Page tree

Versions Compared

Key

  • This line was added.
  • This line was removed.
  • Formatting was changed.

...

Content Layer
background-color$whiteColor
id1159506937


Content Column
background-color$whiteColor
width68.0%
id1159506938


Content Block
background-color$whiteColor
border-radius0px
padding25px 20px 25px 0px
margin0px
border-width0px
id1159506940
classmyhub-article-content


Nantikan pembukaan sesi kedua kami di semester kedua tahun ini
Excerpt

Yuk kita cari tahu bagaimana caranya untuk bisa memimpin diri sendiri dan orang lain dengan baik!  

Topik tentang kepemimpinan selalu menjadi bahan pembelajaran yang penting bagi setiap orang, baik itu ketika kita berperan sebagai People Manager atau Individual Contributor. Apa pun perannya, setiap tahap pembelajaran perlu dimulai dari diri kita sendiri dan akan serta merta mempengaruhi orang-orang sekitar kita. Apa tujuan kita, kemana arah kita, apa dan bagaimana cara kita menyampaikan tujuan tersebut?

Jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin tidaklah mudah untuk ditemukan jika kita tidak berhenti sejenak dari padatnya aktivitas kita untuk merefleksikan apa arti dari kepemimpinan. Kita perlu meluangkan waktu untuk mengembangkan diri agar dapat memperbaiki cara kita menjalankan peran di kehidupan sehari-hari.

Untuk menggali lebih dalam bagaimana proses pengembangan diri dapat dilakukan demi menjadi seorang pemimpin yang baik, tim HR mengadakan program First Odyssey. Ini adalah program kepemimpinan yang dijalankan melalui sesi MS Teams dimana akan ada 4 kelompok berbeda mulai  dari individual contributor hingga people manager yang berkumpul untuk mengembangkan diri mereka terlebih dahulu sebelum dapat mengembangkan orang lain.

Di First Odyssey, peserta belajar tentang memimpin dirinya dan orang lain, menggunakan framework dari “The 7 Habits of Highly Effective People” dari Stephen R. Covey dan “Leading with ‘SERVE’ Model” dari Ken Blanchard dan Mark E. Miller. Topik tambahan yang perlu mereka gali adalah “empati” karena ini adalah salah satu nilai kepemimpinan yang sangat penting.

Di kelompok pertama tahun ini, beberapa fasilitator yaitu Andy Yonatan (Head of Controller), Arif Nurhidayat (CRM Modelling Lead), Bhara Yudhiantara (Smart Data Analytics Lead), Blasius Lica (Head of IT Demand Management & Hosel), dan Mayang Mustakim (Lead Learning Academy) memandu peserta untuk dapat menguasai dasar-dasar kepemimpinan melalui berbagai sesi diskusi interaktif di program ini.

Dalam kurun waktu sebulan, dari Maret ke April 2021, peserta menjalani 3 modul tentang pengembangan diri dan kepemimpinan. Mereka diajarkan topik mengenai bagaimana mendelegasikan sebuah pekerjaan, apresiasi untuk rekan kerja, menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, dll. Untuk menambah keseruan program, peserta juga diajak untuk ikutan kuis interaktif terkait kepemimpinan.

Secara keseluruhan, sesi pertama First Odyssey ini berlangsung dengan sukses. Terima kasih untuk seluruh fasilitator dan peserta yang telah menjadikan perjalanan kepemimpinan ini lebih kaya wawasan.

Nikmati seduhan kopi sambil berdiskusi ringan tentang bagaimana kita bisa meningkatkan kerja sama dan koordinasi tim! Baca ceritanya di sini!

Dari acara-acara sebelumnya, kami menemukan bahwa banyak manajer yang saat ini menghadapi kesulitan terkait cara komunikasi yang efektif dengan tim, cara mendorong rekan kerja untuk lebih proaktif dan hal-hal penting lainnya terkait hubungan di lingkup pekerjaan. Jadi bagaimana menghadapinya?

Misalnya, apa yang akan kamu lakukan jika feedback yang kamu berikan kepada bawahanmu tidak mendapatkan respons yang diharapkan?

  1. Memberi surat teguran
  2. Melakukan transfer pekerjaan untuknya
  3. Merenungkan bagaimana kita dapat memberikan feedback

Jika kamu melihat opsi di atas, sepertinya jelas apa yang harus dipilih, tetapi bagaimana dengan kenyataannya?

Tidak hanya itu, kami tahu kamu sangat sibuk. Kami tahu bahwa tidak ada cukup waktu bagi teman-teman untuk mengikuti sesi pelatihan. Kami tahu bahwa distraksi ada di mana-mana. Tapi apakah itu harus jadi halangan?

Diskusi sambil minum kopi

Dengan sesi virtual yang interaktif selama 1 jam, kita bisa berdiskusi tentang hal-hal penting secara ringan dan santai. Tentunya melalui rangkaian kegiatan Coffeeshop Story! Sebuah sesi interaktif dimana karyawan dapat berdiskusi secara terbuka sambil menikmati seduhan kopi.

Topik yang dibahas diambil dari apa yang kamu hadapi saat ini, seperti bagaimana menyampaikan pendapat dengan baik di waktu yang tepat, bagaimana memberikan feedback kepada orang yang dianggap sulit, bagaimana menghadapi situasi ketika kamu mendapatkan feedback yang tidak menyenangkan dan kamu merasa seperti ingin kabur dan merasa kecewa akan hal itu. Namun apakah tindakan tersebut merupakan cara yang tepat untuk mengatasi situasi seperti ini?

Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh ambasador, Andy Gultom (Ambassador of Integrity) dan ST Wisnu Kumarajati (Ambassador of People Centricity), champion, dan semua peserta atas kerjasama dan partisipasi aktifnya di rangkaian sesi Coffeeshop Story!

Berikut beberapa hal yang dapat kami highlight:

  1. Lebih dari 25 sesi dilakukan baik open session & function session
  2. Ada lebih dari 200 orang dari berbagai function dan grade (Individual Contributor & People Manager) yang mengikuti sesi ini!
  3. Commex & Sales adalah function dengan para karyawan yang berhasil mengikuti sesi lebih dari 100 jam!
  4. IT adalah function dengan jumlah peserta terbanyak saat ini

Apakah kamu ingin ikutan menyeduh kopi sambil berdiskusi bersama kami dan tim mu? Silakan hubungi HRBP atau Noach Tobing (Lead Organization Capability & Culture) untuk informasi lebih lanjut!





Content Column
background-color$whiteColor
columnalternate
width32%
id1159506939


Content Block
background-color$lightGrayColor
padding0px
id1159506941
classmyhub-sidebar


HTML Wrap
idBoxTopArticles


HTML Wrap
classmyhub-sidebar-title myhub-block-title

Karyawan Kami

Children Display
pageKaryawan Kami
first3




Content Block
background-color$lightGrayColor
padding0px
id1081484792
classmyhub-sidebar


HTML Wrap
idBoxTopArticles


HTML Wrap
classmyhub-sidebar-title myhub-block-title

Berita

Children Display
pageBerita
first3




...