Page tree

Versions Compared

Key

  • This line was added.
  • This line was removed.
  • Formatting was changed.

...

Content Layer
background-repeatno-repeat
background-sizecover
container-padding0px
background-imageHEADER-STAY-PRODUCTIVE_MyHub-Article-Banner_Sept-2020.jpgHeader Fun Talk Ardit_Myhub.png
background-position50% 50%
id573344306
classmyhub-big-image


Content Column
background-colortransparent
width71%
id573344309
classmyhub-article-title


Content Block
background-colortransparent
border-radius15px 15px 0 0
gradient-bottom-colorrgba(255,255,255,1)
margin0px -10px 0px -28px
gradient-top30%
gradient-top-colorrgba(255,255,255,.7)
border-color$whiteColor
border-width0px
id573344312
classmyhub-article-title

Page Title
linktrue

Excerpt Include
HI:bagikan
HI:bagikan
nopaneltrue



Content Column
columnalternate
width29.0%
id573344310



...

Content Layer
background-color$whiteColor
id1159506937


Content Column
background-color$whiteColor
width68.0%
id1159506938


Content Block
background-color$whiteColor
border-radius0px
padding25px 20px 25px 0px
margin0px
border-width0px
id1159506940
classmyhub-article-content


Excerpt

Ikuti Jalankan hari-harimu dengan lebih positif lewat tips-tips dari Fun Talk #AyoMajuBersama agar tetap produktif di masa pandemi!

Pasti banyak dari kamu yang ritme kerjanya berubah selama pandemi. Memang sejak awal pemerintah sudah menghimbau kalau kerja dari rumah adalah pola yang paling ideal. Ternyata, bekerja di rumah selama pandemi memang nggak mudah.

Buat kamu yang harus kerja dari rumah, mungkin awal-awal kamu bisa menikmatinya. Tapi setelah dicoba-coba, ternyata nggak selalu seenak itu ya? Pasti ada saja yang buat kita terdistraksi dari pekerjaan, mulai dari kasur yang udah memanggil, godaan menonton TV, mengurus anak, dan sebagainya. Jadinya susah buat konsentrasi dan produktif.

Ditambah itu, rasa was-was, panik, dan nggak tenang karena takut terpapar COVID-19 pastinya bikin kamu susah konsentrasi juga. Intinya, sekarang ini tantangannya besar.

Kamu harus punya cara agar bisa konsentrasi dan produktif selama pandemi ini. Kalau bingung harus ngapain, coba saja tips dari Praktisi Mindfulness Adjie Santosoputro, biar kamu tetap produktif selama masa pandemi. Melalui Fun Talk #AyoMajuBersama kita pada Rabu, 19 Agustus lalu, Adjie beberkan tiga tips yang bisa kamu lakukan. Yuk intip tipsnya!

1. Menjaga Niat

Semua harus diawali dengan niat. Memang masa pandemi ini banyak cobaannya. Kadang kamu sudah niat mau melakukan A, B, dan C hari ini, tapi gara-gara lihat berita di TV soal COVID-19, itu membuat kamu kepikiran dan jadinya kamu susah konsentrasi. Atau mungkin, ketika kamu mau melakukan A, tiba-tiba kamu dapat info kalau ada pekerjaan D yang harus didahulukan, dan itu buat kamu panik. Kalau sudah begitu, coba kamu pejamkan mata dan sadari napas, kemudian coba kamu beri afirmasi positif kepada pikiran kamu kalau semuanya akan baik-baik saja.

Kalau kamu sudah merasa tenang, kamu bisa kembali mengingat niat dan tujuan kamu. Jangan sampai perasaan nggak tenang dan pikiran-pikiran yang belum tentu bakal terjadi merusak niat kamu buat menjadi lebih produktif. Memang sulit, tapi bukan berarti kamu nggak bisa melakukan segala hal dengan maksimal. Kalau sudah ada yang namanya niat, tantangan sesulit apapun pasti terselesaikan dengan baik.

2. Membuat Skala Prioritas

Setelah niat, hal yang kamu bisa lakukan selanjutnya adalah membuat skala prioritas. Untuk menjaga produktivitas, menulis atau menyusun skala prioritas di pagi hari sangat bermanfaat, lho. Kamu bisa menyusun hal apa saja yang harus kamu lakukan terlebih dahulu, dan setelahnya.

Kalau misalnya kamu bingung untuk menentukan mana yang perlu diprioritaskan dahulu, kamu bisa mendahulukan melakukan pekerjaan yang kamu anggap penting dan mendesak. Atau mungkin, kamu juga bisa mengurutkannya dari termudah dahulu, baru kemudian yang lebih sulit. Dengan membuat skala prioritas, selain memudahkan kamu dalam melakukan pekerjaan, kamu akan lebih semangat dan juga bisa bekerja dengan lebih efektif.

3. Coba Hindari Multitasking

Ternyata multi-tasking itu nggak selamanya baik. Multi-tasking membuat kita jadi nggak produktif. Misalnya, ada lima hal yang harus kita kerjakan dalam sehari. Kalau semuanya kita lakukan secara bersamaan, yang sering terjadi malah ada satu atau lebih, task yang akhirnya nggak terselesaikan. Jadi, ada baiknya kalau kamu belajar untuk single tasking, kerjakan satu-satu berdasarkan skala prioritas.

Melakukan pekerjaan berdasarkan skala prioritas yang sudah kamu buat akan membantu kamu untuk lebih fokus dan konsentrasi dalam melakukan pekerjaan. Coba deh!

Gimana setelah baca tips di atas? Sudah nggak sabar untuk langsung dicoba? Yuk, #AyoMajuBersama dengan mengawali hari dengan niat dan jalani hari dengan hati senang dan tenang. Dijamin kamu akan lebih produktif.

kita!

Kamu masih sering merasa stress dan gugup dengan segala macam perubahan dan ketidakpastian yang muncul gara-gara pandemi? Tenang, jangan putus asa dulu.

Kamu tahu pepatah “Tertawa adalah obat terbaik”? Ya, saat kamu tertawa, kamu justru mengeluarkan zat-zat positif, lho. Stress bisa berkurang, suasana hati lebih nyaman, dan pelan-pelan bisa membuat kamu lebih bahagia. Kadang-kadang, hal-hal yang bikin kamu capek cukup ditertawakan saja.

Mau tahu caranya biar bisa tetap bahagia lewat ketawa? Yuk, kita belajar dari Ardit Erwandha, stand-up comedian yang super lucu nan kreatif. Di Fun Talk #AyoMajuBersama hari Rabu, 26 Agustus kemarin, Ardit share tiga resep manjur agar kamu bisa lewatin hari-harimu dengan ceria. Apa saja tuh? Yuk kita simak!

Ikhlas dengan kondisi

Saat kondisi yang kamu hadapi sangat berat, wajar kalau kamu kaget dan langsung down. Tapi, nggak usah berlama-lama sedih. Waktunya buatmu untuk ikhlas dan terima yang terjadi. Ambil contoh Ardit:

“Tragedi diubah jadi komedi aja. Kalau udah terbiasa, tragedi yang terjadi bisa kita anggap hal lucu.”

Intinya, coba lihat masalahmu dengan lebih positif. Dari situ, bisa ada sisi lain yang kamu bisa ambil. Bisa jadi, masalah yang awalnya kamu anggap berat saat dipikir ulang ternyata lucu juga, ya?

Setelah kamu bisa melihat masalahmu dengan lebih positif, siapkan tahap berikutnya. Coba pikirkan hal-hal apa yang bisa dilakukan agar kamu merasa lebih baik. Ini bisa jadi momen pas buatmu untuk lebih kreatif dan produktif dalam pekerjaan, tugas-tugas, atau kegiatan keseharian. Mau bikin konten tentang berita ter-update? Mau jadi blogger dan bikin artikel-artikel seru? Atau mau ikutan hype yang muncul karena pandemi dan desain maskermu sendiri? Mau apapun itu, coba saja!

Hilangkan rasa gugup

Di masa yang nggak menentu ini, merasa gugup itu nggak salah. Tapi, nggak bisa terus begitu. Daripada pusing, coba cari caramu sendiri untuk mengatasi rasa gugup. Ardit kasih contoh:

“Kalau sebelum perform, saya dengar lagunya Eminem Love the Way you Lie. Saya merasa kalau bisa nge-rap secepat itu, stand-up juga bisa.” Intinya, bikin semacam ritual atau cari cara nyaman yang bisa tenangkan diri kamu.

Sama aja saat merasa gugup dengan hal-hal gak menentu. Lakukan ritual-ritual kecil yang bikin kamu percaya diri sebelum menghadapi sesuatu. Mungkin bisa goyang-goyang tangan, ditepok punggungnya, atau ngobrol dulu sama orang lain. Apapun caranya, pilih yang bisa menenangkan kamu agar semua pikiran-pikiran negatif hilang. Yakin, saat kamu udah harus “maju ke panggung”, kamu udah siap untuk memberi performance terbaik.

Entertain yourself

Kembali lagi ke pepatah “Tertawa adalah obat terbaik.” Hidup nggak usah serius-serius banget. Saat kamu lagi kebanyakan pikiran, cari waktu buat mengalihkan pikiranmu. Pasti kamu punya hal-hal favorit yang gampang bikin kamu ketawa. Bisa saja akun Instagram yang kamu suka ikuti, atau video Youtube yang kamu nonton ulang-ulang karena lucu. Apapun itu, bikin diri kamu senang dulu, baru kamu bisa bikin orang lain senang.

Sama halnya saat mencari motivasi. Kalau kita nggak bisa menyemangati diri sendiri, bagaimana kita bisa kasih semangat ke orang lain? Percaya sama dirimu kalau kamu bisa melewati masalah yang ada, dan lakukan itu dengan hal-hal yang bikin kamu senyum. Nggak kerasa, masalahnya sudah selesai dan kamu bisa lanjut seperti biasa.

Sudah siap untuk jalanin hidup dengan penuh tertawa? Ikuti terus Fun Talk #AyoMajuBersama untuk tips-tips lebih gokil agar kamu bisa meraih mimpi dan cita-cita kamu!





Content Column
background-color$whiteColor
columnalternate
width32%
id1159506939


Content Block
background-color$lightGrayColor
padding0px
id1159506941
classmyhub-sidebar


HTML Wrap
idBoxTopArticles


HTML Wrap
classmyhub-sidebar-title myhub-block-title

Acara

Children Display
pageAcara
first3




Content Block
background-color$lightGrayColor
padding0px
id1081484792
classmyhub-sidebar


HTML Wrap
idBoxTopArticles


HTML Wrap
classmyhub-sidebar-title myhub-block-title

Kami Peduli

Children Display
pageKami Peduli
first3




...