Page tree

Bagikan:  


Yuk telusuri perjalanan karir Wiwik dan Epivania di sini!

Mungkin kamu sudah membaca Kartini Day Log yang sebelumnya tentang Simran dan Sylvia. Nah kali ini kita punya kisah sukses dari Wiwik Wahyuni (HR Director) and Epivania Galag (Chief Legal & Compliance Officer)! Penasaran bagaimana para wanita inspiratif ini mencapai kesuksesan mereka? Yuk kita telusuri perjalanan karirnya!

1. Mengapa kamu memutuskan untuk mengejar karir ini?

Wiwik: Mendiang ibu saya adalah inspirasi terbesar saya dalam mengejar karir. Meskipun dia datang dari keluarga yang bersahaja, dia merasa kurang beruntung karena tidak diberi banyak opsi. Namun, dia tidak pernah mau anak-anaknya untuk mengalami hal yang sama. Dia bekerja keras untuk punya cukup uang agar kami dapat hidup lebih baik dan masuk sekolah. Dia selalu bilang bahwa seorang wanita harus pintar dan mandiri agar kita pun punya pilihan lebih baik dalam hidup.

Sementara itu, ayah saya menginspirasi saya untuk punya etika yang kuat, disiplin, dan dedikasi dalam bekerja. Dia adalah orang yang bangga dan berani dalam melakukan dan mengajarkan hal yang benar. Dia banyak mengajarkan saya nilai-nilai hidup yang bagus, dan untuk selalu berani menghadapi dunia yang tidak kami ketahui.

Setelah saya selesai sekolah hukum, ada tiga hal di pikiran saya – 1) saya harus segera mendapatkan pekerjaan agar meringankan beban ibu saya. 2) rencana berikutnya, saya bekerja di perusahaan multinasional agar mimpi saya untuk bekerja dan belajar di luar negeri dapat tercapai. 3) Saya harus bekerja 2-3 kali lebih keras dari kolega saya untuk mencapai impian saya.

Epivania: Saya sudah tahu sejak SMA bahwa saya ingin belajar di pendidikan tinggi, yaitu hukum. Setelah masuk kuliah hukum, saya sudah tahu bahwa saya ingin menjadi pengarara. Jadi, setelah saya lulus, saya bergabung di firma hukum. Setelah bekerja beberapa waktu sebagai pengacara eksternal, saya memutuskan untuk menjadi pengacara in-house dan mengejar karir legal saya setinggi langit.

2. Apakah tantangan yang kamu hadapi dalam perjalanan menuju kesuksesan?

Wiwik: Saya selalu menghabiskan banyak dari energi saya untuk bekerja (terutama di awal karir). Saya tidak punya banyak waktu untuk kehidupan pribadi. Jadi, saya harus selalu pintar-pintar mengatur waktu luang saya. Dan selagi saya ingin mengejar impian saya (untuk kesempatan bekerja di luar), saya harus terus meningkatkan skill saya – belajar hal baru, memperluas network, membangun hubungan, dll. Dan setelah saya merasa lebih mapan di karir saya, saya gunakan prinsip ini: work hard, play hard.

Epivania: Untuk keluar dari zona nyaman. Ini adalah tantangan utamanya. Contohnya, saya biasanya mengurus scope pekerjaan yang terbatas, maka itu saya harus memperluasnya. Dalam memperluas scope ini, saya menemukan isu baru untuk dituntaskan, hal-hal yang belum saya hadapi sebelumnya atau mungkin saya coba hindari. Rasanya tidak nyaman. Tapi untuk menguasainya, penting untuk menghadapi situasi yang tidak nyaman.

3. Apakah dukungan yang Anda terima selama perjalanan karir ini dan bagaimana mereka membantu mu?

Wiwik: Selain keluarga, saya selalu memiliki berbagai mentor. Saya membentuk hubungan yang kuat dengan mereka agar bisa memberi saya nasehat terbaik sesuai dengan kebutuhan saya. Mereka adalah mentor yang saya kagumi baik karena sosoknya dan apa yang mereka lakukan, dan di saat yang sama mereka sangat mempercayai saya.

Ditambah itu, saya selalu punya IDP (Individual Development Plan) yang tersimpan di laci saya sebagai kitab karir dan saya update dari waktu ke waktu. Ini sudah menjadi kompas untuk karir saya.

Epivania: Keluarga adalah pendukung terbesar saya. Selain itu, kolega saya adalah sahabat baik saya dan sangat mendukung perjalanan karir saya.

4. Apa aktifitas yang Anda lakukan saat tertekan/ penat?

Wiwik: Olahraga dan segelas wine.

Epivania: Ini mungkin berubah seiring waktu. Tapi, untuk saat ini  saya lagi sangat suka nonton video TikTok dan video reaksi di Youtube.

5. Pesan dan kata-kata penyemangat bagi mereka yang sedang dalam perjalanan untuk mencapai kesuksesan!

Wiwik:

  1. Kejarlah mimpimu – lakukan apa yang kamu suka.
  2. Kerja super keras seperti tiada hari esok. Jadilah lebih baik tiap harinya.
  3. Selalu menjaga nilai yang kuat, karena ini yang membuat kamu tetap membumi.
  4. Belajarlah dari orang-orang sekitarmu, punyai mentor, dan jagalah sebuah Kompas Karir.

Epivania: Saya ada kutipan dari Theodore Roosevelt: “Jaga tatapanmu ke bintang-bintang, dan kakimu ke tanah.”

Nah, setelah membaca cerita karir mereka, kamu jadi terinspirasi nggak? Ayo jadikan mereka contoh sebagai motivasimu untuk perjalanan karir yang sukses!