan dan jelas,” kata Panji.

Untuk implementasi nilai ini, Panji menegaskan “believe in your guts”. Dia merasa kalau kamu belum pernah gagal, kamu belum melakukan apa-apa. Ini mendorong motivasi dia untuk bekerja dan menjadi hal yang berharga buatnya.

Nurul Hikmah - # IamInnovative

Nurul yang lebih akrab dipanggil Nunu terlibat di banyak acara Sales di hampir seluruh Indonesia. Ia sangat menikmati pekerjaan yang dilakukannya saat ini. Kalau kamu akrab dengan acara PESTA atau Two Wheeler, dia termasuk salah satu yang ikut mengelolanya, lho. Performa luar biasanya dirasakan salah satu teman kerjanya Grisca Sherin Nabila:

“Nurul itu selalu mengelola setiap kegiatan dengan baik, seperti Konferensi Sales – yang diapreasiasi semua peserta. Saat mengelola PESTA, Ia mengerjakannya dengan sangat detail. Selain itu, Ia juga temen yang baik. Ia selalu mendukung teman-temannya. Terima kasih Nurul sudah jadi teman yang suportif,” kata Grisca.

Setelah mengunjungi beberapa kantor administratif Home Credit di Jawa, Sulawesi, sampai Sumatra, Nurul mendapatkan banyak hal menarik. Nurul sempat berdiskusi dengan mitra di area yang dikunjungi, hingga mendapat beberapa solusi untuk memperbaiki proses Sales.

Apa yang membuat Nurul lekat dengan nilai Innovative?

Dengan memahami proses dengan detail, kita bisa mencari cara-cara baru untuk memberikan hasil terbaik.

Dalam pekerjaannya, Nurul harus bisa mengerti budaya pelanggan. Hal ini jadi tantangan bagi Nurul yang juga membuatnya selalu ingin mencari cara baru untuk mengerti kebutuhan pasar.

“Budaya pelanggan kita berbeda di setiap area. Ini adalah tantangan yang siap saya ambil guna memahami startegi sales paling tepat di setiap key points” kata Nunu.

Dengan menjadi inovatif, ia puas saat hasil dari pekerjaannya dapat dinikmati orang-orang yang bekerja sama dengannya.

Selamat untuk Panji dan Nurul sebagai Values Ambassador kita di bulan Oktober 2019! Keep it up!