Page tree

Bagikan:  


Bagaimana rasanya mencoba karir baru di perusahaan ini? Yuk baca ceritanya!

Di perusahaan ini, kami memberikan kesempatan bagi para karyawan untuk berganti posisi dan bereksplorasi dengan pengalaman baru. Maka dari itu kami secara berkala menyebarkan informasi Internal Job Posting agar para karyawan bisa mencoba pengalaman bekerja yang berbeda di dalam perusahaan. Beberapa dari karyawan kami sudah melakukannya, dan kami menyebut mereka Career Explorer!

Para Career Explorer ini sudah berganti posisi selama bekerja di Home Credit. Hal tersebut telah memberikan pengalaman dan keahlian baru yang bermanfaat bagi pengembangan diri mereka. Kita dapat menjadikan pengalaman mereka tersebut sebagai sebuah inspirasi untuk dapat berani dalam mencari tantangan baru dan berkembang.

Yuk kita baca ceritanya Yohana Ruth Lumbantoruan (Lead Learning Partner) dan Alfonso Nico Nathanael H (UW Product Process Policy Jr. Specialist)!

Ceritakan pengalamanmu selama berada di perusahaan ini!

Yohana: Bekerja di sini telah memberikan saya kesempatan untuk menemukan kekuatan saya dan menantang diri saya untuk menjadi versi yang lebih baik dari sebelumnya.

Alfonso: Sungguh menyenangkan karena saya bisa mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan karir di posisi-posisi yang berbeda.

Apa yang membuatmu berpindah ke posisi kamu sekarang?

Yohana: Karena menjalin koneksi dengan orang-orang sangat penting bagi saya yang ekstrovert ini. Saya mendapat kepuasan dengan melihat orang-orang berkembang dan sukses di posisi mereka.

Alfonso: Saya memilih posisi ini karena pekerjaannya sungguh dinamis dan membutuhkan skill komunikasi dan ketelitian yang cukup baik.  

Apakah kamu menemukan tantangan saat berpindah posisi kerja?

Yohana: Pastinya. Meskipun saya hanya berpindah masih di seputaran HR, tapi departemen yang berbeda memiliki aturan dan tentunya orang yang berbeda pula. Saya melihat ini sebagai tantangan yang seru.

Alfonso: Iya, karena sebelumnya basic knowledge yang saya miliki adalah customer care, lalu saya harus menyesuaikan diri dengan risk dan underwriting dengan cepat.

Keahlian baru apa yang kamu dapatkan?

Yohana: Saat saya memasuki posisi baru ini, saya mendapatkan keahlian seperti: kemampuan komunikasi, cara merancang program, dan berpikir secara kritis. Saya yakin ke depannya saya bisa mendapatkan keahlian yang baru lagi nanti.

Alfonso: Saya bisa punya keahlian SQL meskipun masih basic, keahlian komunikasi serta holistic thinking yang terus berkembang pastinya.  

Jika ada kesempatan untuk berpindah posisi lagi, apakah kamu akan mengambilnya?

Yohana: Kenapa nggak? Saya rasa setiap orang ada panggilannya masing-masing. Bagi saya itu adalah meraih sebanyak mungkin kesempatan untuk memiliki berbagai keahlian di bidang HR yang akan membantu saya untuk mengemban peran yang lebih besar di masa depan.

Alfonso: Karena saya masih baru di Risk, saya masih akan mencoba mengembangkan keahlian dan karir saya di sini.

Kenapa kamu mau mendorong orang-orang untuk mencoba berpindah posisi internal?

Yohana: Karena ini adalah sebuah kesempatan untuk dapat bekerja dengan isu-isu yang berbeda dan orang-orang yang berbeda pula. Ini juga membantu kita untuk menjadi ahli yang multi-kompeten dan untuk belajar dengan super-cepat agar bisa beradaptasi lebih baik.

Alfonso: Selagi perusahaan memberikan ruang untuk karyawan dalam mengembangkan skill baru dan karir, tentunya ini akan jadi keuntungan tersendiri. Sayang sekali kalau teman-teman di kantor nggak mencoba ini.

Kelihatannya Yohana dan Alfonso mendapat banyak manfaat dengan perpindahan posisi. Apakah kamu berani juga untuk mencobanya? Siapa tahu kamu bisa jadi Career Explorer berikutnya!